Mengenal Konstruksi Baja WF dan Kelebihannya

teknologi

Beberapa tahun belakangan telah terjadi pergeseran tren dari desain rumah mewah di pusat kota menjadi rumah-rumah yang lebih sederhana terutama di kawasan semi urban. Solusi cerdas pembangunannya ialah menggunakan struktur baja yang stylish, ramping serta mudah dikerjakan.

 

Mengapa Harus Konstruksi Baja WH?

 

Rumah dua lantai yang menggunakan rangka baja kokoh serta panel AAC ringan di lantainya tengah populer terutama di kalangan masyarakat perkotaan yang tengah mencari alternatif ekonomis, efektif serta tetap ramah lingkungan. Pemilik rumah juga mendapat keuntungan lain dari pemilihan konstruksi baja WF, yaitu pencapaian renovasi yang mudah serta hemat biaya.

 

Struktur baja yang berkualitas akan memungkinkan kita dalam memperpanjang usia rumah melalui penambahan paviliun terbuka serta rumah-rumah kaca yang modis dan kontemporer. Struktur ini telah mengubah wajah industri konstruksi sejak 2005. Sistem yang inovatif ini memungkinkan kita untuk membangun secara cepat dan akurasi tepat.

unsplash.com

Pada struktur baja serta panel lantai, kita akan dapat membangun rumah tanpa mengalami kendala cuaca. Hal ini tentu membuatnya semakin efektif dalam mendirikan sebuah bangunan. Rumah bukan sekedar empat dinding dan atap, namun juga ruang unik di mana ada momen bersama keluarga.

 

Struktur kolom baja ialah sistem konstruksi baja yang dipatenkan sehingga memberi keuntungan unik dibanding rumah-rumah yang bangunannya tradisional, seperti kemampuan dalam membangun di area yang sulit dijangkau ataupun pada sudut yang rumit. Sistem baja akan menggabungkan keunggulan struktur tiang serta balok kolom.

 

Secara keseluruhan, proses pembangunan sebuah rumah yang terdiri dari dua lantai ini akan memakan waktu lebih singkat jika menggunakan konstruksi baja WF dibanding pembangunan rumah biasa. Apalagi dengan kemajuan teknologi di bidang konstruksi yang terus berkembang dan berinovasi sehingga terobosan barunya menghasilkan produk yang efisien serta akurat.

 

Konstruksi baja serta panel lantai juga memberi kinerja tinggi pada rumah serta tetap ramah lingkungan. Rumah akan nyaman dan hemat energi. Fitur-fiturnya pun saling terkait, seperti kualitas udara dalam ruangan hingga lingkungan struktur yang kuat, tahan api hingga mudah dibentuk dalam berbaga gaya yang diinginkan.

 

Pelat lantai dua pada rumah akan menggunakan panel lantai AAC yang kuat dan tetap ringan. Konstruksi lantai akan memberi beban dua kali lebih ringan jika dibandingkan dengan cor konvensional. Selain hemat, proses pembuatannya juga lebih cepat karena tidak menggunakan bekisting dan tidak harus menunggu sampai kering maupun proses curing.

unsplash.com

Terdapat beragam jenis baja yang bisa digunakan sebagai struktur bangunan. Masing-masingnya unik karena ditetapkan jenis bahan yang dibuatnya. Tingkat kekuatan dan fleksibilitasnya akan berbeda-beda karena terbagi dalam beberapa tingkatan. Kita bisa memilih dari industri pabrik besar atau karya seni arsitektur yang berasal dari dalam negeri.

 

Proses pembuatan baja telah berkembang dalam kurun waktu beberapa tahun. Perbaikan dalam produksi baja juga terus dilakukan sehingga ketersediaan serta keterjangkauan akan lebih besar dibanding masa yang lalu. Standar konstruksi Indonesia akan menggunakan baha profil. Banyak jenis baja yang digunakan sebagai konstruksi karena keunggulannya.

 

Salah satu jenis baja konstruksi yang biasa digunakan di karyatukang.com ialah baja Wide Flange atau disingkat WF. Baja ini biasa digunakan sebagai kantilever kanopi, balok, kolom, top & bottom chord, tiang pancang, composite beam dan masih banyak lagi. Karakteristiknya serta keunggulan yang dimiliki membuatnya banyak disukai.

unsplash.com

Keunggulan Konstruksi Baja Dibandingkan Kayu

 

Selain baja, kayu memang sering digunakan sebagai material konstruksi rumah, namun rupanya konstruksi baja dari karyatukang.com tak kalah memiliki kelebihan. Jika kita masih ragu menggunakan bahan sebagai konstruksi bangunan rumah, berikut adalah beberapa keunggulan dari konstruksi baja dibandingkan konstruksi kayu.

 

  1. Lebih Ringan Dari Konstruksi Kayu

Jika baja dan kayu sama-sama dipotong dalam ukuran tertentu yang besarnya sama, maka baja akan lebih berat dibanding kayu. Akan tetapi, ternyata konstruksi baja memiliki bobot yang lebih ringan dibanding kayu, terutama jika kita lihat dari karakteristiknya. Desain pondasi rumah atau struktur bangunan yang menggunakan baja akan lebih mudah dan hemat biaya.

 

  1. Konstruksi Baja Lebih Stabil

Beban mati yang ada pada konstruksi baja akan lebih kecil sehingga dapat menopang diri sendiri di bangunan yang luas atau tinggi. Konstruksi baja akan jadi solusi saat ingin membangun rumah pada tanah yang labil di mana kita tidak perlu khawatir akan kualitas dari konstruksi bajanya. Kualitas konstruksi baja tidak akan berubah sehingga lebih tahan lama.

 

  1. Konstruksi Baja Dapat Dibangun Lebih Cepat

Apabila pembangunan rumah akan dilakukan dalam waktu singkat, maka konstruksi baja akan dapat digunakan sebagai andalan. Pasalnya, baja terbuat dari struktur tinggi yang mudah dibentuk, sehingga konstruksinya akan dapat dibuat dalam waktu singkat. Faktor kesalahan manusia dalam proses konstruksi akan dapat dikurangi karena kemudahan proses.

 

  1. Daktilitas Tinggi Sehingga Menjamin Keamanan

Daktilitas ialah kemampuan yang dimiliki suatu material agar dapat merenggang sehingga akhirnya putus. Baja ialah material dengan daktilitas tinggi sehingga terbilang lebih elastis serta dapat menahan beban yang berat. Konstruksi baja seperti rangka atap baja ringan akan memberi tanda-tanda pembengkokan saat beban dirasa terlalu berat sehingga tahan gempa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *