Mengenal Perguruan Tinggi Kedokteran Swasta Terbaik di Indonesia

Kesehatan

Pendidikan tinggi merupakan sarana yang memungkinkan sebagian besar anak SMA/MA/SMK/Alumni untuk melanjutkan jenjang pendidikan yang lebih tinggi dari sebelumnya. pendidikan tinggi juga terdiri dari beberapa macam yaitu perguruan tinggi, akademik, institut, politeknik, serta universitas. Kali ini akan dibahas masalah perguruan tinggi. Perguruan tinggi adalah tempat untuk menimba ilmu secara pengetahuan atau akademik yang hanya terfokus pada jurusan yang kamu pilih. Perguruan tinggi ini ada tiga macam yaitu, perguruan tinggi negeri, perguruan tinggi swasta, dan perguruan tinggi kedinasan. Perguruan tinggi negeri adalah perguruan tinggi yang secara keseluruhan didanai oleh pemerintah pusat atau pemerintah daerah.

Berbanding terbalik dengan perguruang tinggi negeri, perguruan tinggi swasta adalah perguruan tingkat lanjut yang berdiri bukan karena pihak pemerintahan, melainkan oleh masyarakat atau badan-badan yang memegang prinsip tidak mementingkan keuntungan (nirlaba). Untuk perguruan tinggi kedinasan adalah perguruan tinggi yang dicekal oleh pemerintah dan saat lulus sudah tentu mahasiswa PTK ini menjadi bagian dari aparatur sipil negara (ASN). Setelah mengetahui hal mengenai macam-macam perguruan tinggi, kali ini akan difokuskan pada pembahasan mengenai perguruan tinggi kedokteran swasta terbaik. Sebelum membahas hal tersebut, sebaiknya kamu perlu mengetahui dasar dari Perguruan Tinggi dengan Fakultas Kedokteran.

Perguruan tinggi kedokteran adalah perguruan tinggi yang terfokus pada Fakultas kedokteran yang disebut FK. Untuk dapat masuk ke dalam Fakultas Kedokteran ini, kamu harus bisa memahami konsep-konsep dari 4 mata pelajaran yang kamu pelajari di SMA yaitu Biologi, Fisika, Kimia, serta Matematika, selain itu kamu harus mempunyai kelebihan dengan pola pikiran yang sistematis, dan yang terakhir adalah kemampuan bahasa inggris yang kuat agar bisa masuk di fakultas kedokteran.

pxhere.com

Perguruan Tinggi Kedokteran Swasta Terbaik Di Indonesia

Sudah ditentukan pada paragraf sebelumnya, kali akan membahas mengenai perguruan tinggi fakultas kedokteran swasta terbaik di Indonesia. Diantaranya sebagai berikut :

  1. Universitas Pelita Harapan (UPH)

Perguruan tinggi swasta yang satu ini berada di Lippo Village, Tangerang, Banten. Perguruan tinggi swasta satu ini menawarkan pendidikan fakultas kedokteran dengan akredetasi A serta pendidikannya juga memakai sistem bertaraf internasional. Cara mendaftar ke UPH ada 2 cara, yaitu dengan cara mendaftar langsung dan mendaftar melalui tes di khususkan pendaftar di fakultas kedokteran. Untuk pendaftaran dapat dilakukan secara online dengan mengakses website one.uph.id, masalah registerasi pendaftaran untuk pemilih fakultas kedokteran ini dikenakan biaya sebesar Rp. 750.000,00 yang dijelaskan pada Web Tanya Jawab UPH. Pelaksanaan tes biasanya dilakukan di tempat perkuliahan UPH. Untuk tes dalam fakultas kedokteran ini materi soal menggunakan bahasa inggris dan mata pelajaran yang diujikan adalah matematika, biologi, dan kimia.

  1. Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya (UNIKA)

Perguruan tinggi yang satu ini berada di Jalan jenderal sudirman No.51, DKI Jakarta. Program studi di fakultas kedokteran ada 3 yaitu PSSK (progam studi sarjanan kedokteran), PSPD (progam studi profesi kedokteran), dan program studi farmasi. Fasilitas dari fakultas kedokteran di UNIKA ini ada perpustakaan, laboratorium, Rumah Sakit Kependidikan, UKM, dan Kantin dijelaskan langsung di halaman resmi UNIKA.

pxhere.com
  1. Universitas Islam Indonesia (UII)

Perguruan tinggi yang satu ini juga memiliki akredditasi A, perguruan tinggi ini berada di Jalan Kaliurang Km.14,5, umbulmartani, Yogyakarta. Dalam penerimaan camaba (Calon Mahasiswa Baru) ada 3 jalur yaitu jalur PSB (Sistem berbasis komputer), PST (Sistem tertulis), CBT (Sistem peminatan dan sesuai bakat), dan Hafidz Al-QurÂ’an.

  1. Universitas Tarumanegara (UNTAR)

Perguruan tinggi yang satu ini berada di Jalan Letjen S. Parman, Jakarta Barat. Akreditasi dari perguruan tinggi swasta ini A, di seluruh fakultas kedokteran. Jika kamu memilih Fakultas Kedokteran di perguruan tinggi ini, anda akan mengetahui prinsip pembelajaran SPICES.

  1. Universitas Muhamaddiyah Yogyakarta (UMY)

Perguruan yang satu ini juga merupakan pilihan yang sangat favorit, bagi mereka yang memilih fakultas kedokteran secara swasta. Perguruan tinggi UMY ini berada di Jalan Brawijaya, Daerah Istimewa Yogyakarta. Akreditasi dari perguruan tinggi ini adalah A, untuk masalah penyeleksian mahasiswa baru dengan jalur tes serta jalur mandiri.

pxhere.com

Kiat-kiat yang dilaksanakan agar dapat masuk perguruan tinggi fakultas kedokteran

Setelah membahas tentang perguruan tinggi kedokteran swasta terbaik di Indonesia sebelumnya, ada hal-hal yang perlu diperhatikan agar dapat bersekolah di salah satu perguruan tinggi tersebut dengan cara berusaha. Salah satu alternatifnya adalah mengikuti bimbel kedokteran. Bimbel kedokteran ini difokuskan kepada pembelajaran-pembelajaran untuk dapat masuk ke Perguruan tinggi negeri ataupun perguruan tinggi swasta ke fakultas kedokteran yang anda minati.

Banyak penyedia bimbel kedokteran baik secara online atau langsung ke pusat bimbelnya. Selain usaha, harus memantapkan niat untuk masuk ke dalam perguruan tinggi fakultas kedokteran. Pikirkan perguruan tinggi mana yang akan anda tuju, fokuskan pikiran pada satu tujuan. Jangan lupa untuk meminta pertimbangan dari keluarga kamu, karena tanpa adanya persetujuan dari keluargamu semuanya tidak akan berjalan lancar. Untuk selanjutnya, langkah terakhir yang harus kamu tempuh adalah dengan cara berdoa, meminta kepada yang maha kuasa agar dapat sekolah di perguruan tinggi dengan fakultas kedokteran yang anda inginkan.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *