Meningkatkan kesehatan masyarakat

Kesehatan

Pola makan ideal untuk setiap negara memiliki perbedaan karena dipengaruhi oleh kebutuhan gizi kondisi fisik sumber daya alam dan ras pada setiap penduduk yang ada di dunia sampai dengan kondisi masing-masing negara ternyata juga berbeda. Yang menjadi perbedaan biasanya panduan pola makan yang digambarkan dalam bentuk visual. Masing-masing negara ada yang memiliki bentuk pagoda, piramida dan gasing. Jika negara Indonesia memiliki bentuk visual yang menggunakan piramida makanan yang lebih dikenal dengan tumpeng gizi seimbang.

Tumpeng gizi seimbang pada awalnya memiliki konsep dengan empat sehat lima sempurna namun hal tersebut sudah tidak sesuai lagi sehingga tumpeng ini dirancang untuk bisa memperbaikinya. Di mana tumpeng gizi seimbang bukan hanya berisi panduan tentang makanan sehat namun terdapat panduan pola hidup yang sehat secara keseluruhan termasuk aktivitas pada fisik dan kebersihan pada diri.

Pada saat di musim hujan biasanya bisa mengakibatkan banjir apalagi bagi masyarakat yang tinggal di daerah yang rawan banjir membuat kesehatan masyarakat menjadi terganggu. Sebenarnya terkadang penyebab dari banjir bukan berasal dari penataan ruang kota yang salah namun bisa terjadi karena masyarakat itu sendiri. Di mana mereka memiliki kebiasaan membuang sampah sembarangan dan tidak bisa melakukan penghijauan di lingkungan sehingga hal tersebut menjadi penyebab banjir pada setiap musim hujan.

pexels.com

Cara untuk menjaga kebersihan lingkungan sekitar

Dengan menjaga kebersihan pada lingkungan tidak hanya untuk mencegah banjir namun masyarakat sekitar akan memiliki kesehatan yang baik dan terhindar dari segala penyakit. Bahkan dengan lingkungan yang bersih dan terawat pastinya sangat indah untuk dilihat. Berikut ini beberapa cara untuk menjaga kebersihan lingkungan agar kesehatan masyarakat pun bisa terjamin seperti :

