Ingin Membangun Rumah Ideal? Ini Dia Tipsnya

Umum

Siapa yang tidak ingin punya rumah nyaman dan sesuai dengan selera si pemilik. Sebagai tempat untuk beristirahat memang rumah sebaiknya dibuat senyaman mungkin dan sesuai dengan keinginan penghuninya. Banyak orang memimpikan untuk membangun rumah ideal, tapi sebenarnya apa definisi dari rumah ideal itu sendiri? Bagaimana pula cara mewujudkannya?

Standar Rumah Ideal

Standar ideal bagi setiap orang tentu berbeda. Ideal menurut Anda belum tentu ideal menurut orang lain. Tapi pada dasarnya pengertian dari rumah ideal ini sendiri adalah rumah yang telah memenuhi beberapa persyaratan terkait kelayakan berupa:

  1. Dibuat dengan konstruksi yang kuat

Rumah ideal pertama-tama harus memiliki konstruksi pondasi serta bangunan yang kuat. Ini diperlukan untuk menjamin keamanan penghuni di dalamnya. Rumah yang kokoh dapat memberikian rasa aman dan nyaman kepada penghuni karena tak perlu takut rumah runtuh tiba-tiba.

  1. Bangunan tahan lama

Syarat selanjutnya adalah bangunan bisa bertahan dalam jangka waktu yang lama. Rumah umumnya dibangun untuk dapat dipergunakan terus menerus dalam jangka waktu panjang. Oleh karena itu diperlukan pemilihan material yang tepat supaya bangunan dapat awet dan terus berdiri kokoh meskipun usianya sudah cukup lama.

  1. Memiliki keindahan

Standar keindahan sendiri berbeda setiap orangnya, yang penting bangunan rumah dapat terlihat baik dan memberikan suatu rasa kebanggaan tersendiri bagi sang pemilik. Keindahan ini juga dapat menambah nilai bangunan apabila digunakan untuk berinvestasi.

  1. Memenuhi standar kesehatan

Manusia hidup haruslah menajga kesehatan badan serta lingkungan. Hal ini juga harus dipenuhi oleh sebuah rumah tinggal. Sebuah rumah hendaknya dibangun dengan memperhatikan berbagai aspek kebersihan seperti adanya toilet, saluran pembuangan yang tepat, pencahayaan rumah dan berbagai aspek lain yang mendukung.

pxhere.com

Tips Membangun Rumah Ideal

Keempat syarat tadi perlu dipenuhi agar sebuah rumah dapat dikatakan ideal. Sebelum mulai membangun kediaman ideal ada beberapa tips yang bisa dilakukan, diantaranya:

  • Perhitungkan berapa jumlah orang yang akan tinggal di dalam rumah

Sebelum membangun rumah sebaiknya hitung dulu berapa orang yang akan menghuninya untuk menyesuaikan jumlah ruangan yang akan dibuat. Jumlah penghuni ini nantinya dapat digunakan untuk menyesuaikan ukuran rumah dan jumlah kamar yang akan dibangun.

Misalnya keluarga kecil dengan 2 anak akan membutuhkan 3 kamar tidur plus satu kamar tidur untuk asisten rumah tangga. Jumlah ruangan yang cukup juga menjadi salah satu yang menentukan kenyamanan penghuni dan menjadi indikator rumah ideal.

  • Buat desain yang tepat

Merencakan desain rumah sebaiknya diserahkan kepada tenaga yang ahli di bidangnya agar rumah dapat ditata dengan baik sesuai dengan kaidah yang tepat. Anda bisa menggunakan jasa arsitek profesional untuk mewujudkan gambaran rumah ideal untuk Anda dan keluarga. Sampaikan keinginan Anda dan keluarga pada arsitek dan nanti keinginan Anda akan digambarkan dalam sebuah desain.

  • Survey harga material bangunan dan gunakan material berkualitas baik

Selanjutnya Anda perlu melakukan survey mengenai harga-harga material bangunan yang nantinya akan diperlukan untuk pembangunan kediaman Anda. Bandingkan harga antara satu jenis material dengan jenis lainnya dengan tetap mempertimbangkan faktor kualitas. Kualitas ini penting untuk tetap dinomor satukan untuk bisa mewujudkan syarat utama rumah ideal yaitu kuat dan kokoh.

  • Buatlah rencana anggaran

Membangun sebuah rumah tentu membutuhkan dana yang tidak sedikit. Sebaiknya buatlah rencana anggaran yang detail mengenai keseluruhan proyek yang akan Anda kerjakan. Anda bisa meminta arsitek untuk membuatkan rencana anggaran ini karena arsitek tentu lebih mengerti tentang semua pos-pos pengeluaran yang dibutuhkan.

Sesuaikan rencana anggaran tersebut dengan kesiapan dana yang Anda miliki. Jangan membuat perencanaan rumah dengan pembiayaan yang jauh dari kemampan finansial Anda. Hal ini bisa membuat proses pembangunan terhambat dan terbengkalai karena habisnya biaya.

pxhere.com
  • Pilih tenaga kerja yang profesional

Setelah dibuat desain yang baik oleh arsitek langkah selanjutnya adalah mulai merealisasikan proses pembangunannya. Anda perlu memilih tenaga-tenaga kerja yang ahli di bidangnya untuk dapat mewujudkan desain rumah ideal Anda menjadi nyata. Tenaga kerja ini juga akan sangat berpengaruh pada kecepatan proses pembangunan dan tentunya kualitas dari bangunan yang dihasilkan.

Pilihlah tukang dan juru bangunan yang berpengalaman dengan hasil pekerjaan yang baik dan rapi. Selain itu pilih pula tukang serta juru bangunan yang dapat dipercaya supaya keamanan proyek rumah Anda pun terjamin dengan baik.

  • Awasi proyek pembangunan

Langkah terakhir adalah terus mengawasi proyek pembangunan dengan teliti setiap harinya. Anda perlu memantau langsung ke lokasi untuk memastikan semua proses berlangsung sesuai dengan rencana. Pemantauan ini juga dilakukan untuk mengantisipasi adanya tenaga kerja yang nakal dan tidak bekerja sesuai dengan yang seharusnya.

Anda perlu bersikap tegas kepada para tenaga kerja supaya pekerjaan bisa selesai sempurna dan tepat pada waktu yang telah direncanakan.

Ada banyak sekali proses yang dikerjakan ketika membangun rumah ideal. Salah satunya adalah trowel lantai. Gunakan jasa trowel lantai yang terpercaya dan berpengalaman untuk menghasilkan lantai yang baik dan sesuai standar. Mempercayakan urusan lantai pada jasa trowel lantai ini dapat membantu mempercepat proses penyelesaian proyek pembangunan rumah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *