Bimbel Polri

Pendidikan

Setiap tahunnya, animo remaja untuk mengikuti seleksi polri semakin tinggi. Hal ini menjadikan persaingan ketat dan sangat kompetitif bagi para calon peserta tes. Sudah bukan rahasia lagi jika “kekuatan orang dalam” bisa menjadi salah satu keberhasilan lolos tes. Namun demikian, masih banyak yang berhasil lolos polri dengan jujur karena kemampuannya yang unggul di berbagai bidang.

Untuk dapat bersaing dan mendapatkan nilai yang terbaik, para kandidat harus melakukan berbagai cara, termasuk juga latihan dari jauh-jauh hari sebelum hari ujian. Ketatnya pelaksanaan rekrutmen polri sebagai wujud transparansi institusi untuk memberantas KKN, sehingga mendapatkan kualitas SDM yang sesuai dengan kompetensi yang dibutuhkan.

Kompetensi yang dimaksud di sini termasuk kompetensi umum, kompetensi utama dan kompetensi khusus yang bisa dilewati dengan penuh kejujuran dan perjuangan. Sehingga, setelah lulus para anggota bisa menjadi penegak hukum, pelayan masyarakat, serta pelindung masyarakat yang profesional. Lantas, bagaimana tips yang bisa dilakukan agar bisa lolos seleksi polri? Berikut ini tipsnya.

  1. Niatkan penuh

Pertama, tentunya Anda harus memiliki tujuan dan mengerti terlebih dahulu tentang pilihan Anda. Sebab, resiko enjadi polisi sangatlah besar mulai dari resiko fisik hingga waktu. Setelah paham tujuan, Anda pasti akan mampu membulatkan tekad dan niat untuk melakukan serangkaian tes panjang dan penuh perjuangan untuk menjadi anggota polri.

stocksnap.io
  1. Pesiapkan berkas administrasi dari jauh hari

Pahami persyaratan umum dan khusus untuk mengikuti seleksi polri. Persyaratan umum yang harus ditepati, seperti WNI, beriman dan bertaqwa pada Tuhan, setia pada NKRI, usia minimal 18 tahun, sehat jasmani dan rohani yang dibuktikan dengan surat keterangan dari institusi kesehatan, serta tidak pernah dipidana yang dibuktikan dengan surat keterangan dari polres setempat.

Sedangkan, persyaratan khususnya, yaitu bukan anggota/PNS atau tidak pernah mengikuti pendidikan polri/TNI, berijazah serendah-rendahnya SMA, dan jika SMK sesuai dengan kompetensi tugas pokok polri dan nilai yang ditentukan. Semua syarat administrasi, seperti KTP atau identitas dan lain-lain juga harus diserahkan pada pihak penyeleksi guna kelengkapan persyaratan.

  1. Lakukan general checkup dari jauh hari

General checkup penting untuk dilakukan, mengingat latihan yang akan dilakukan selama masa pendidikan akan sangat berat. General checkup ini biasanya dilakukan di rumah sakit yang sudah ditentukan dan bekerjasama dengan polri. Hal ini dimaksudkan agar ada antisipasi, apabila ada kekurangan dalam kesehatan dan bisa segera diberikan pengobatan sedini mungkin.

  1. Latihan fisik berkala

Saat pendidikan dan waktu tes tiba, tes fisik juga akan dijadikan materi. Untuk menadapatkan hasil yang maksimal, Anda perlu melakukan latihan fisik secara berkala, sebelum masa tes tiba. Berikut ini ringkasan nilai yang harus diperoleh untuk mendapatkan nilai 100 poin:

  • Kesamaptaan A (lari 12 menit)
  • Kesamaptaan B (restock/pull up 17 kali dalam 1 menit; push up 50 kali dalam 1 menit; sit up 60 kali dalam 1 menit; shuttle run atau lari angka 8, dalam 10 menit; dan renang selama 14 – 25 detik.
stocksnap.io
  1. Ikuti bimbel polri khusus

Cara lainnya bisa dengan mengikuti bimbel polri yang cukup banyak dibuka. Namun demikian, harus menyesuaikan juga dengan kemampuan finansial Anda. Alternatif lainnya yang bisa dipilih adalah dengan belajar gratis di edutore.com yang merupakan platform edukasi online yang dikembangkan oleh Gramedia.

Hadirnya edutore membuat belajar menjadi lebih mudah dan menyenangkan. Apalagi, materi belajar di laman ini begitu lengkap, sehingga sangat bisa dimanfaatkan untuk belajar. Anda bisa terlebih dulu menanyakan kepada senior tentang apa saja yang diujikan dalam tes tertulis dan kemudian bisa fokus mempelajarinya secara online atau di tempat bimbel khusus.

  1. Rajin latihan soal

Bukan hanya berisi materi yang bisa Anda manfaatkan untuk belajar gratis, situs edukasi ini juga berisi latihan-latihan soal yang bisa melatih kemampuan Anda dalam memahami materi yang telah di sampaikan. Selain itu, ada beberapa aktivitas edukatif lainnya yang bisa diakses, yaitu artikel, bimbel khusus, dan sebagainya. Ini semua bisa Anda memanfaatkan secara maksimal.

stocksnap.io
  1. Hindari calo

Sebaiknya hindari calo berseragam yang berkata mampu meluluskan dengan meminta bayaran sejumlah tertentu sebagai jaminan kelulusan. Padahal, dengan cara ini Anda belum tentu bisa lolos seleksi, karena seberapa pun uangnya tidak akan bisa menjamin. Kelolosan Anda seleksi polri tergantung dari kemampuan Anda untuk melewati berbagai proses tes yang perlu dilalui.

Lakukanlah tips tersebut secara konsisten dan dengan niat yang penuh mulai dari jauh-jauh hari sebelum pembukaan rekrutmen. Impian besar harus dapat dicapai dengan proses yang bersakit-sakit, jika perlu berdarah-darah. Oleh karenanya, penting untuk Anda konsisten menjalankan tips di atas jika ingin lolos seleksi polri.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *