Mengenal Jenis Kertas Dan Macam-Macam Kerajinan Kertas

Umum

Membuat kerajinan tangan sangat mudah, mengapa? Karena bahan-bahannya bisa anda temukan dari barang-barang di sekitar anda, entah barang yang masih baru ataupun barang bekas yang sudah tidak bisa digunakan lagi. Contohnya adalah kertas, pasti anda memiliki banyak kertas tidak terpakai di rumah seperti kertas Koran, kertas dari majalah-majalah, kertas undangan pengajian, kertas rapat RT RW dan lain sebagainya. Anda bisa memanfaatkan kertas-kertas tidak terpakai tersebut dan membuatnya menjadi kerajinan kertas. Tentu dengan mengubahnya menjadi sebuah kerajinan, maka nilai dari kertas tersebut akan naik dan jauh lebih bermanfaat daripada membuang kertas tersebut dalam tempat sampah. Bahkan bila ternyata hasil kerajinan anda sangat bagus dan berseni, anda bisa mendapatkan uang dari penjualan kreasi anda tersebut. Bila dibandingkan dengan meloakkan kertas-kertas bekas anda ke tukang loak, uang yang anda dapatkan tidaklah seberapa.

pxhere.com

Mengenal Ragam Kertas

Sebelum membuat kerajinan kertas, ada baiknya untuk mengenal berbagai jenis kertas dahulu agar nantinya anda bisa tahu dengan jenis kertas tertentu anda bisa membuat kerajinan yang seperti apa. Langsung saja, berikut adalah beberapa jenis kertas yang ada:

  • HVS

Siapa yang tidak tahu kertas HVS, kertas yang dekat sekali dengan mahasiswa tingkat akhir yang sedang berjuang menyelesaikan skripsinya. Kertas HVS sendiri adalah kertas yang terbuat dari bubur kertas tanpa perekat atau lignin. Ada banyak sekali ukuran dan juga berat kertas yang anda pilih, mulai dari ukuran A4, F4, berat 60 gram, 70 gram dan juga 80 gram.

  • Gold foil paper

Mungkin jarang anda menggunakan kertas jenis yang satu ini di rumah, namun anda bisa menemukannya di toko alat tulis. Kertas jenis ini lebih tebal dari kertas-kertas lainnya dan memiliki permukaan yang mengkilap. Banyak orang menggunakan gold foil paper sebagai hiasan pada kerajinan tangan yang mereka buat. Dari segi harga memang terbilang cukup mahal karena satu buahnya dihargai sekitar 5 hingga 10 ribu rupiah.

  • Washi

Kertas washi adalah kertas origami yang berasal dari Jepang. Kertas ini terbilang tipis dengan permukaan yang kasar. Walaupun begitu, kertas washi memiliki kualitas yang bagus dan memiliki banyak corak yang menarik. Biasanya kertas washi digunakan untuk membuat boneka washi. Apabila anda tertarik membelinya, jangan heran apabila anda menemukan kertas origami polos juga di dalam satu setnya. Hal itu biasanya dilakukan oleh produsen kertas washi untuk membuat harga satu set kertas washi menjadi lebih murah.

  • Corrugated paper

Nama lain corrugated paper adalah kertas kokoru karena jenis kertas ini banyak digunakan untuk membuat kertas lipat dengan menggunakan seni melipat kertas kokoru. Kertas kokoru memiliki bantalan yang dapat mencegah benturan dari luar, karenanya kertas ini juga sering digunakan sebagai pembungkus barang-barang pecah belah seperti lampu, gelas, piring hingga botol. Apabila anda ingin membuat kerajinan dari kertas seperti scrapbook, maka kertas jenis ini adalah kertas yang cocok.

pxhere.com

Jenis-Jenis Kerajinan Dari Kertas

Telah disebutkan berbagai jenis kertas, dan memang kebanyakan kertas-kertas hias jarang digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Tenang saja, anda masih bisa berkreasi dengan menggunakan kertas bekas yang ada saja, anda cukup membeli kertas-kertas hias yang diperlukan saja bila memang dirasa perlu. Tapi bila memang anda tertarik untuk membuat kerajinan kertas, tentu rasanya tidak salah apabila anda membeli berbagai jenis kertas yang ada di toko alat tulis. Apalagi mencari bahan-bahan untuk membuat kerajinan dari kertas jauh lebih mudah dan lebih murah daripada seorang pengrajin kuningan yang mencari bahan kuningan untuk membuat kerajinan yang ia inginkan. Terus apa sajakah macam-macam kerajinan yang bisa dilakukan di rumah dengan bahan-bahan yang dapat ditemukan dengan mudah di toko alat tulis dan di rumah?

  • Pigura dari kertas

Membuat pigura dari kertas terbilang mudah, namun untuk memaksimalkan fungsinya anda harus menggunakan kertas dari bahan yang tebal dan kalau bisa dirangkap dengan kertas yang bagus agar memiliki tampilan yang menarik. Misalnya saja anda menggunakan kertas kardus untuk piguranya, lalu menggunakan kertas Koran yang digulung kecil-kecil untuk ditempel pada pigura sebagai hiasan. Memotong gambar-gambar dari majalah tidak terpakai.

  • Vas bunga

Saat membuat vas bunga, anda tidak menggunakan kertas sebagai bahan utamanya namun kertas hanya sebagai hiasan saja karena bahan utama yang digunakan adalah botol bekas yang sudah tidak terpakai lagi. Walaupun begitu, anda tetap bisa memanfaatkan kertas bekas tidak terpakai yang ada di rumah.

  • Hiasan kado berbentuk bunga kertas

Teman berulang tahun, tidak sempat membawa ke toko kado untuk membungkus kado? Anda bisa menghias sendiri kado yang sudah anda bungkus dengan bunga kertas yang bisa anda buat sendiri di rumah. Yang anda butuhkan adalah kertas warna seperti kertas krep atau jenis kertas lainnya.

pxhere.com
  • Pop-up card

Kerajinan tangan dari kertas yang satu ini membutuhkan kreativitas yang besar dan juga kesabaran yang tinggi karena memiliki tingkat kerumitan yang cukup tinggi. Akan tetapi usaha anda tidak akan sia-sia karena nantinya pop-up card yang anda buat akan terlihat sangat bagus.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *