Cara Tepat untuk Membuat Para Jemaah Masjid Nyaman

Islam

Berbicara mengenai masjid, tentunya tidak bisa terlepas dari para jemaah bukan? Yap betul sekali, jemaah masjid adalah sekelompok orang yang sedang melakukan ibadah di masjid atau menjadi jemaah atau makmum sebuah ibadah di masjid seperti misalnya sholat, pengajian, dan masih banyak lagi. Di Indonesia, mayoritas masjid rata-rata digunakan sebagai salah satu fasilitas umum yang bisa digunakan seluruh masyarakat secara umum untuk beribadah sebagaimana mestinya yang mana merupakan suatu kewajiban bagi umat beragama islam. Pada hakikatnya, masjid memang harus dijadikan sebagai tempat umum yang bisa diakses dan digunakan oleh banyak masyarakat bukan? Walaupun itu milik suatu lembaga atau forum sekalipun.

Dengan hal itu, adanya masjid harus bisa mewadahi semua kepentingan dan memenuhi semua kebutuhan masyarakat dalam beribadah bukan? Seperti misalnya menyediakan sarana dan prasarana serta alat-alat pendukung ibadah lainnya seperti mukena, sajadah, Al-Quran dan masih banyak lagi, guna memperlancar berlangsungnya kegiatan peribadahan.

Selain itu, dengan adanya masjid juga harus bisa memberikan rasa nyaman bagi para jemaahnya. Karena apabila jemaah sudah merasa nyaman, maka ibadah juga akan berjalan dengan khusyuk dan serius. Berikut adalah beberapa cara yang bisa digunakan untuk membuat para jamaah masjid nyaman

pixabay.com

Cara Menciptakan Kenyamanan Para Jamaah Masjid oleh Pengurus Masjid

  1. Menciptakan tempat penitipan barang-barang berharga yang dibawa jemaah, kalo perlu disediakan juga nomor penitipan dan penjaga agar para pengunjung dapat merasa tenang saat beribadah dan meningkatkan keamanan masjid.
  2. Menciptakan fasilitas masjid senyaman mungkin, seperti salah satu contohnya yaitu karpet masjid tebal agar para jamaah dapat nyaman dalam beribadah karena tidak terlalu terasa apabila bersinggungan langsung dengan lantai, tapi tentunya harga karpet masjid tebal relatif lebih mahal ya. 🙂
  3. Menjaga kebersihan masjid, dilakukan dengan membersihkan secara teratur. Seperti misalnya membuat jadwal dalam menyapu, mengepel, membersihkan karpet, gorden, dan masih banyak lagi. Selain itu, kebersihan tempat wudhu atau kamar mandi juga harus tetap dijaga agar tetap bersih.
  4. Menjaga kelancaran air, agar tidak mengganggu proses wudhu dan mck bagi para pengunjung.
  5. Menjaga kebersihan alat-alat ibadah, seperti mukena dan sajadah. Lakukan pencucian secara berkala supaya pengunjung atau jamaah yang datang merasa nyaman menggunakan fasilitas atau alat-alat ibadah yang disediakan.
  6. Menjaga keamanan masjid, baik luar maupun dalam masjid. Hal ini dilakukan agar dapat meminimalisir terjadinya tindakan kriminal seperti salah satunya yaitu pencurian sandal atau sepatu yang mana kerap dijumpai di beberapa masjid pada umumnya.

Beberapa cara diatas merupakan cara-cara yang dapat dilakukan oleh para penjaga atau pengurus masjid untuk dapat membuat para jamaah masjid nyaman dalam melakukan dan melaksanakan segala bentuk ibadah di dalam masjid.

Disamping itu, terdapat juga berbagai cara yang dapat dilakukan untuk dapat membuat para jemaah masjid nyaman yang bisa dilakukan sendiri oleh para jemaah atau para pengunjungnya. Simak uraian dibawah ini

pixabay.com

Cara yang dapat Dilakukan oleh Pengunjung atau Jemaah untuk dapat Mewujudkan Rasa Nyaman Saat Beribadah di Masjid

  1. Menjaga sendiri barang berharga bawaannya, apabila tidak disediakan tempat penyimpanan atau tempat penitiapn barang. Maka barang bawaan berharga pastikan selalu berada di dekat Anda, baik Anda sedang melakukan wudhu atau pun sholat bahkan ibadah lain sekalipun.
  2. Mengingat betul barang-barang Anda, seperti misalnya sandal atau sepatu dan barang lain yang notabene tidak dibawa masuk ke masjid. Jangan sampai tertukar bahkan hilang atau berpindah tangan. Selain itu, Anda juga bisa menyimpannya sendiri di suatu tempat khusus yang sekiranya aman.
  3. Bawalah barang seperlunya saja, apabila Anda sedang berada di dalam masjid.
  4. Jangan mudah percaya untuk menitipkan barang bawaan Anda terhadap orang lain atau bahkan orang yang notabene sama-sama beribadah dengan Anda di masjid, apabila Anda tidak mengenalnya dengan baik.

Itulah beberapa cara yang bisa Anda lakukan sendiri atau oleh diri Anda untuk dapat menciptakan rasa nyaman dan tenang saat beribadah. Sehingga, ibadah Anda bisa khusyuk dan maksimal.

pixabay.com

Untuk mewujudkan rasa nyaman bagi para jemaah yang sedang melaksanakan ibadah di masjid, apapun itu bentuk ibadahnya sebaiknya dibutuhkan koordinasi atau kerjasama yang setimpal antara dua belah pihak. Yaitu antara pihak masjid dan para pengunjungnya sendiri. Dari beberapa cara diatas bisa langsung Anda buktikan sendiri, terutama bagi Anda yang sering-sering bepergian dan tentunya juga tidak jarang melakukan ibadah sholat atau mampir di suatu masjid yang notabene bukan merupakan daerah sendiri bukan? Selain itu, bagi Anda para pengurus masjid selayaknya juga memperhatikan berbagai cara-cara yang bisa dilakukan untuk membuat para jamaah masjid nyaman, tetutama bagi masjid-masjid besar dan ramai yang biasanya dikunjungi banyak pengunjung.

Selain beberapa cara diatas, tentunya juga masih terdapat banyak cara lain yang bisa Anda lakukan. Terutama untuk mewujudkan kenyamanan dalam beribadah di masjid. Yang pasti, Anda harus tetap berhati-hati dengan berbagai modus dan isu-isu yang kini banyak tetjadi dengan kedok agama dan membawa nama agama. Jadikan masjid tetap sebagai satu-satunya tempat untuk ibadah, bukan sebagai tempat untuk menyebarkan isu-isu dan berbagai motif kejahatan dan tindakan tidak terpuji lainnya.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *