Alasan khusus kenapa sering mengantuk yang tidak anda ketahui sebelumnya!

Umum

Kenapa sering mengantuk? Mungkin jawaban yang umum adalah karena kurang istirahat, namun itu bukanlah satu satunya alasan kita sering mengantuk loh. Lalu Apa saja sih penyebab khusus yang bisa mengakibatkan orang sering mengantuk selain kurang beristirahat? Berikut akan kami bahas dengan mendetail khusus untuk anda semua!

Konsumsi alcohol berlebihan

Harus diakui bahwa minuman yang mengandung alcohol dengan jumlah kadar tertentu akan memberikan efek kantuk pada peminumnya, namun bukan ini yang menjadi penyebab utamanya karena akan sangat berbahaya bila anda terlalu sering mengkonsumsi minuman beralkohol sebab pada kondisi ini pecantu alcohol akan lebih sering mengantuk meski sedang tidak mengkonsumsi minuman beralkohol sekalipun. Lebih lanjut lagi, dalam penelitian juga telah ditemukan adanya fakta bahwa pada tingkat pecandu alcohol biasanya peminum akan cenderung memiliki waktu tidur yang lebih singkat namun dengan intensitas yang tinggi, cenderung tidak mengantuk di malam hari dan selalu memiliki kualitas tidur yang buruk.

Narkolepsi

Seringnya rasa kantuk yang tak tertahankan di siang hari atau tidak pada jam tidur juga bisa diakibatkan oleh Narkolepsi, ini merupakan kondisi di mana seseorang benar – benar sering mengantuk hingga tak sanggup untuk menahan kantuknya tersebut meski dalam keadaan siang hari atau bukan di jam tidurnya. Pada kondisi yang lebih parah bahkan penderita akan merasakan otot yang sangat lemas hingga terjatuh meski ia dalam keadaan gembira sekalipun, selain itu juga penderita bisa mengalami kelumpuhan saat tidur di mana ia benar – benar tidak mampu menggerakkan tubuhnya sedikit pun saat tertidur.

Parasomnia

Penyebab seringnya mengantuk pada seseorang juga bisa dikarenakan orang tersebut mengidap parasomnia, ini adalah penyakit yang mempengaruhi kebiasaan tidur seseorang. Penderita parasomnia akan lebih sering tidur dengan perilaku yang aneh seperti misalnya meninju ke udara, berbicara saat tidur, hingga beberapa di antaranya hingga berjalan saat tidur. Gejala tersebut juga sekaligus bisa menjadi indikasi jika penderita juga beresiko terkena Parkinson.

Depresi

Beberapa orang yang mengalami depresi juga akan cenderung lebih mudah ngantuk dan tidur meski bukan pada jam tidur, biasanya penderita depresi juga akan kehilangan semangat hidup, tidak memiliki ketertarikan pada sesuatu seperti biasanya, hingga kekurangan energi yang membuatnya terlihat selalu lemas tak berdaya.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *