Buah Khuldi dalam Islam

Umum

 

Buah khuldi tentu sudah tidak asing bagi umat Islam. Buah yang menyebabkan Adam dan Hawa dibuang ke bumi tersebut bahkan tertulis dalam kitab Al-quran. Seperti apa bentuk dan rasa buahnya masih menjadi misteri. Beberapa pendapat menyebut buah ini adalah apel, anggur, buah tin, dan lain sebagainya.

Buah Khuldi dan Kisah Nabi Adam

  1. Buah terlarang

Islam menggambarkan surga sebagai tempat dengan buah yang melimpah ruah. Penghuni surga bisa mendapatkan semua buah yang diinginkan tanpa kesusahan. Namun Allah melarang satu, yakni khuldi. Buah yang terlarang tersebut ternyata dimakan nabi Adam dan membuatnya diturunkan ke bumi.

  1. Khuldi adalah pemberian iblis

Allah tidak menyebut nama dari buah yang terlarang ini, tetapi iblis yang ingin menyesatkan manusia menggunakan nama khuldi. Iblis kemudian memberi tahu dan merayu Adam untuk memakannya. Bujuk rayu iblis pun berhasil membuat nabi Adam melanggar larangan Allah dan memakan khuldi.

  1. Buah yang membuat nabi adam ingin buah hajat

Penghuni surga dapat memakan semua buah yang ada dan tanpa merasa ingin buang hajar. Namun pengecualian untuk khuldi yang dilarang untuk dimakan oleh nabi Adam. Setelah dimakan, buah terlarang tersebut membuat nabi ingin membuang hajat.

  1. Buah yang merupakan cobaan

Khuldi bukan hanya buang terlarang, tetapi juga menjadi cobaan dari Allah untuk nabi Adam. Ketaatan adalah hal yang wajib dilakukan oleh setiap hamba termasuk nabi Adam kepada Allah. Banyak pendapat menyebutkan buah terlarang ini sebagai cobaan untuk Adam dan istrinya.

  1. Sifat buahnya

Buah terlarang ini memiliki sifat yang dapat membuat manusia lupa diri. Memakan khuldi dapat membangkitkan hawa nafsu yang melekat pada manusia. Memakan pohon atau buah terlarang membuat Adam durhaka dan melanggar perintah Allah.

  1. Buah yang dianggap khuldi

Ada yang berpendapat khuldi merupakan buah anggur karena buah anggur memiliki efek memabukkan dan lupa diri. Ada pula yang berpendapat khuldi adalah buah fig atau buah tin karena buah ini adalah yang paling banyak tercantum dalam kitab suci dan beberapa kebudayaan.

Itulah beberapa teka-teki mengenai buah khuldi yang dikisahkan dalam Al-quran.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *