Cara Melakukan Passing Atas dengan Tepat dalam Olahraga Voli

Umum

Voli adalah salah satu olahraga yang cukup populer di Indonesia. Voli masuk dalam kategori olahraga permainan bola besar. Nah, untuk bisa bermain voli dengan baik, ada beberapa gerakan yang harus bisa dikuasai. Salah satunya adalah passing. Menjadi keharusan untuk setiap pemain voli dapat melakukan passing. Kali ini yang akan menjadi pembahasan adalah soal passing atas.

Apa Itu Passing?

Sebelum melangkah jauh membahas soal passing atas, penting untuk kamu tahu terlebih dahulu apa itu yang disebut passing. Passing adalah gerakan menerima bola baik dari lawan ataupun umpan dari tim. Passing atas sendiri mengandalkan kekuatan jari-jari. Berbeda dengan passing bawah yang mengandlkan kekuatan pada lengan.

Untuk melakukan passing atas dengan baik pastinya tidak bisa sembarangan dengan tiba-tiba melempar bola menggunakan jari-jari tangan. Ada teknik tersendiri untuk melakukan passing atas dalam olahraga voli agar bola juga bisa diarahkan dengan sempurna dan tentu supaya pemain tidak sampai cedera. Pasalnya, jika melakukan passing namun tidak tahu cara dan teknik yang tepat, bisa jadi hal itu hanya berujung pada rasa sakit pada sebagian tubuh.

Cara Melakukan Passing Atas dengan Tepat

Sejatinya passing atas dapat dipelajari dengan baik dengan terus mencoba dan berlatih. Berikut ini cara melakukan passing atas dengan tepat dalam olahraga voli:

  1. Berdiri kuat dan sikap tubuh yang siap dengan membuka kedua kaki hingga lebarnya sejajar dengan bahu
  2. Tekuk lutut sedikit saja hingga membuat badan agak merendah dengan tubuh lebih condong kedepan
  3. Jadikan ujung kaki depan sebagai tumpuan berat badan
  4. Saat bola datang, tempatkan badan berada di bawah bola
  5. Angkat tangan dengan posisi lengan yang sedikit ditekuk, lalu buka dengan lebar jari-jari tangan hingga membentuk layaknya mangkok
  6. Dorong bola ke atas memakai pangkal jari-jari tangan serta disusul dengan gerakan meluruskan siku dan lurtut yang sebelumnya ditekuk. Untuk hal ini, jari-jari yang dominan untuk mendorong bola adalah ibu jari, telunjuk serta jari tengah
  7. Terakhir adalah gerak lanjut dari lengan yang kemudian dilanjutkan oleh bagian tubuh yang lain, serta pandangan mengikuti arah bola

Kesalahan yang Sering Terjadi

Ketika melakukan passing atas, ada beberapa kesalahan yang cukup sering terjadi. Mulai dari sikap yang kaki, kemudian berdiri kurang seimbang lantaran kaki yang terbuka kurang sejajar, kadang kala juga lutut dan siku kurang ditekut, lengan posisinya berada di depan kepala, hingga penggunaan jari-jari tangan sebagai titik tumpu untuk mendorong bola yang salah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *