DAUN COKLAT

Umum

 

 

 

Daun coklat atau dikenal dengan kakao tergolong ke dalam spesies Theorbroma cacao L. Habitat asli tanaman kakao adalah daerah tropis dengan naungan pohon-pohon yang tinggi, curah hujan tinggi, suhu dan kelembaban yang relatif tinggi. Tanaman kakao merupakan tanaman budidaya perkebunan yang berasal dari Amerika Selatan. Tanaman kakao bersifat dimorfisme artinya memiliki dua bentuk tunas vegetatif yakni tunas yang arah pertumbuhananya ke atas atau disebut tunas ortotrop dan tunas yang arah pertumbuhannya ke samping atau disebut dengan plagiotrop. Daun kakao memiliki warna hijau. Daun kakao merupakan daun tunggal yang artinya pada tangkai daun kakao hanya terdapat satu helaian daun. Tangkai daun kakao berbentuk oval dan memanjang. Ujung dan pangkal berbentuk runcing dan tepi daunnnya data atau rata. Bagian dari tumbuhan kakao yang diolah menjadi coklat adalah bagian biji kakao.

Tanaman kakao memiliki beberapa khasiat yang baik bagi tubuh kita. Kakao yang telah diolah menjadi bubuk coklat mengandung beberapa mineral termasuk kalsium, tembaga, magnesium, fosfor, clovamide dan flavonoid. Kakao juga mengandung beberapa nutrisi seperi gula, lemak, vitamin, kafein, antioksidan, mineral esensial, kalori dan feniletilamin. Khasiat tumbuhan kakao secara umum kaya akan antioksidan seperti flavonoids dan procyanidins yang dapat memberikan anti penuan dini. Kandungan epicatechin pada kakao dapat menjaga kesehatan jantung bagi yang mengkonsumsinya. Kako juga bermanfaat untuk mencegah penyakit dalam seperti kanker, jantung dan hati serta organ dalam lainnya.

Khasiat lainnya dapat mengatasi masalah psikologi anda seperti memperbaiki gairah atau mood lebih baik dalam melakukan aktivitas, menjaga sistem imun atau kekebalan tubuh kita karena dapat menangkal radikal bebas, menurunkan kadar kolesterol tubuh yang artinya menurunkan kolesterol jahat yang ada di tubuh, menurunkan tekanan darah karena setelah anda mengkonsumsinya dapat menenangkan syaraf, pikiran dan membuat anda rileks. Pengolahan tanaman ini telah banyak di sekitar kita dalam bentuk coklat dan macam-macam jenis pengolahan makanan yang berbahan coklat ini. Semakin mudah untuk anda menikmati khasiat dari tanamann kakao ini. Kosumnsi secukupnya yang berlebihan dan kurang itu tidak baik.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *