Dalil Haji dan Umroh

Islam

Rukun islam yang kelima yaitu haji merupakan ibadah yang paling dimimpikan oleh seluruh muslim. Haji merupakan ibadah yang sangat diharapkan oleh seluruh kaum muslimin. Sebab, tak semua orang bisa melakukannya. Setiap bulan Dzulhijjah, seluruh kaum muslim berbondong-bondong menuju ka,bah di Makkah untuk menunaikan ibadah haji. Seluruh kaum muslim dari setiap penjuru dunia berkumpul di satu titik yaitu ka’bah. Lalu, apa sajakah dalil tentang haji dan umroh? Yuk, kita simak di bawah ini ulasannya.

Dalil Tentang Ibadah Haji dan Umroh

Ibadah haji dan umroh memiliki keistimewaan, sebab banyak sekali keutamaan dari ibadah ini. Apa saja dalil tentang ibadah haji dan umroh yang ada di Alquran dan hadits nabi? Di bawah ini adalah jawabannya.

  1. Perintah Melaksanakan Haji

Perintah untuk melaksanakan ibadah haji ada dalam surah Ali Imran ayat 96 – 97 yang artinya:

“Sesungguhnya rumah yang mula-mula dibangun untuk (tempat beribadat) manusia, ialah Baitullah yang di Bakkah (Mekkah) yang diberkati, dan menjadi petunjuk bagi semua manusia. Padanya terdapat tanda-tanda yang nyata, (di antaranya) maqam Ibrahim. Barangsiapa memasukinya (Baitullah itu) menjadi amanlah ia. Dan mengerjakan haji ialah kewajiban manusia terhadap Allah, yaitu bagi orang yang sanggup melakukan perjalanan ke Baitullah. Dan barangsiapa mengingkari (kewajiban haji), maka sesungguhnya Allah Maha Kaya (tidak memerlukan) semesta alam. ”

unsplash.com
  1. Anjuran Menyegerakan Berhaji

Dari Ibnu Abbas, ia berkata; Rasulullah shallAllahu wa’alaihi wa sallam bersabda: “Barang siapa yang hendak berhajji, maka hendaknya ia bersegera.” HR Abu Dawud 1472, shahih. Kemudian Ibnu Majah menambahkan: “Karena mungkin akan terserang penyakit, tersesat atau terkungkung/ terkurung kebutuhan.” HR Ibnu Majah 2874, shahih. Dan ada pula Riwayat Ahmad dengan redaksi lain yaitu: “Segeralah kalian melaksanakan haji yakni kewajiban haji, karena salah seorang dari kalian tidak mengetahui apa yang akan terjadi padanya.” HR Ahmad 2721, shahih.

Jadi, seorang muslim hendaknya menyegerakan dalam melaksanakan ibadah haji agar segera menunaikan rukun islam kelima ini. Ditakutkan jika ditunda-tunda, kesempatan melaksanakan ibadah ini akan hilang.

  1. Keutamaan dan Pahala Ibadah Haji dan Umrah

“Iringilah ibadah haji dengan (memperbanyak) ibadah umrah (berikutnya), karena sesungguhnya keduanya dapat menghilangkan kefakiran dan dosa-dosa sebagaimana alat peniup besi panas menghilangkan karat pada besi, emas dan perak. Dan tidak ada balasan bagi pelaku haji yang mabrur melainkan surga.” (HR Tirmidzi, Nasai, Ahmad)

Selain itu, ibadah umrah juga akan menghapuskankan dosa bagi yang melaksanakannya. Hal ini terdapat dalam hadits yang berbunyi: “Ibadah umrah ke ibadah umrah berikutnya adalah penghapus (dosa) di antara keduanya, dan haji yang mabrur tiada balasan (baginya) selain surga” (HR al-Bukhari dan Muslim)

unsplash.com
  1. Orang Yang Melaksanakannya Akan Menjadi Tamu Allah

Orang yang melaksanakan haji dan umrah akan menjadi tamu Allah. Hal ini sesuai dengan hadits nabi yang berbunyi: “Orang yang berperang di jalan Allah, orang yang berhaji serta berumroh adalah tamu-tamu Allah. Allah memanggil mereka, mereka pun memenuhi panggilan. Karenanya, saat mereka meminta sesuatu apapun kepada Allah, pastinlah akan Allah beri” (HR. Ibnu Majah no 2893. Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadits ini hasan)

  1. Merupakan Jihadnya Kaum Wanita

Haji dan umrah merupakan jalan jihadnya kaum wanita tanpa berperang. Hal ini sesuai dengan hadits yang berbunyi:

Dari Aisyah ra bahwa dia bertanya : “Wahai Rasulullah, apakah kaum wanita itu diwajibkan berjihad?”

Beliau menjawab : “Ya, mereka diwajibkan berjihad tanpa perang di dalamnya yaitu haji dan umrah.”

(Hadits Riwayat Ahmad dan Ibnu Majah)

unsplash.com
  • Umroh dan Haji Menghilangkan Sifat Kikir

Menurut hadits, amalan haji dan umroh akan menghilangkan sifat kikir dan dosa kita. “Ikutilah amalan haji dengan amalan umrah, karena keduanya akan menghilangkan kefakiran dan dosa sepertiahli logam membuang karat dari besi, perak dan emas..” (HR. Tirmidzi, Nasa’i dan Ibnu Majah)

Untuk melaksanakan umrah, biasanya terdapat jasa pengelola travel umrah. Bai anda yang mencari umroh murah solo, beberapa tempat ini mungkin cocok bagi Anda.

Yang pertama yaitu umrohterbaik.com yang menyediakan paket umroh dengan biaya terjangkau. Diselenggarakan oleh PT Madinah Iman Wisata dan prinsipnya yaitu aman, murah, dan pasti berangkat. Kantor pusatnya terletak di Ciputat, tangerang Selatan. Dan kantor cabang salatiga terletak di Komplek Ruko Osamaliki Square, Jl. Osamaliki No.3 Blok 9 Salatiga, Jawa Tengah.

Ada pula travelumrohsolo.com yang juga menyediakan paket umroh murah solo. Paket umrah ini dimulai dari harga 24 juta rupiah saja, dan Anda dapat menikmati umroh aman bersama travel umroh solo. Paket umroh regulernya yang berharga 24 juta rupiah diselenggarakan selama 9 hari. Tunggu apa lagi? Segeralah daftarkan diri Anda.

Demikian tadi adalah ulasan tentang dalil haji dan umroh sesuai dengan Alquran dan hadits, dan juga ada info tentang paket umroh murah solo. Selamat menjalankan ibadah haji dan umroh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *