Candi Borobudur, Bukti Nyata Kejayaan Dinasti Sailendra

travel

Indonesia terkenal dengan berbagai peninggalan sejarah dan juga berbagai hal yang berhubungan dengan kejayaan masa lalu. Dengan banyaknya budaya dan kerajaan – kerajaan di masa lalu membuat Indonesia sangat kaya dengan berbagai peninggalan bersejarah nan megah. Kemegahan peninggalan bersejarah tersebut dapat secara mudah ditemukan di berbagai tempat di seluruh kawasan Indonesia. Salah satu peninggalan bersejarah yang sangat terkenal di Indonesia adalah candi Borobudur. Candi ini merupakan salah peninggalan sejarah yang paling banyak dipertanyakan oleh para ahli. Candi ini merupakan komplek candi terbesar yang ada di Indonesia. Dengan kemegahan dan juga popularitasnya candi tersebut kini menjadi salah satu tempat wisata yang cukup popular di wilayah jawa tengah.

Karena banyaknya peminat untuk mengunjungi candi ini berbagai situs atau agen perjalanan wisata mulai menawarkan paket wisata menuju candi yang sangat luas ini. Situs – situs tersebut menyediakan paket wisata jogja 1 hari yang meliputi candi Borobudur juga. Situs – situs terbaik akan menawarkan beberapa destinasi dalam waktu satu hari penuh. Paket wisata sehari tersebut akan mencakup destinasi wisata jogja yang terkenal ataupun objek wisata lain sesuai permintaan dari konsumen. Dengan berbagai kemudahan tersebut maka para wisatawan tidak perlu lagi merasa kesulitan untuk mencapai tempat ini.

unsplash.com

Sejarah Candi Borobudur

Candi Borobudur merupakan sebuah komplek candi Buddha terbesar yang ada di dunia. Candi ini menepati sebuah wilayah yang luas dengan kekomplekan yang rumit. Bentuk dari candi ini adalah bertingkat. Setiap tingkatan candi memiliki berbagai ukiran menarik dan juga arsitektur – arsitektur yang dapat membuat banyak wisatawan terpesona. Candi ini dibangun tanpa adanya campur tangan dunia modern. Dengan kemegahan yang dimiliki banyak peneliti yang sangat mengagumi kemajuan kontruksi masa lalu. Susunan batu di candi ini diletakkan tanpa bantuan semen ataupun bahan – bahan bangunan modern saat ini. keagungan dinasti syailendra sudah tidak dapat diragukan lagi. Karena candi terbesar ini telah menjadi bukti nyata betapa agungnya peradaban dari dinasti syailendra kala itu.

Menurut sejarah candi ini dibangun pada kisaran tahun 750 masehi oleh kerajaan mataram yang dikenal dengan dinasti syailendra.  Banyak ahli yang memperkirakan candi ini dibangun pada tahun lebih muda karena pada abad ke 7 tersebut teknologi untuk pembangunan tidak mungkin dapat menciptakan keagungan yang sangat menakjubkan seperti ini. candi ini dibangun dengan 72 stupa atau patung lonceng besar seperti dalam agama buddha. Ke 72 stupa tersebut terletak di bagian teratas candid an dikelilingi oleh patung Buddha besar yang sangat menakjubkan dan menawan. Selain itu tedapat banyak relief yang turut serta menyempurnakan penampakan atau visualisasi dari candi ini.

Pertama kali penamaan candi ini dilakukan oleh seorang gubernur inggris yang memimpin Indonesia yaitu Thomas Stanford raffles.  Thomas adalah seorang guberbur inggris yang telah berkontribusi banyak pada perkembangan – perkembangan kemajuan di pulau jawa. Kata candi Borobudur sendiri pertama kali terlihat dari cetakan buku berjudul sejarah pulau jawa yang ditulis sendiri oleh Thomas Stanford raffles. Selain itu Thomas juga yang memprakarsai berdirinya kebun raya terbesar yang ada di jawa barat yaitu yaitu kebun raya bogor. Dengan berbagai sejarah yang menyertainya candi ini dapat pula dijadikan sebagai salah satu wana wisata edukasi yang sangat baik untuk anak – anak maupun keluarga.

unsplash.com

Akses Dan Tiket Candi Borobudur

Untuk dapat mengakses candi Borobudur ini seorang wisatawan tidak perlu lagi khawatir. Banyak akses yang dapat ditempuh untuk dapat menikmati keindahan candi ini. Untuk berbagai kawasan jawa ataupun luar jawa kini dapat dengan mudah menggunakan sarana transportasi umum, terdapat beberapa rute yang bisa digunakan untuk menuju candi Borobudur ini. Rute – rute tersebut dilengkapi dengan akses jalan yang mudah sehingga akan sangat membantu para wisatawan yang baru pertama kali ke candi ini. Beberapa akses yang dapat ditempuh jika ingin menuju candi termegah ini.

  1. Kereta api

Untuk kawasan – kawasan yang masih termasuk pulau jawa menggunakan kereta api termasuk salah satu akses yang cukup mudah. Para wisatawan dapat menaiki kereta dan berhenti di stasiun lempuyangan yang berjarak cukup dekat dengan malioboro. Untuk beristirahat sejanak jalan – jalan ke kawasan tersebut tentu akan menjadi hiburan tersendiri sebelum menuju kawasan candi.

  1. Bis

Untuk yang berada di kawasan Jogjakarta, para wisatawan dapat mengakses bis transjogja no 1 atau 2. Petugas akan mengarahkan penumpang untuk sampai ke tujuan. Harga tiket bis ini juga sangat terjangkau berkisar antara 15 sampai 20 ribu rupiah saja.

unsplash.com
  1. Pesawat

Untuk yang berada di luar pulau jawa akses yang paling cepat adalah dengan menggunakan pesawat.  Bandara terdekat yang akan langsung mengakses Borobudur adalah bandara internasional jogja. Hanya butuh waktu sekitar satu jam untuk dapat sampai di candi tersebut.

Selain itu harga tiket yang ditawarkan untuk wana wisata ini juga tergolong sangat murah. Untuk dewasa hanya dikenai biaya masuk sebesar 30 ribu rupiah saja dan untuk anak – anak hanya dikenai biaya sekitar 15 ribu saja. Dengan harga tiket yang sangat murah ini tentu kawasan ini menjadi salah satu kawasan wisata yang popular untuk keluarga.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *