Atasi Masalah Paling Umum di Toilet Tanpa Panik

Umum

Toilet merupakan salah satu bagian terpenting dari sebuah tempat. Entah itu tempat umum maupun tempat pribadi seperti kamar misalnya. Bagaimanapun, WC merupakan tempat yang dibutuhkan setiap orang, pasalnya buang hajat merupakan aktivitas yang  tidak bisa kita tunda-tunda lagi. Di dalam kendaraan sekalipun, toilet sangatlah dibutuhkan. Menang benar, kamar kecil ini merupakan hal yang penting, namun yang tak kalah penting dalam menggunakan kamar kecil adalah kebersihannya. Apalagi jika kita menggunakan kamar kecil di tempat umum dimana banyak orang yang menggunakannya. Pasalnya, kita tidak tahu siapa saja yang telah menggunakan wc tersebut atau apakah mereka memiliki masalah kesehatan atau tidak. Selain itu masalah di wc juga kerap terjadi, misalnya mampet, bocor, dan lain sebagainya. Tentu saja hal ini akan membuat kita kurang nyaman saat sedang menggunakan kloset dan dalam keadaan ingin buang air yang tidak bisa lagi ditahan.

Jika di tempat umum kita tidak bisa membuat kondisi wc sesuai dengan yang kita inginkan, maka kita bisa membuat wc yang kita inginkan di rumah sendiri. Tentu saja kita akan lebih nyaman melakukan aktivitas di kamar mandi jika memiliki wc yang nyaman pula. Nah, untuk membuat toilet yang nyaman, kita harus mempertimbangkan hal berikut ini sebelum mulai untuk membuat kamar mandi.

pexels.com

            Pertimbangan Sebelum Membangun Toilet

Saat kita akan membangun kamar mandi atau toilet, tentunya kita harus mempertimbangkan beberapa hal. Pasalnya tidak semua bangunan memiliki tata letak yang sama. terkadang kita harus menyesuaikan dengan bentuk ruangan disebelahnya. Untuk membangun kamar mandi di rumah, beberapa hal berikut ini harus anda perhatikan karena jika tidak, mungkin kamar mandi anda akan mengalami berbagai masalah. Apa sajakah hal tersebut? mari kita simak penjelasannya di bawah ini:

  1. Fungsi

Hal pertama yang harus dipertimbangkan saat akan membangun kamar mandi tentu saja fungsinya. Ada banyak fungsi dari kamar mandi, mulai dari untuk mandi, buang air, hingga mencuci pakaian. Makanya, untuk wc juga begitu, sepertnya siapa yang menggunakan wc juga merupkan salah satu pertimbangan dalam membuat wc. Pasalnya, jika kita gunakan untuk wc pribadi, tentu ada lebih banyak pertimbangan yang harus dipikirkan dibandingkan wc umum. Misalnya saja menambahkan beberapa aksesoris yang kita butuh saat sedang beraktifitas di wc. Misalnya menyediakan keran serta gayung maupun ember serta tissue. Sedangkan untuk di tempat umum biasanya tidak selengkap wc pribadi.

  1. Pengguna

Hal selanjutnya untuk dipertimbangkan tentu saja pengguna toiletnya. Misalnya saja wc di tempat perbelanjaan yang penggunanya beragam tentu fasilitas toiletnya akan berbeda dengan wc di sekolah khusus untuk anak-anak. Dari sini bentuk kloset/wc dan desain toiletnya juga bisa ditentukan. Ada banyak jenis toilet yang bisa dipilih, mulai dariwc duduk hingga kloset jongkok. Kloset jongkok memang untuk sekarang sudah mulai tersingkirkan dengan kloset duduk. Namun, beberapa orang ada yang jauh lebih nyaman menggunakan toilet jongkok. Untuk di rumah, anda bisa pilih sesuai dengan kebutuhan anda. Tapi, untuk kloset di tempat umum, tentu saja anda harus mempertimbangkan jenis kloset yang digunakan. Sebagian besar toilet di tempat umum cenderung menggunakan kloset duduk karena lebih cocok untuk semua umur. Selain itu kloset duduk juga jauh lebih praktis. Untuk menyiram dan membersihkan kotoran bisa dilakukan dengan tombol otomatis.

  1. Lokasi toilet

Pertimbangan lainnya adalah lokasi dimana toilet tersebut akan dibangun. Toilet biasanya berlokasi di ujung atau sudut ruangan entah itu di rumah maupun di tempat umum. Untuk di rumah tentu sebaiknya kita membuat kamar mandi yang paling dekat dengan ruangan penting seperti kamar, dapur maupun tempat untuk mencuci. Biasanya wc juga tergabung dengan kamar mandi sehingga lebih mudah untuk melakukan berbagai aktivitas kamar mandi dan wc sekaligus. Untuk wc tamu, sebaiknya lokasinya juga dipikirkan. Bagian ini sebaiknya letaknya juga tidak jauh dari ruang tamu namun letaknya tetap strategis.

  1. Jumlah penghuni

Jika di rumah kita memperhatikan jumlah penghuni, maka untuk kamar mandi di tempat umum kita harus mempertimbangakan pengunjung tempat tersebut. Hal ini untuk mengantisipasi saat dimana semua penghuni perlu menggunakan toilet dalam waktu bersamaan. Tentu saja akan merepotkan jika sebuah rumah memiliki banyak penghuni namun hanya memiliki satu wc. Pasalnya saat kita akan buang air kita tidak bisa menahannya terlalu lama. Untuk itu buatlah paling tidak dua wc jika penghuni rumah anda minimal 3 orang.

  1. Faktor lain

toilet digunakan hampir setiap hari, jadi tidak heran jika kita juga mempertimbangkan penampung kotoran. Jika penampungnya kecil, maka akan cepat penuh, dan mungkin masalah toilet mampet akan terjadi. Jika toilet sudah mampet, maka kita akan membutuhkan jasa sedot wc untuk membuat wc kita berfungsi secara normal lagi. Tentunya kita juga harus menyiapkan biaya tambahan untuk hal ini. Makanya, sebelum memutuskan untuk membangun toilet, pertimbangkan juga tempat penampungan kotoran yang tersedia. Selain itu faktor biaya pembangunan juga tidak mungkin kita abaikan. Karena bagaimanapun, membangun ruangan butuh biaya yang tidak murah, apalagi kalau desain bangunannya bagus. Tak hanya bagunannya saja, tapi juga segala fasilitas yang terdapat di dalam wc juga perlu kita pikirkan biayanya.

 

Jika sebelum kita membangun toilet kita harus mempertimbangkan hal-hal di atas, maka setelah toiletnya jadi, kita juga harus bisa merawat dan membersihkannya dengan benar. Seperti yang kita ketahui, toilet merupakan salah satu tempat dimana virus dan bakteri berkembang. Jika kita tidak bisa menjaga kebersihannya, tentu kesehatan kita bisa terganggu karena bakteri maupun virus yang tertinggal di kamar mandi. Terutama wc yang terdapat di tempat umum yang penggunanya beragam. Kita tidak dapat membatasi siapa pengguna yang bisa menggunakan wc tersebut. Makanya jika anda menggunakan toilet umum, sebaiknya berhati-hati. Dari sudut pandang pengelola wc di tempat umum, tentu saja yang harus dilakukan adalah dengan melakukan prosedur membersihkan wc yang baik dan benar. Begitu juga dengan kita yang memiliki toilet di rumah. sedangkan untuk pengguna wc umum, sebaiknya anda mempersiapkan hal-hal yang kita butuhkan saat bepergian dan terpaksa menggunakan wc umum.

pexels.com

          Menjaga Kebersihan Kamar Mandi

Kamar mandi yang lembab merupakan tempat yang paling disukai oleh bakteri dan virus, makanya sangat dianjurkan untuk selalu membersihkan kamar mandi paling tidak seminggu sekali. Di kamar mandi dimana ada banyak kotoran akan sangat berbahaya bagi kesehatan jika kita tidak rajin membersihkannya. Apalagi untuk kamar mandi di rumah yang kita gunakan setiap harinya. Nah, untuk menjaga kamar mandi dan toilet agar tetap bersih, berikut ada beberapa tips membersihkan kamar mandi dan wc dari kotoran yang bisa jadi kerak. Jadi kalau anda mau kamar mandi dan toiletnya selalu bersih, maka ikuti beberapa langkah berikut ini:

  1. Membersihkan kloset

Salah satu bagian kamar mandi yang sering terkena kotoran adalah bagian kloset. Untuk membersihkan bagian ini, ada beberapa tips yang bisa anda gunakan. Salah satunya adalah dengan memilih produk pembersih untuk kloset yang bisa aman sekaligus ampuh untuk membersihkan kotoran di kloset. Kebanyakan produk pembersih menagndung bahan keras yang jika terkena tubuh kita tidak baik, makanya agar tidak mengalami luka, gunakanlah sarung tangan karet saat sedang membersihkan kloset. Untuk hasil yang maksimal, sebiaknya saat menuangkan produk permbersih ke kloset, diamkan selama beberapa menit. Baru setelahnya sikat kloset hingga noda-nodanya hilang. Tak hanya noda biasa saja, noda kerak yang susah dihilangkan dengan sikat biasa juga bisa ikut hilang.

  1. Membersihkan lantai atau ubin

Selain bagian kloset, ubin juga merupakan bagian dari kamar mandi yang harus dibersihkan juga. Meskipun kita memakai sendal saat masuk kamar mandi, namun tetap saja lantai kamar mandi juga harus rajin dibersihkan. Kamar mandi yang bersih akan membuat kita lebih nyaman saat menggunakan kamar mandi dan wc. Untuk bagian ubin atau lantai, kita juga bisa memanfaatkan produk pembersih untuk lantai dan dinding kamar mandi. Tips yang bisa anda pelajari dalam hal membersihkan lantai kamar mandi adalah hindari penggunaan produk yang menggunakan bahan bersifat asam. Bahan asam tidak baik untuk lantai, dan bisa merusaknya jika sering digunakan. Selain itu, sumbatan yang terkadang terjadi pada saliran air ternyata bisa kita atasi dengan bahan yang ada di sekitar kita lho. Cuka dan soda kue yang dicampur, bisa anda gunakan untuk mengatasi masalah sumbatan pada saluran air tersebut.

  1. Bagian westafel

Selain kedua bagian tersebut, di rumah biasanya juga terdapat abgian westafel di kamar mandi. Untuk membersihkan bagian yang satu ini, ada beberapa tips yang bisa dipelajari. Pertama, agar proses membersihkannya maksimal, singkirkan dulu barang-barang yang ada di bagian westafel. Baru setelahnya tuangkan air panas pada bagian westafel. Air panas ini gunanya untuk merontokkan kotoran yang mengerak. Setelah didiamkan beberapa saat dan kotoran di westafel menghilang, maka langkah selanjutnya adalah mengosongkan westafelnya. Sama halnya dengan bagian lantai, kita bisa gunakan produk pembersih untuk membersihkan bagian westafel ini. Jangan lupa gosok dengan sikat agar semuanya nodanya bisa hilang. Setelah itu siram lagi dengan air bersih.

 

Nah, dengan ketiga langkah tersebut, maka kamar mandi anda akan terlihat bersih dan bebas dari kuman dan bibit penyakit. Agar kamar mandi wangi, kita bisa gunakan produk pewangi maupun pembersih yang memiliki bau yang enak. Sekarang ini produk pembersih yang dijual di pasaran juga sangat beragam. Dengan berbagai pilihan aroma yang sesuai dengan selera anda. Nah, itu dia beberapa cara membersihkan kamar mandi atau toilet anda agar selalu bersih. Selain membuat kita lebih nyaman saat berada di kamar mandi, membersihkan wc secara teratur juga bisa mencegah kuman dan bakteri berkembang. Karena seperti yang kita tahu, kamar mandi merupakan tempat dimana kotoran berada, jadi jika tidak segera dibersihkan, maka kamar mandi akan dipenuhi kerak dan kuman serta bakteri bisa berkembang dengan cepat.

 

Tentunya kita tidak ingin bukan jika kamar amndi kita kotor dan terkena penyakit yang mengganggu kesehatan tubuh. Sebelumnya kita telah membahas beberapa hal yang perlu dipertimbangkan saat akan membangun toilet, baru setelahnya kita belajar bagaimana caranya merawat dan membersihkan toilet. Bila terjadi masalah seperti wc mampet, kita dapat mengatasinya sendiri jika belum terlalu parah. Namun jika anda tidak bisa mengatasinya, maka anda bisa menggunakan jasa sedot wc malang.

 

pexels.com

            Cara Mengatasi WC Mampet

 

Sebelum memutuskan untuk menggunakan jasa sedot wc, anda bisa mencoba beberapa cara mengatasi wc mampet yang bisa anda coba sendiri di rumah. Karena bagaimanapun wc mampet merupakan salah satu masalah yang cukup merepotkan. Jika sehari saja wc di rumah mampet, tentu saja kita akan kerepotan. Makanya sembari menunggu petugas sedot wc yang kita ambil, sementara kita bisa menggunakan cara-cara berikut ini untuk mengatasi wc mampet. Berikut beberapa cara yang bisa digunakan untuk mencegah sekaligus mengatasi wc yang mampet.

  1. Dengan soda api

Cara pertama yang bisa anda gunakan untuk mengatasi wc yang mampet adalah dengan memanfaatkan soda api. Soda api yang juga dikenal dengan nama Natrium Nitroksida ini merupakan senyawa yang akan bereaksi jika terkena air. soda api akan menghasilkan gelembung-gelembung yang membantu menghancurkan benda-benda yang berada di dalam toilet dan membuat wc anda mampet. Jadi, kalau wc anda mampet, lebih baik coba gunakan soda api dahulu untuk mengatasi mampetnya.

  1. Dengan produk enzim

Cara lainnya yang bisa digunakan untuk mengatasi wc yang mampet adalah dengan memanfaatkan produk enzim yang dapat membantu mengatasi mampetnya. Untuk cara yang kedua ini, kita hanya perlu menuangkan produk enzimnya ke dalam toilet. Kloset atau wc seringkali mampet akibat adanya kotoran yang menyumbat. Entah itu kotoran kita maupun kotoran berupa tissue dan semacamnya. Nah, untuk cara yang kedua ini hanya bisa untuk mengatasi mampet akibat kotoran organik. Jika mampetnya gara-gara ada banyak sampah seperti tissue, pembalut, maupun puntung rokok, sepertinya anda harus menyiapkan cara lain.

  1. Dengan campran cuka dan soda kue

Cara yang tadi dijelaskan untuk membersihkan kamar mandi ini ternyata bisa juga digunakan untuk mengatasi mampet di kamar mandi. Nah, untuk mengatasi mampet di kloset, anda bisa mengikuti langkah berikut ini. Pertama, tuangkan air panas pada bagian lubang kloset, baru setelahnya untuk membuat kotoran organik yang ada di dalam melunak. Setelah didiamkan beberapa waktu, anda bisa mulai menggunakan campuran soda kue dan cuka ke dalam toilet. Diamkan paling tidak semalaman. Besoknya lihat apakah cara ini berhasil dengan cara menuangkan air ke dalam kloset. Jika kloset sudah tidak lagi mampet, berarti cara tersebut telah berhasil. Namun, jika cara ini tidak berhasil maka anda sebaiknya memanggil petugas sedot wc untuk mengatasi masalah tersebut untuk anda.

  1. Menggunakan alat penyedot wc

Cara selanjutnya yang bisa digunakan untuk membersihkan wc yang mampet adalah dengan menggunakan alat penyedot wc. Tentu saja untuk cara yang satu ini anda membutuhkan tenaga yang kuat. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, gunakanlah alat penyedot wc yang memiliki kemampuan menyedot yang kuat. Hal ini akan memudahkan anda dalam mengatasi masalah mampet pada wc ini.

  1. Dengan Pemutih pakaian

Ternyata pemituh pakaian tidak hanya bisa digunakan untuk memutihkan pakaian yang memiliki noda membandel saja, namun juga bisa mengatasi kotoran dalam kloset. Kotoran yang ada di dalam kloset ini merupakan penyebab utama kenapa wc anda tersumbat. Cara pengaplikasiannya cukup mudah, hanya dengan menuangkannya ke dalam lubang kloset. Untuk hasil yang lebih bagus, tambahkan juga serbuk sabun atau deterjen untuk membantu zat pemutih bereaksi secara maksimal. Jangan langsung siram dengan air, biarkan dulu beberapa saat agar kedua zat tersebut bekerja. Setelah didiamkan beberapa saat, maka siram kloset dengan air. Selain bersih, hal ini sangat ampuh untuk mengatasi wc mampet. Selain mengatasi masalah wc mampet, anda bisa juga memanfaatkan cara ini untuk mencegah kotoran dalam wc menumpuk dan menyebabkan masalah.

  1. Dengan sabun batang atau sabun cuci piring

Cara lainnya yang bisa digunakan adalah dengan memanfaatkan sabun untuk cuci piring maupun sabun mandi yang batangan. Sabun ini memiliki sensasi licin dan bisa menghilangkan noda membandel di piring. Kotoran yang membuat wc mampet sering kali karena telah menumpuk dan menjadi kerak. Makanya, anda harus mencoba cara yang satu ini karena kedua sabun tersebut dapat menghancurkan kotoran organik seperti lemak yang terdapat dalam kotoran organik. Cara penggunaan kedua sabun ini adalah dengan air cairan dari sabun cuci piring maupun sabun batangan ke dalam lubang kloset. Diamkan selama beberapa saat, biarkan sabunnya bekerja. Setelah kurang lebih setengah jam, anda bisa menyiram klosetnya dengan air. meskipun tidak mengatasi semua kotoran yang menyumbat, paling tidak cara ini bisa mengurangi sedikit kotoran yang menyumbat kloset.

pexels.com

 

Itu dia beberapa cara yang bisa anda gunakan untuk mengatasi masalah yang sering terjadi pada toilet yaitu mampet. Jika kelima cara tersebut masih tidak berhasil, maka sebaiknya anda gunakan jasa sedot wc yang sekarang dapat dengan mudah dipesan melalui hp anda. Layanan sedot wc sekarang ini sangat banyak, dan anda bisa pilih yang menawarkan layanan sekaligus harga yan bagus. Sekali lagi mari kita ingat bahwa toilet merupakan salah satu bagian terpenting dalam kehidupan meskipun terkadang kita tidak menyadarinya. Namun, tetap saja kita tidak dapat mengingkari bahwa fungsi kamar mandi adalah sangat penting, Begitu pula dengan pentingnya merawat sekaligus membersihkan kamar mandi. Salah satu cara terbaik untuk membuat tubuh kita tetap sehat adalah dengan membiasakan gaya hidup sehat. Makan makanan bergizi, rajin olahraga, dan yang tak kalah penting adalah menjaga kebersihan lingkungan sekitar kita. Bagaimanapun lingkungan memegang pengaruh yang sangat penting terhadap kesehatan tubuh kita.

 

Untuk wc dirumah, mungkin anda bisa membersihkannya sendiri. Namun, beda halnya dengan wc di tempat umum yang dipakai oleh banyak orang, tentunya kita harus berhati-hati saat menggunakannya. Untuk masalah ini, anda bisa membawa tisu maupun antiseptik setiap kali keluar rumah. hal ini akan membantu agar bakteri yang mungkin ada di wc umum tidak langsung masuk ke dalam tubuh anda. Bagaimanapun menjaga tubuh dari berbagai polusi yang ada di luar rumah merupakan hal yang paling sulit. Kita bisa mulai dengan cara yang paling mudah yaitu selalu menjaga kebersihan kamar mandi di rumah maupun menggunakan kamar mandi di tempat umum dengan baik. Toilet merupakan salah satu tempat dimana kita bisa dengan mudah tertular berbagai penyakit dan berbagai masalah merepotkan lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *