Jenis Burung berkicau di Indonesia

Umum

 

Deskripsi

Dewasa ini, hobi memelihara burung berkicau kian meningkat. Beberapa dari mereka bahkan berharga sangat fantastis. Berikut ini adalah jenis burung berkicau populer di Indonesia.

 

Artikel

Bagi pecinta burung, suara kicau yang nyaring memiliki keindahan tersendiri dan kebanggan bagi pemiliknya. Selain sebagai sarana penghilang stress, burung yang berkicau nyaring dapat diikutkan dalam ajang lomba kicau burung. Meskipun terdengar sepele, ajang ini ternyata dapat menaikkan reputasi burung pemenang. Para pemilik dapat menjual burung peliharaannya dengan harga fantastis kepada sesame pecinta burung.

 

Pada habitat aslinya, burung berkicau untuk menandai wilayah kekuasaanya dan menarik perhatian betina untuk dijadikan pasangan. Dengan demikian, burung akan menetap disuatu wilayah dengan pasangannya hingga bertelur dan menetas.

 

Jenis burung kicau di Indonesia

Di Indonesia,terdapat banyak sekali jenis burung kicau. Namun dibawah ini adalah jenis burung berkicau yang paling popular dan banyak dipelihara oleh kicau mania.

 

  1. Burung Kenari

Burung ini berasal dari Canary, Spanyol yang kemudia menjadi nama popular nya. Keunikan burung ini tentulah kicaunya nyaring dan mampu menirukan suara yang didengarnya berulang kali. Kenari jantan pada umumnya memiliki kicau yang lebih baik daripada betinanya.

 

  1. Murai Batu

Burung cantik nan mungil yang satu ini paling digemari di Indonesia. Kemampuanya menghasilkan kicau yang unik menjadikan burung ini banyak dipelihara oleh pecinta burung. Burung ini dapat ditemukan di Asia, Eropa, dan Amerika. Habitatnya adalah di dahan pohon yang tinggi di daerah dengan tingkat cahaya matahari yang sedang.

 

  1. Burung Bulbul

Burung Bulbul biasanya lebih sering berkicau pada musim kawin. Nadanya yang unik menjadikan burung ini sering dijadikan inspirasi syair, puisi, dan opera diberbagai dunia.

Burung bulbul memiliki panjang sekitar 14-17 cm. Baik jantan maupun betina memiliki bulu yang mirip yakni coklat polos, keputihan, dan coklat sedikit kemerahan.

 

Selain ketiga jenis tersebut, masih banyak lagi jenis burung berkicau yang tersebar di berbagai belahan dunia. Di Indonesia sendiri, terdapat ribuan jenis burung yang keberadaannya tersebar dari Sabang hingga Merauke. Wah, ternyata banyak sekali ya jenis burung kicau. Apakah anda tertarik untuk memelihara ? Jika iya, tak ada salahnya mencoba.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *