Budidaya Ikan Oscar

Umum

 

Walaupun namanya mirip dengan salah satu penghargaan film bergengsi, ikan Oscar sama sekali tidak berhubungan dengan penghargaan film tersebut. Ikan yang satu ini dikenal sebagai ikan paling cerdas bila dibandingkan dengan ikan hias lainnya. Dikatakan bahwa ikan Oscar memiliki ingatan yang terbilang panjang, bahkan bisa dilatih untuk melakukan berbagai trik.

Jenis ikan Oscar ada bermacam-macam sehingga warnanya pun juga berbeda-beda. Akan tetapi warna ikan Oscar yang paling populer adalah yang berwarna hitam dengan ornamen merah cerah. Variasi lainnya yang populer adalah ikan Oscar albino yang memiliki mata merah transparan dengan nuansa biru pucat dan kuning. Ikan ini dapat tumbuh dengan cepat apabila dipelihara dengan baik. Walaupun begitu anda harus merawatnya dengan benar karena nafsu makannya terbilang besar sehingga ia banyak mengeluarkan kotoran yang mengakibatkan air akuarium harus sering diganti agar kualitas air tidak menurun. Bisa dibilang ikan Oscar adalah ikan hias yang membutuhkan perawatan ekstra apabila anda ingin melakukan budidaya atau sekedar memeliharanya.

Budidaya Ikan Oscar

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan untuk menjaganya agar dapat  hidup dan tumbuh dengan baik. Hal pertama yang harus anda perhatikan ketika memelihara ikan Oscar untuk budidaya adalah mengatur suhu akuarium tempat tinggal ikan Oscar tersebut. Suhu yang paling optimum berkisar 23 – 27°C. Jika bisa, usahakan menjaga suhunya berada pada rentang tersebut dan jangan sampai terjadi kenaikan atau penurunan suhu yang terlalu jauh karena ikan Oscar cukup sensitif terhadap perubahan suhu. Sedangkan untuk nilai pH airnya, jagalah pada nilai 6 – 8 jadi jangan sampai terlalu asam. Sebenarnya ikan Oscar dapat mentolerir berbagai nilai pH air, hanya saja kondisi air yang lebih lembut akan lebih baik untuk perkembangan ikan Oscar. a juga sensitif terhadap jumlah amonia di dalam air. Apabila terjadi lonjakan jumlah amonia yang terlalu ekstrim, ikan Oscar dapat merasa lapar lalu bersembunyi dalam akuarium hingga akhirnya kehilangan warna tubuhnya. Oleh sebab itulah anda harus menjaga kualitas air akuarium dengan baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *