Hari Asyura, Hari Diterimanya Taubat Nabi Adam As

Islam

Salah satu kewajiban umat muslim adalah melakukan ibadah dengan niat hanya karena Allah SWT. Selain itu manusia tidak ada yang luput dari salah dan dosa. Jika ditampakkan oleh Allah SWT, mungkin akan merasa malu dengan dosa yang sudah diperbuat.

Ada beberapa bulan atau tanggal yang biasanya digunakan umat muslim untuk melakukan ibadah seperti berpuasa diantaranya adalah bulan suci Ramadhan, puasa sunnah senin kamis, puasa pada tanggal 10 muharram dan lain sebagainya. puasa yang dilakukan pada tanggal 10 muharram ini dinamakan dengan puasa Asyura.

Jika Anda ingin mengetahui puasa-puasa sunnah lainnya maka langsung saja buka hasana.id. website tersebut akan membuat Anda menjadi lebih dekat dengan islam dan memahami aturan serta hari-hari istimewa dalam islam.

Keistimewaan Hari Asyura Bagi Umat Muslim

Asyura ini merupakan hari yang sangat istimewa. Banyak sekali kisah-kisah istimewa yang terjadi di hari tersebut. salah satu kisah menarik yaitu ketika Adam dan juga hawa diusir dari surga oleh Allah SWT dan diturunkan di bumi karena melanggar larangan Allah. Saat asyura tersebutlah dosa-dosa dari Adam diampuni oleh Allah SWT.

Sehingga ketika asyura tiba banyak umat muslim yang melakukan ibadah puasa. Dimana puasa asyura bukanlah puasa wajib. Sehingga puasa asyura boleh dilakukan dan tidak berdosa jika ditinggalkan. Dimana pada dasarnya umat muslim harus segera bertaubat ketika habis melakukan sebuah dosa atau kesalahan.

Melakukan ibadah wajib, kemudian mengerjakan ibadah yang disunahkan serta tidak lupa untuk mengucapkan istigfar untuk meminta pengampunan dari Allah SWT adalah bentuk usaha dari tobat. Namun tidak ada salahnya jika Anda juga melakukan puasa di asyura.

Berdasarkan hadis riwayat Muslim dijelaskan bahwa Rasulullah SAW melakukan puasa asyura dengan harapa dapat diampuni semua dosa-dosany yang dilakukan setahun yang lalu oleh Allah SWT. Berdasarkan hadis tersebut, menjadikan puasa asyura istimewa. Meskipun bukanlah puasa wajib, jangan sampai menyia-nyiakan kesempatan tersebut.

Rasulullah SAW saja yang sudah pasti terhindar dari dosa, masih berharap diampuni dosa-dosanya dengan melakukan puasa asyura. Apalagi sebagai umat Rasulullah yang banyak berbuat kesalahan atau dosa haruslah lebih giat meminta pengampunan dari Allah SWT.

Kisah-kisah Menarik Yang Terjadi Di Hari Asyura

Selain diampuninya dosa Adam As, banyak kisah-kisah menarik lainnya yang juga terjadi pada hari tersebut diantaranya adalah sebagai berikut ini:

  • Hari diciptakannya Jibril, Arasy, Adam dan juga Lum Mahfudz.
  • Hari diselamatkannya Nabi Nuh as dari banjir, dan Nabi Ibrahim dari Raja Namrud
  • Hari terbebasnya Nabi Yusuf dari penjara
  • Hari sembuhnya Nabi Yakub dari sakit mata atau kebutaan yang dideritanya.
  • Hari diturunkannya kitab Taurat Kepada Nabi Musa as serta hari dimama diselamatkannya Musa dari kejaran Firaun.

Selain kisah-kisah tersebut masih banyak kisah lainnya yang menarik untuk dibahas. Semoga apa yang penulis tulis dapat bermanfaat untuk Anda.