  • Membuang sampah pada tempatnya : ini merupakan salah satu cara yang paling sederhana yang bisa dimulai dari kesadaran diri sendiri. Jadi sebaiknya pada lingkungan anda harus bisa menyediakan tempat sampah. Lebih baik lagi jika anda bisa membuat tempat sampah yang terpisah sesuai dengan jenisnya seperti sampah organik dan non organik. Jika anda tidak menemukan tempat sampah pada sekitar anda bisa membawanya atau menyimpannya terlebih dahulu dan anda bisa membuang pada saat anda sudah menemukan tempat sampah tersebut.
  • Menjaga kebersihan rumah : anda juga bisa memulai menjaga kebersihan pada rumah anda terlebih dahulu sebelum anda menjaga kebersihan lingkungan anda. Di mana sebaiknya anda bisa menjadwalkan pembersihan secara rutin seperti anda bisa memperhatikan kebersihan pada perkarangan lantai dan kamar mandi. Di mana anda juga harus bisa memperhatikan bagian dalam rumah anda agar bisa mendapatkan sirkulasi udara yang cukup sehingga rumah anda tidak akan terasa kekurangan udara. Anda juga harus bisa membiasakan jangan menggantung pakaian yang sudah dipakai berhari-hari. Sebaiknya anda bisa mencucinya dengan bersih dan menyimpannya di dalam lemari jika sudah tidak digunakan lagi agar rumah bisa terlihat lebih rapi.
  • Mengolah sampah menjadi pupuk kompos : mungkin anda pernah mendengar manfaat dari eceng gondok yang di mana tumbuhan tersebut bisa diolah menjadi pupuk organik. Sebenarnya bukan hanya tumbuhan liar saja yang dapat diolah menjadi pupuk organik namun sampah pun bisa diolah menjadi pupuk kompos. Jadi anda bisa membuat tempat sampah organik dan non organik dan sampah yang masuk ke dalam tempat sampah organik bisa anda olah menjadi pupuk kompos. Untuk cara pembuatan pupuk kompos sebenarnya sangat mudah anda hanya perlu mengumpulkan saja sampah organik di dalam satu wadah ember yang kemudian anda bisa melubangi bagian bawah wadah penampungan sampah tersebut. Kemudian anda bisa tanam wadah yang berisi sampah organik di dalam tanah dengan kedalaman minimal 10 cm. Lalu anda bisa taburkan serbuk gergaji atau tanah di atas sampah organik tersebut. Anda bisa diamkan selama 3 bulan Kemudian keluarkan wadah dari tanah untuk di angin-anginkan selama 1 minggu. Setelah itu pupuk kompos sudah siap untuk dipakai.
  • Meremukkan wadah plastik ataupun karton : mungkin anda sering sekali minum air mineral dalam botol, jadi sebaiknya setelah anda meminum air mineral tersebut anda bisa meremukan botol plastik tersebut sebelum anda membuangnya ke tempat sampah. Atau jika anda sering makan dengan menggunakan wadah karton pada saat anda ingin membuangnya sebaiknya anda menyobek atau meremas. Hal tersebut sangat berguna untuk bisa menjaga kebersihan pada lingkungan. Dan dengan menghancurkan sampah plastik ataupun karton di mana sampah tersebut tidak akan dipakai kembali bahkan cara tersebut juga merupakan suatu langkah agar mengurangi volume pada sampah agar sampah tidak terlihat menumpuk.
  • Daur ulang sampah : jika wadah plastik ataupun karton tidak bisa digunakan untuk berkali-kali namun anda bisa mendaur ulang sampah dari jenis sampah lainnya. Seperti kaleng bekas cat yang bisa anda manfaatkan sebagai pengganti pot bunga, bungkus deterjen yang bisa anda manfaatkan dengan membuatnya menjadi tas belanja yang sederhana namun bisa bermanfaat. Masih banyak sampah sampah yang bisa anda temukan yang memiliki potensi untuk didaur ulang menjadi suatu benda yang aman dan tidak berbahaya jika digunakan kembali.
  • Melakukan kerja bakti di lingkungan sekitar : jika anda peduli terhadap kebersihan pada lingkungan sekitar anda tidak ada salahnya untuk anda mengajak tetangga ataupun warga kompleks yang berada di sekitar lingkungan anda untuk melakukan kerja bakti. Mungkin di lingkungan sekitar anda sudah ada petugas kebersihan yang setiap saat membersihkan wilayah lingkungan tempat tinggal anda namun dengan anda kerja bakti antar warga sangatlah penting karena bisa membersihkan sudut-sudut yang ada di kompleks yang mungkin tidak terjangkau oleh petugas kebersihan. Sehingga lingkungan sekitar anda akan terlihat bersih dan kesehatan masyarakat pun terjamin. Selain itu dengan anda bekerja bakti dengan warga sekitar bisa menjalin silaturahmi.
  • Menutup saluran pembuangan air : jika di depan rumah anda terdapat saluran pembuangan air sebaiknya anda bisa menutup saluran pembuangan air tersebut agar tidak kotor karena sampah yang berasal dari jalanan. Di mana saluran air yang terbuka pastinya akan lebih mudah dipenuhi oleh sampah yang berterbangan dari jalanan yang ada di depan rumah anda. Hal tersebut mengakibatkan saluran air menjadi kotor dan penuh dengan sampah. Jika saluran air penuh akibat dari sampah tersebut maka pada saat musim hujan dan air yang ada di dalam saluran tersebut akan luber ke jalanan yang mengakibatkan banjir. Bahkan saluran pembuangan air yang terbuka juga bisa berakibatkan nyamuk menjadi bersarang dan bisa meningkatkan resiko penularan penyakit demam berdarah.
  • Melakukan penghijauan : anda bisa membuat lingkungan sekitar anda menjadi bersih dan asri dengan anda melakukan penghijauan pada lingkungan sekitar. Anda juga bisa mengajak para warga untuk bersama-sama melakukan penghijauan dengan menanam pohon ataupun tumbuhan lainyyang bisa menghilangkan lingkungan sekitar. Karena dengan banyaknya tanaman yang berada di lingkungan anda maka bisa membuat kesehatan masyarakat terjamin dan bisa menghindari resiko pencemaran udara. Untuk menjaga kebersihan lingkungan yang benar sebaiknya jangan hanya melakukan penghijauan saja tetapi anda bisa juga membersihkan daun-daun yang berguguran setelah proses penghijauan tersebut.
  • Jangan pernah ragu untuk memungut sampah yang ada di jalan : jika anda sedang jalan di lingkungan sekitar dan anda menemukan botol plastik bekas ataupun bungkus makanan sebagai orang yang peduli terhadap kebersihan pada lingkungan maka anda bisa mengambil sampah tersebut dan membuangnya pada tempat yang benar yang mungkin sudah disediakan di lingkungan tersebut. Jangan anda berpikir bahwa sampah tersebut bukan milik anda sehingga hal tersebut bukan menjadi tanggung jawab anda untuk membuang sampah pada tempat sampah. Sebenarnya siapa pun berkewajiban untuk bisa bertanggung jawab atas kebersihan lingkungannya masing-masing sehingga jangan pernah ragu untuk memungut sampah saat anda sedang berjalan di lingkungan sekitar dan membuangnya di dalam tempat sampah.
  • Sosialisasi mengenai pentingnya menjaga kebersihan : jika masyarakat sekitar masih ada yang belum memahami tentang pentingnya menjaga kebersihan pada lingkungan anda bisa melakukan sosialisasi dengan mendatangkan pakar yang bisa menjelaskan seputar pentingnya bagaimana untuk menjaga kebersihan pada lingkungan. Dengan anda menjaga kebersihan pada lingkungan sekitar tempat tinggal akan membuat lingkungan menjadi lebih nyaman dan enak untuk dilihat. Dengan kebersihan lingkungan bisa menjamin kesehatan apalagi ada pepatah bilang kebersihan merupakan sebagian dari iman. Langkah pertama untuk bisa menjaga kebersihan lingkungan sebenarnya harus bisa dimulai dari kebersihan diri sendiri dan tempat tinggal anda. Sehingga dengan hal tersebut anda akan bisa menjaga kebersihan lingkungan yang ada di sekitar anda. Sebaiknya anda juga bisa mengajak warga sekitar agar mereka juga turut membantu dalam menjaga kebersihan lingkungan yang ada di sekitar tempat tinggal anda.
pexels.com

Kesehatan adalah suatu investasi untuk bisa mendukung pembangunan ekonomi dan memiliki peran yang sangat penting untuk mengupayakan penanggulangan kemiskinan. Jadi untuk bisa meningkatkan kualitas sumber daya pada manusia harus bisa membuat suatu investasi dengan pembangunan kesehatan. Karena dalam pengukuran indeks pembangunan manusia kesehatan merupakan salah satu komponen yang paling utama selain pendidikan dan pendapatan. Di mana kesehatan merupakan suatu keadaan yang sejahtera dari badan jiwa dan sosial yang bisa memungkinkan setiap orang untuk hidup produktif secara sosial ataupun ekonomi.

Biasanya kondisi umum pada kesehatan dipengaruhi dari berbagai faktor seperti lingkungan pelayanan kesehatan dan perilaku. Pelayanan kesehatan biasanya dipengaruhi dari berbagai faktor seperti ketersediaan dan mutu fasilitas dari pelayanan kesehatan obat dan perbekalan kesehatan, tenaga kesehatan, pembiayaan dan manajemen kesehatan. Fasilitas pelayanan kesehatan seperti Puskesmas yang sudah diperkuat dengan Puskesmas pembantu puskesmas keliling bahkan sudah banyak tersedia di seluruh wilayah yang ada di Indonesia apalagi pada saat ini Puskesmas di seluruh Indonesia sudah mencapai 7550 unit untuk Puskesmas Pembantunya 22.002 unit dan untuk Puskesmas yang berkeliling 6132 unit. Fasilitas pelayanan pada kesehatan memang sudah terdapat pada semua Kecamatan namun untuk keterjangkauan pelayanan kesehatan tersebut mungkin masih menjadi kendala bagi masyarakat. Banyak masyarakat yang tidak bisa menjangkaunya yang terkait dengan biaya ataupun jarak transportasi.

pexels.com

Tantangan yang sering terjadi dalam pembangunan kesehatan masyarakat

Mungkin pada saat ini Indonesia masih memiliki beberapa masalah pada kesehatan masyarakat yang harus mendapatkan perhatian lebih benar dari semua pihak karena nantinya akan mendapatkan dampak untuk mempengaruhi kualitas bahan baku dari sumber daya manusia yang ada di Indonesia di masa yang akan datang. Berikut ini beberapa permasalahan dan tantangan yang biasanya dihadapi pada saat pembangunan kesehatan seperti :

  • Status kesehatan penduduk miskin yang semakin rendah
  • Adanya beban dari ganda penyakit yang di mana pola penyakit yang diderita oleh masyarakat yaitu penyakit infeksi yang bisa menular dan pada waktu yang bersamaan terjadi peningkatan penyakit yang mungkin tidak menular sehingga dengan hal ini Indonesia menghadapi beban yang ganda pada waktu yang bersamaan.
  • Kualitas pemerataan dan keterjangkauan pelayanan kesehatan yang mungkin masih sangat rendah.
  • Adanya keterbatasan pada tenaga kesehatan dan saat pendistribusiannya pun tidak bisa merata.
  • Adanya perilaku masyarakat yang masih kurang mendukung tentang pola hidup bersih dan sehat.
  • Kinerja pelayanan kesehatan yang masih sangat rendah.
  • Rendahnya kondisi kesehatan pada lingkungan juga bisa mempengaruhi masalah kesehatan. Karena kesehatan pada lingkungan adalah salah satu kegiatan lintas sektor yang mungkin belum dikelola dalam suatu sistem kesehatan kewilayahannya.
  • Masih lemahnya dukungan pada peraturan perundang-undangan kemampuan sumber daya pada manusia standarisasi penilaian hasil penilaian produk pengawasan dari obat tradisional kosmetik produk terapi obat asli dari Indonesia dan sistem informasi. Di mana paradigma dapat berkembang untuk hasil pemikiran dalam kesadaran pada manusia terhadap informasi yang diperoleh secara baik dari pengalaman ataupun penelitian. Dengan adanya era reformasi yang ada di Indonesia sudah berubah menjadi pola pikir dan konsep dan strategi pembangunan kesehatan untuk mendapatkan bentuk paradigma yang sehat.

Jadi dengan anda mengetahui permasalahan yang ada anda bisa memperlajarinya untuk bisa membentuk suatu pembangunan kesehatan. Jadi anda harus bisa menjaga kebersihan pada lingkungan anda untuk mendapatkan hidup yang sehat. Jadi untuk upaya kesehatan harus memerlukan program kesehatan yang lebih efektif seperti program kesehatan yang memiliki model pembinaan kesehatan sebagai suatu paradigma pembangunan kesehatan yang sangat diharapkan untuk bisa menjawab tantangan dan dapat memenuhi program dalam upaya kesehatan. Model ini biasanya untuk mengupayakan kesehatan dan memiliki ciri sebagai berikut :

pexels.com
  • Harus bisa mempersiapkan bahan baku sumber daya pada manusia yang memiliki kualitas untuk 20 sampai 25 tahun yang akan datang.
  • Harus bisa meningkatkan produktivitas sumber daya pada manusia yang ada.
  • Harus bisa melindungi masyarakat yang luas dari pencemaran melalui upaya promotif preventif protektif dengan pendekatan yang proaktif.
  • Bisa memberikan pelayanan kesehatan yang paling dasar bagi orang yang sakit.
  • Mengadakan promosi kesehatan yang memungkinkan penduduk untuk bisa mencapai potensi kesehatan secara penuh.
  • Bisa melakukan pencegahan dari segala penyakit melalui imunisasi bagi ibu hamil, bayi, anak dan juga bisa melindungi masyarakat dari pencemaran.
  • Adanya pengendalian, pencegahan, penanggulangan, pencemaran lingkungan bahkan perlindungan masyarakat terhadap pengaruh lingkungan yang buruk seperti melalui perubahan pada perilaku.
  • Adanya pergerakan untuk peran serta masyarakat.
  • Menciptakan lingkungan yang bisa membuat masyarakat dapat hidup dan bekerja secara sehat.
  • Adanya pendekatan multi sektor dan inter disipliner.
  • Adanya pengembangan pada kebijakan yang bisa memberikan perlindungan pada kepentingan kesehatan bagi masyarakat luas seperti tidak merokok pada tempat umum.
  • Mengadakan penyelenggaraan pelayanan kesehatan dasar bagi masyarakat sekitar.

Dengan anda mengunjungi inibagus anda bisa mendapatkan pengetahuan mengenai upaya untuk bisa menjaga kesehatan.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *