Jenis Burung Cucak Rowo yang Patut Diketahui

Umum

 

Dari sekian banyak burung pengicau, burung cucak rowo merupakan jenis burung yang dikenal baik oleh para pecinta burung. Burung cucak rowo sendiri tersebar di kawasan pulau Jawa, Sumatera dan pulau Kalimantan. Dengan perbedaan iklim, ketinggian permukaan air laut, kesuburan tanah dan vegetasi yang beragam, burung cucak rowo memiliki fisik dan kondisi bulu yang berbeda pula. Ada lima jenis burung cucak rowo yang hidup di indonesia. Setiap jenis burung memiliki karakteristik yang berbeda-beda.

Jenis Burung Cucak Rowo

Cucak rowo Medan merupakan salah satu jenis burung cucok rowo yang patut diketahui. Jenis burung cucok rowo ini memiliki ukuran tubuh yang cukup besar jika dibandingkan dengan jenis burung cucak rowo lainnya. Tidak hanya ukurannya yang lebih besar, cucak rowo Medan memiliki tubuh yang padat dan akan terasa keras ketika disentuh. Cucak rowo Medan memiliki kicauan yang keras namun tidak tebal. Selain cucak rowo Medan, berikut ini merupakan jenis burung cucak rowo lainnya yang patut untuk diketahui:

  1. Cucak rowo Aceh

Sama halnya dengan burung cucak rowo Medan, burung cucak rowo Aceh juga memiliki ukuran tubuh yang besar. Karena ukuran tubuhnya yang sama, banyak yang mengira bahwa cucak rowo Aceh merupakan burung cucak rowo Medan. Perbedaan yang paling mencolok antara kedua jenis burung terletak pada warna bulu. Cucak rowo Aceh memiliki bulu berwarna hijau yang jauh lebih menonjol.

  1. Cucak rowo Lampung

Cucak rowo Lampung memiliki ukuran tubuh yang pendek. Meskipun memiliki ukuran tubuh yang pendek, burung cucak rowo Lampung memiliki tubuh yang nampak kekar dan tulang sayap yang kokoh.

  1. Cucak rowo Jambi
  2. Cucak rowo Kalimantan

Jika diperhatikan dengan seksama, cucak rowo Kalimantan memiliki ukuran tubuh yang lebih kecil jika membandingkannya dengan jenis cucak rowo lainnya. Suara kicauan yang dihasilkan oleh cucak rowo Kalimantan memiliki tempo yang lambat dan memiliki variasi suara yang sedikit. Banyak yang menilai bahwa suara kicauan yang dihasilkan burung cucak rowo Kalimantan kurang tajam dan tipis.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *