Hal-Hal Seputar Epoxy Non Sag yang Penting Anda Ketahui

Umum

Untuk memperindah benda-benda maupun material instruksi maka diperlukan cat dengan berbagai warna. Selain itu cat tersebut juga tersedia dalam berbagai jenis yang disesuaikan dengan jenis permukaan atau media yang akan dicat. Bila anda membutuhkan cat yang bisa dipakai untuk berbagai kegunaan seperti mengecat kayu hingga metal maka tak perlu khawatir. Sebab anda tak perlu membeli dua jenis cat tetapi anda bisa memakai satu jenis cat saja. Jenis cat yang dimaksud tersebut yaitu epoxy non sag. Bagi anda yang ingin tahu secara lebih jelas mengenai jenis cat yang satu ini maka dalam artikel ini akan diberikan informasi lebih lengkapnya.

Mengenal Epoxy Non Sag

Melihat semakin tingginya minat masyarakat pada cat epoxy non sag maka tak heran jika kini berbagai merek cat semakin bermunculan. Namun sebelum membeli cat ini anda perlu mengetahui bahwa non sag epoxy ini merupakan epoxy serbaguna yang dipakai untuk perekat sekaligus filler sehingga bisa menutupi kerusakan pada kayu maupun metal. Pemakaian jenis cat ini bisa diaplikasikan untuk ketebalan 1cm dan bisa dipakai pada permukaan yang basah. Berbeda dari jenis cat lainnya yang semakin tebal biasanya mudah menetes sehingga hasilnya tidak bisa rapi dan merata.

pxhere.com

Non sag epoxy ada yang terdiri dari dua komponen yaitu non sag resin berwarna krem serta hardener yang berwarna cokelat. Jika kedua komponen ini dicampurkan dengan perbandingan 1:1 maka akan menghasilkan perekat epoxy yang sangat kuat, tahan air maupun bahan kimia yang mengandung minyak. Penggunaan cat ini dijamin tidak mudah menetes sehingga dapat diaplikasikan di semua area secara bersamaan. Untuk bagian sudut atau pinggiran, cat ini juga sangat mudah diaplikasikan.

Non sag epoxy mempunyai kegunaan maupun keistiewaan yang menjadikan cat ini sangat wajib anda pilih. Supaya anda semakin jelas mengenai kegunaan maupun keistimewaan cat ini maka berikut akan dijelaskan kegunaan serta keistimewaan non sag epoxy yang perlu anda ketahui.

  1. Tidak mudah menetes meskipun digunakan untuk aplikasi cat dengan ketebalan maksimal 1 cm. Tentu saja hal ini membuat anda tak perlu khawatir bila harus menggunakan cat ini lebih tebal karena hasilnya tetap rapi dan tidak rusak.
  2. Non sag epoxy juga begitu mudah diaplikasikan untuk permukaan yang vertikal maupun overhead. Selain itu cat ini juga mudah dibentuk terutama untuk pemakaian pada media yang bersudut.
  3. Tak perlu khawatir jika ingin memakai cat secara bertumpuk karena cat ini bisa diaplikasikan pada permukaan media yang lembab atau basah. Sehingga anda bisa menghemat waktu tanpa perlu menunggu permukaan media kering terlebih dahulu.
  4. Cat ini tahan terhadap air maupun bahan kimia tertentu seperti minyak, alkali, asam maupun gasoline. Sehingga cat ini dijamin lebih awet dan tahan lama meskipun terkena air maupun bahan kimia lainnya.
pxhere.com

Bagaimana Cara Penggunaan Cat Non Sag Epoxy yang Benar ?

Bagi anda yang ingin menggunakan non sag epoxy untuk berbagai keperluan maka pastikan anda mengetahui cara penggunaan cat ini secara benar. Sebab jika anda salah memakainya maka hasilnya kurang memuaskan. Meskipun pengaplikasian cat ini hampir sama dengan cat lainnya tapi ada beberapa tahapan yang perlu anda ketahui. Berikut ini akan dijelaskan cara penggunaan cat epoxy non sag yang perlu anda ketahui.

  1. Bersihkanlah permukaan media baik itu kayu atau metal yang akan diaplikasikan agar bebas dari debu, kotoran maupun material yang gampang terkelupas.
  2. Campurkanlah non sag epoxy resin serta hardener dengan takaran perbandingan 1:1 bagian. Lalu aduk campuran bahan ini secara merata sebelum diaplikasikan pada media.
  3. Aplikasikan campuran kedua bahan sebelumnya secara merata di bagian permukaan lalu rekatkan sampai benar-benar rekat. Selagi campuran masih basah, segera bersihkan kelebihan lem yang menempel pada permukaan media yang dicat tersebut.

    pxhere.com
  4. Sebaiknya habiskan campuran cat tersebut dalam kurun waktu 30 menit sesudah proses pencampuran dilakukan. Hal ini bertujuan agar cat tersebut mudah diaplikasikan pada permukaan media yang diinginkan.
  5. Jika seluruh permukaan sudah tercat secara merata maka silakan keringkan cat terssebut selama minimal 4 jam. Pengeringan ini dilakukan sebelum proses pengamplasan agar permukaan tersebut siap melalui tahap selanjutnya.
  6. Hindari penanganan yang kasar sebelum permukaan tersebut benar-benar kering dari cat. Sebaiknya diamkan selama kurang lebih 24 jam atau semalaman agar cat benar-benar kering dan tidak mudah rusak.

Itulah tadi penjelasan seputar epoxy non sag yang bisa menambah wawasan anda. Melalui penjelasan di atas kini anda bisa semakin memahami non sag epoxy sehingga anda tidak perlu bingung memilih cat yang bisa dipakai untuk berbagai jenis permukaan media. Tentunya memakai jenis cat ini dijamin hemat, mudah dan hasilnya memuaskan. Jika anda membutuhkan epoxy untuk lantai tanpa perlu repot maka silakan percayakan saja pada jasa epoxy lantai. Sebab jasa ini melayani pengaplikasian epoxy pada lantai dan dikerjakan oleh tenaga ahli serta berpengalaman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *