Langkah dan Strategi Ampuh Mengatur Keuangan Rumah Tangga

Umum

Bagi yang sudah berkeluarga tentunya menyadari bila anggaran untuk keuangan rumah tangga tidaklah sedikit. Ditambah lagi untuk mengatur keuangan tersebut juga tergolong sulit untuk dilakukan. Bila Anda tidak pandai mengatur keuangan di rumah tangga maka yang terjadi adalah akan kehabisan uang diakhir bulan ataupun tidak bisa memenuhi kebutuhan mendesak yang diperlukan.   Maka dari itulah Anda harus mengetahui bagaimana langkah-langkah serta strategi ampuh mengatur keuangan tersebut.  Seluruh langkah dan strategi ampuh mengatur keuangan di rumah tangga ini tidaklah sulit untuk aplikasikan ataupun memerlukan waktu lama sehingga Anda tidak perlu khawatir sama sekali.

Langkah-Langkah Mengatur Keuangan di Rumah Tangga

Informasi pertama-tama yang harus Anda ketahui mengenai pengaturan keuangan di rumah tangga adalah langkah-langkah pengaturannya. Terdapat beberapa langkah yang mesti dilakukan secara runtut oleh Anda. Adapun berbagai langkah-langkah yang dimaksud adalah sebagai berikut:

  1. Mengkalkulasi Semua Pendapatan yang Diperoleh

Langkah awal yang harus Anda lakukan dalam upaya mengatur keuangan di rumah tangga adalah mengkalkulasikan seluruh pendapatan yang diperoleh. Seluruh pendapatan yang dimaksud ini asalnya dari suami dan istri mulai dari penghasilan tambahan, hasil investasi, gaji bulanan, umah kerja lembur dan sumber pendapatkan lainnya yang didapatkan dalam rumah tangga.  Tujuan dari dilakukannya kalkuklasi semua pendapatan ini adalah tahu seberapa besar uang yang dipunyai dan untuk dibagi ke  berbagai kebutuhan yang dipunyai. Tentunya kegiatan kalkulasi semua pendapatan yang diperoleh ini sama seperti Standar Operasional Prosedur alias SOP sebuah perusahaan dalam mengatur keuangan pula.

pxhere.com
  1. Menyusun Rencana Pengeluaran Sebulan

Sesudah Anda mengkalkulasikan semua pendapatan yang diperoleh, maka langkah kedua mengatur keuangan rumah tangga yang harus dilakukan adalah menyusun rencana pengeluaran yang direncanakan dalam rentang waktu sebulan. Mulai dari biaya makan, biaya listrik, biaya cicilan utang, transportasi dan masih banyak lagi.

  1. Mengalikasikan Dana untuk Asuransi, Tabungan dan Investasi

Kesalahan yang sering dilakukam masyarakat dalam mengatur keuangan di rumah tangga adalah tidak menyisihkan uang untuk kegiatan asuransi, menabung dan investasi.  Padahal ketiga kegiatan ini sangatlah penting dan tidak boleh dilewatkan sama sekali. Misalnya saja tabungan yang bisa untuk membiayai hal tidak terduga, asuransi yang berguna untuk membiayai ketika terkena sakit dan investasi yang bisa menjadi tabungan di masa depan.  Setidaknya Anda harus menyisihkan pendapatan yang dipunyai sebanyak 25-30% untuk kegiatan asuransi, menabung dan berinvestasi.

  1. Melakukan Evaluasi Bulanan

Setelah sebulan berlalu dari rencana pengeluaran yang telah Anda susun pada langkah kedua pengaturan keuangan di rumah tangga, silahkan segera lakukan evaluasi bulanan. Pergunakanlah catatan pengeluaran beserta rencananya dan kalkulasi seluruh pendapatan yang diperoleh.  Disini Anda akan mengetahui berhasil atau tidaknya usaha untuk mengatur keuangan di rumah tangga. Apabila yang terjadi adalah tidak berhasil, Anda pastinya bisa melihat dimana letak kesalahan yang seharusnya tidak dilakukan.  Dengan begitu di bulan depan bisa memperbaiki sehingga mampu lebih baik lagi dalam mengatur keuangan di rumah tangga.

pxhere.com

Strategi Ampuh Mengatur Keuangan di Rumah Tangga

Strategi ampuh dalam mengatur keuangan di rumah tangga ini tidak boleh dilewatkan walaupun sudah melakukan berbagai langkah yang telah dijelaskan. Pasalnya dengan strategi ampuh ini dijamin Anda akan mampu benar-benar berhasil mengatur keuangan dengan baik. Berikut adalah strategi ampuh dalam mengatur keuangan rumah tangga yang harus Anda ketahui:

  1. Harus Mampu Membedakan Antara Keinginan dan Kebutuhan

Banyak orang tidak bisa membedakan antara kebutuhan dan keinginan sehingga menjadi boros pengeluaran akibat hal tersebut. Maka dari itulah Anda harus pandai dan cermat membedakan mana hal yang benar-benar dibutuhkan dengan hal yang diinginkan.  Jangan sampai Anda banyak menghabiskan uang untuk kebutuhan tersier dibandingkan dengan kebutuhan sekunder yang lebih penting dalam kenyataanya.

  1. Tetap Cermat dalam Menjaga Rasio Utang

Strategi ampuh dalam mengatur keuangan di rumah tangga adalah tetap cermat dalam menjaga rasio utang. Hal ini sangatlah berguna agar keuangan  tetap dalam kondisi stabil. Intinya adalah Anda tidak boleh mempunyai utang yang melebihi sebanyak 30% dari penghasilan utama yang dipunyai.  Pasalnya bila ternyata lebih dari jumlah ini akan membuat seluruh pendapatan yang dipunyai habis untuk membayar utang tersebut.

  1. Tentukan Tujuan Keuangan

Dengan Anda mempunyai tujuan keuangan maka akan secara sadar  berhemat dalam keuangan di rumah tangga. Tujuan keuangan ini akan membuat  motivasi dan semangat tersendiri yang tentunya begitu penting bila Anda ingin mencapai hal yang lebih besar.  Misalnya saja tujuan keuangan untuk mempunyai rumah baru dan masih banyak lagi.

pxhere.com
  1. Jangan Mudah Tergoda untuk Belanja

Tidak boleh terlalu mudah untuk tergoda belanja adalah strategi ampuh keempat yang harus Anda lakukan dalam mengatur keuangan di rumah tangga. Hal ini harus mampu diterapkan karena akan berdampak baik. Biasanya yang sulit untuk melakukan strategi ini adalah para wanita yang mempunyai hasrat berbelanja tinggi.

Itulah tadi merupakan langkah-langkah beserta strategi ampuh mengatur keuangan di rumah tangga yang harus Anda ketahui lalu lakukan. Silahkan Anda pahami setiap langkah dan strateginya agar mampu mengaplikasikannya dengan baik dan akhirnya mendapatkan keuntungan yang besar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *