20 Cara Merawat dan Memutihkan Wajah Secara Alami

Kesehatan

Setiap perempuan pasti ingin memiliki wajah yang putih dan bersih sehingga bisa memiliki daya tarik. Namun terkadang ada banyak sekali masalah wajah yang muncul sehingga membuat tidak percaya diri untuk tampil di hadapan banyak orang. Hal ini tentu saja tidak bisa dibiarkan begitu saja karena akan memberikan dampak yang buruk. Sebenarnya ada banyak sekali cara yang bisa dilakukan untuk membuat wajah terlihat lebih putih dan cerah. Ada banyak sekali produk kecantikan yang dikeluarkan dan dijual di berbagai tempat. Namun sebelum menggunakan produk tersebut maka sebaiknya memanfaatkan bahan-bahan alami sebagai cara memutihkan wajah secara alami dan aman. Dengan demikian maka bisa mendapatkan wajah yang putih bersih dengan efektif dan efisien karena biaya yang dikeluarkan tidaklah banyak.

Mengetahui Penyebab Kulit Kusam dan Berjerawat

Masalah wajah yang sering dijumpai adalah kulit kusam dan berjerawat. Masalah tersebut tentu ada penyebabnya di antaranya adalah sebagai berikut.

  1. Jarang merawat dan membersihkan wajah

Perlu diketahui bahwa langkah dasar untuk memiliki wajah yang putih bersih adalah dengan merawatnya dan membersihkannya secara teratur. Minimal adalah mencuci muka dengan menggunakan sabun wajah yang cocok. Ketika tidak rajin mencuci muka dan membersihkan wajah maka biasanya wajah akan terlihat kusam dan mudah berjerawat. Apalagi setelah menggunakan make up maka harus dibersihkan sehingga wajah akan bisa tampak bersih kembali. Ini merupakan salah satu penyebab yang biasanya menjadi pemicu kulit kusam dan jerawat.

www.pexels.com
  1. Debu dan polusi

Penyebab kulit kusam dan jerawat selanjutnya adalah debu dan polusi di lingkungan yang kemudian menempel pada kulit dan masuk dalam pori-pori kulit. Hari ini biasanya menyebabkan kulit menjadi terlihat lebih gelap dan memicu timbulnya komedo di wajah. Tentu saja masalah kulit wajah ini akan mengurangi penampilan sehingga ketika akan keluar ruangan usahakan untuk menggunakan pelindung seperti masker. Dengan demikian maka setidaknya bisa mengurangi kemungkinan untuk memiliki wajah yang kusam karena debu dan polusi. Perlu diketahui bahwa debu dan polisi ini memberikan pengaruh yang sangat besar terhadap kulit wajah.

  1. Produk pembersih wajah yang tidak cocok

Hal ini merupakan salah satu penyebab kulit wajah menjadi kusam dan berjerawat. Untuk memilih produk kecantikan maka usahakan untuk mengetahui tipe kulit wajah yang dimiliki. Perawatan untuk kulit berminyak dan kulit kering dan tulis aja Berbeda sehingga hal ini harus diperhatikan dengan baik. Banyak sekali orang yang salah ketika menggunakan produk kecantikan sehingga menyebabkan efek yang buruk pada kulit.

  1. Paparan sinar ultraviolet

Ternyata Sinar matahari itu akan memancarkan sinar ultraviolet yang bisa merusak kulit. Hal inilah yang menyebabkan kulit wajah menjadi kusam dan berjerawat. Ketika berada di luar ruangan dan sedang panas terik maka usahakan untuk menggunakan pelindung seperti halnya payung. Dan usahakan untuk menggunakan sunblock dan krim wajah khusus untuk mencegah paparan sinar ultraviolet matahari.

  1. Kurang nutrisi

Ketika kulit kekurangan nutrisi maka akan tampak kusam. Dehidrasi kan biasanya kulit akan terlihat pucat dan tidak segar. Untuk itu maka perlu perawatan kulit dari dalam yakni dengan mengonsumsi makanan yang memiliki pengaruh baik untuk kulit seperti halnya buah dan sayur. Perlu diketahui bahwa kulit juga membutuhkan perawatan dari dalam dan tidak hanya cukup menggunakan produk kecantikan saja.

www.pexels.com

20 Bahan Alami Untuk Memutihkan Wajah

Bagi yang ingin mengetahui cara memutihkan wajah secara alami maka ada beberapa bahan yang bisa dimanfaatkan. Bahan-bahan ini sangatlah mudah didapatkan dan harganya pun terjangkau.

  1. Jeruk nipis

Salah satu bahan alami yang bisa digunakan untuk memutihkan kulit adalah jeruk nipis. Jeruk nipis ini memiliki kandungan vitamin C dan antioksidan yang tinggi. Dengan demikian maka kulit akan menjadi di rawat dan terhindar dari adanya jerawat. Bahkan bahan alami jeruk nipis ini mampu mencerahkan wajah serta mengatasi wajah yang berminyak. Sel-sel kulit mati pun terangkat sehingga sangat direkomendasikan untuk menggunakan jeruk nipis ini sebagai bahan alami untuk mencerahkan wajah. Cara menggunakannya sangatlah mudah yakni dengan membelah jeruk menjadi dua dan mengoleskan di wajah secara merata. Setelah itu bisa didiamkan sekitar 30 menit hingga kering dan bilaslah menggunakan air bersih. Hal ini bisa dilakukan sekitar 2 sampai 3 kali dalam seminggu. Namun bagi yang memiliki kulit sensitif lebih baik tidak menggunakan jeruk nipis karena mampu menyebabkan iritasi pada kulit.

  1. Lidah buaya

Setiap orang pasti mengetahui lidah buaya atau Aloevera dan manfaatnya. Perlu diketahui bahwa zat yang ada pada lidah buaya ini mampu menghambat pembentukan melanin yang menyebabkan kulit wajah tampak lebih gelap. Tidak heran Apabila ada cukup banyak produk kecantikan wajah yang menggunakan lidah buaya pada komposisinya. Lidah buaya Ini juga mampu melembabkan kulit dan membersihkan kulit wajah dari debu dan kotoran. Cara menggunakannya sangat mudah yakni dengan mengambil gel lidah buaya di bagian tengah. Setelah itu bisa mengoleskan secara rata di kulit wajah dan mendiamkannya sekitar 15 menit. Setelah itu bisa membilas wajah menggunakan air bersih. Usahakan untuk melakukannya secara rutin ketika pagi dan juga sore hari sehingga bisa mendapatkan hasil yang optimal.

  1. Pisang

Siapa sangka bahwa buah pisang ini mampu mencerahkan kulit wajah secara cara alami. Terdapat kandungan vitamin C dalam buah pisang yang mampu digunakan untuk perawatan wajah. Buah pisang ini bisa digunakan sebagai masker dengan cara menghaluskan cukup satu buah hingga lembut dan tambahkan sekitar 1 sendok madu. Campur kan hingga merata kemudian oleskan di seluruh permukaan wajah hingga mengering kurang lebih 20 menit. Jika sudah kering maka bisa dibilas menggunakan air bersih. Lakukan cara ini secara rutin dan usahakan menggunakan masker pisang ini ketika malam hari menjelang tidur. Karena kandungan nutrisi yang ada di dalam buah pisang ini mampu membantu untuk meregenerasi sel-sel kulit wajah yang mati sehingga akan membuat wajah menjadi lebih halus.

  1. Alpukat

Ternyata buah alpukat memiliki khasiat untuk kulit yakni mampu mencerahkan kulit serta melindungi kulit dari penuaan dini. Ada cukup banyak kandungan pada alpukat seperti halnya vitamin E, vitamin C, karotenoid antioksidan. Vitamin E pada alpukat ini bisa mencegah penuaan karena paparan sinar matahari, sementara vitamin C pada buah alpukat adalah zat yang diperlukan guna membuat elastin serta kolagen sehingga kulit tetap kenyal. Cara membuat masker alpukat sangatlah mudah yakni dengan menghaluskan daging alpukat hingga lembut dan mengoleskan di permukaan wajah secara merata. Setelah itu diamkan lah sekitar 25 menit dan bilas menggunakan air bersih. Masker buah alpukat ini pada dasarnya cocok untuk semua jenis kulit. Bagi yang ingin memutihkan wajah secara alami maka bisa menggunakan buah alpukat.

  1. Pepaya

Buah pepaya juga bisa digunakan untuk perawatan kulit wajah secara alami karena mengandung enzim papain yang bisa meregenerasi kulit. Pada buah pepaya ini juga terdapat vitamin A C dan E yang mengandung antioksidan sehingga mampu menutrisi serta melembabkan kulit wajah. Bahkan buah pepaya ini bisa menjadi tabir surya secara alami untuk kulit wajah. Cara menggunakannya sangatlah mudah yaitu dengan menghaluskan buah pepaya dan gunakanlah sebagai masker selama 30 menit. Lakukanlah perawatan ini sekitar 2 sampai 3 kali dalam seminggu sehingga membuat kulit wajah menjadi putih alami.

  1. Tomat

Tamat ini memiliki kandungan antioksidan yang mampu menangkal adanya radikal bebas sehingga wajah menjadi lebih bersih. Seperti halnya pepaya tomat juga bisa menjadi tabir surya untuk meminimalisasi kerusakan wajah karena sinar ultraviolet matahari. Cara menggunakannya sangat mudah yaitu dengan menumbuk buah tomat sampai menjadi seperti bubur dan oleskanlah pada permukaan wajah secara merata. Setelah itu bisa didiamkan sekitar 30 menit dan bilaslah menggunakan air bersih. Jika melakukan cara ini secara rutin maka bisa mendapatkan hasil yang memuaskan.

  1. Jeruk lemon

Buah jeruk lemon ini memiliki kandungan vitamin C dan juga anti oksidan. Selain itu juga terdapat asam Alpha hidroksi yang bisa menangkal adanya radikal bebas pada kulit. Cara menggunakan buah jeruk lemon untuk perawatan kulit adalah dengan mengoleskan air di wajah dan membiarkannya sekitar 15 menit. Kemudian bisa membilasnya dengan air hangat. Download DJ Noka wajah akan terasa segar dan terlihat merona Karena pada dasarnya lemon adalah bahan bleaching alami. Namun bagi yang memiliki kulit sensitif usahakan untuk tidak menggunakan buah jeruk lemon ini karena bisa mengiritasi kulit.

  1. Kentang

Kentang memiliki kandungan mineral yang cukup tinggi dan bisa menjadi antibiotik untuk mencegah penuaan wajah serta bisa membantu mereka regenerasi sel-sel kulit. Kandungan antioksidan pada kentang ini juga mampu berperan untuk menghilangkan noda di wajah serta menyamarkan flek hitam sehingga wajah akan terlihat lebih sempurna. Caranya sangat mudah yakni dengan merebus kentang secukupnya dan menemukan hal tersebut hingga halus. Setelah itu campur kan lah dengan 2 sendok susu dan aduklah sampai membentuk pasta. Kemudian bisa mengoleskan pada permukaan wajah secara merata dan biarkan sekitar 30 menit. Setelah mengering kemudian bisa membilas menggunakan air bersih. Jika cara ini bisa dilakukan secara rutin maka wajah akan tampak lebih putih. Akan lebih baik jika menggunakan masker kentang ini menjelang tidur. Masker kentang ini sangat cocok digunakan untuk orang-orang yang memiliki jenis kulit wajah yang normal.

www.pexels.com
  1. Tepung beras

Perlu diketahui bahwa tepung beras ini memiliki kandungan vitamin B, tyrosinase, dan allantoin yang mampu mencerahkan kulit wajah. Apabila tepung beras ini dipadukan dengan beberapa bahan yang memiliki nutrisi tinggi maka bisa memberikan hasil yang optimal bagi kulit. Misalkan dengan mencampurkannya dengan susu dan madu. Jika ingin mencampurkan tepung beras dengan susu maka campur kan lah satu sendok makan dari tepung beras dan juga satu sendok makan susu krim hingga merata. Setelah itu usapkan di seluruh permukaan wajah lalu biarkan sekitar 15 menit sampai mengering. Jika sudah mengering maka bisa membilas wajah menggunakan air dingin. Diwajibkan untuk mencuci muka terlebih dahulu ketika akan menggunakan masker tepung beras ini. Tepung beras juga bisa dipadukan dengan mentimun yaitu dengan menghaluskan sekitar 2 sendok mentimun. Campur kan lah hingga merata dan oleskanlah pada wajah. Diamkan sekitar 10 hingga 15 menit lalu lakukanlah pijatan secara ringan dengan arah gerakan melingkar di sekitar 2 menit. Setelah itu bisa membilas wajah menggunakan air dingin sampai bersih.

  1. Mentimun

Perlu diketahui bahwa mentimun memiliki kandungan vitamin dan mineral yang tinggi sehingga mampu memberikan kesegaran pada wajah dan membuat wajah tidak terlihat kusam. Selain itu buah mentimun juga mampu menghambat terjadinya pigmentasi pada kulit dan juga bisa mengurangi lingkar hitam pada mata. Cara menggunakannya sangat mudah yaitu cukup dengan mengiris mentimun dalam ukuran yang tipis dan tempelkan di seluruh permukaan wajah. Biarkan selama sekitar 30 menit dan Basmalah dengan air bersih. Jika melakukan cerah ini secara rutin maka akan bisa memiliki wajah yang bersinar.

  1. Lobak putih

Kelompok merupakan jenis sayur yang bentuknya menyerupai wortel akan tetapi berwarna putih. Sudah banyak orang yang mencoba menggunakan lobak untuk perawatan wajah secara alami. Kalau pakai ini memiliki kandungan vitamin B kompleks, vitamin C, zinc, dan fosfor yang berfungsi untuk membuat kulit wajah tetap sehat.

  1. Kopi dan gula

Ternyata kopi yang dicampurkan dengan gula juga mampu untuk memutihkan wajah secara alami. Kopi dan gula ini dijadikan sebagai scrub di wajah, sehingga sel-sel kulit mati yang ada di wajah bisa terangkat dengan sempurna dan wajah pun tidak menjadi kusam. Caranya sangat mudah, yaitu hanya perlu mencampurkan 1 sendok bubuk kopi dengan 1 sendok gula pasir. Kemudian berilah sedikit air sampai campuran tersebut membentuk pasta. Setelah itu bisa digosokkan di wajah supaya sel kuli mati terangkat dengan sempurna. Lakukanlah dua kali dalam seminggu untuk hasil yang optimal.

  1. Strawberry

Perlu diketahui bahwa dalam strawberry terdapat ellagic yang mampu dengan efektif mengatasi flek hitam di wajah. Selain itu juga bisa membuat wajah lebih cerah dan putih secara alami. Jika ingin memutihkan wajah menggunakan strawberry, maka langkah-langkahnya sebagai berikut. Pertama, haluskanlah buah strawberry ini sampai lembut. Jika sudah lembut maka bisa mencampurkannya dengan susu sampai kental. Jika sudah tercampur rata, maka selanjutnya oleskan di seluruh permukaan wajah. Tunggulah selama 20 menit dan basuh menggunakan air bersih. Krim masker strawberry ini juga bisa dijadikan sebagai cream penghilang bopeng yang praktis.

  1. Air rendaman beras

Bagi yang ingin memutihkan wajah tanpa biaya, maka bisa menggunakan air rendaman beras. Apabila akan menanak nasi, maka tidak perlu membuang air cucian berasnya. Perlu diketahui bahwa beras ini memiliki kandungan asam ferullic dan allantoin yang mampu memutihkan kulit. Caranya sangat mudah yait dengan membiarkan air beras mengendap, dan gunakanlah air tersebut untuk masker wajah. Biarkan sekitar 20 menit dan cucilah wajah menggunakan air bersih.

www.pexels.com
  1. Putih telur

Bagi yang ingin melakukan perawatan wajah dengan biaya murah, maka bisa menggunakan putih telur. Putih telur ini ternyata mampu membuat wajah menjadi lebih kenyal serta membuatnya lebih cerah. Hal ini disebabkan karena putih telur memiliki kandungan protein yang tinggi serta sebagai sumber mikronutrien. Gunakanlah masker putih telur di seluruh permukaan wajah untuk mendapatkan wajah yang cerah. Untuk mengurangi bau yang amis, maka bisa menambahkan sekitar 1 sdm air jeruk nipis.

  1. Yoghurt

Yoghurt merupakan produk dari olahan susu. Dengan demikian maka di dalam yoghurt ini terdapat kandungan zinc dan kalsium. Zat kalsium ini sangat penting untuk memperbaiki kulit yang kering, sementara zinc mampu untuk mengatasi berbagai masalah wajah. Dalam yoghurt juga terdapat kandungan vitamin B kompleks yang bisa membuat wajah menjadi sehat dan lebih bersinar. Cara menggunakan masker yoghurt ini sangatlah mudah, yaitu dengan langsung menggunakan yoghurt tanpa rasa di seluruh permukaan wajah yang sudah dibersihkan. Setelah itu lakukanlah pijitan lembut dan biarkan selama 5 menit. Setelah itu bisa langsung dibilas menggunakan air hangat.

  1. Susu

Di wajah terdapat kolagen yang berfungsi menjaga kekenyalan kulit dan mencegah kerutan. Untuk menjaga kolagen, maka susu menjadi pilihan perawatan yang tepat, karena mengandung vitamin D yang mampu meningkatkan kolagen dan vitamin B6 yang berfungsi untuk menjaga kulit supaya tetap lembab dan sehat. Dengan demikian, maka masker susu menjadi pilihan yang tepat untuk perawatan. Cara menggunakan masker susu sangatlah mudah, yaitu dengan mencampurkan 1 sdm madu dengan 2 sdm susu segar tawar. Aduklah hingga merata dan kemudian pakaikan di seluruh permukaan wajah dan leher. Tunggu hingga 30 menit lalu bilas menggunakan air bersih.

  1. Minyak zaitun

Minyak zaitun juga bermanfaat untuk perawatan wajah. Perlu diketahui bahwa di dalam minyak zaitun terdapat kandungan asam linoleic yang mampu menjaga kadar air di wajah. Dengan demikian maka bisa mencegah keriput atau penuaan dini. Minyak zaitun juga memiliki kandungan antioksidan polifenol yang bisa melindungi sel dari ancaman kerusakan. Capurkan 1 sdm madu dengan 1 sdm minyak zaitun dan oleskan secara merata di wajah. Tunggu 15 menit dan bilas menggunakan air bersih.

www.pexels.com
  1. Cuka apel

Cuka apel ini merupakan asam, tetapi bisa membantu melakukan regenerasi sel-sel kulit mati di wajah dan mengikisnya. Dengan demikian maka memiliki khasiat yang luar biasa untuk kulit wajah, sehingga sangat cocok digunakan untuk perawatan. Selain itu, cuka apel ini juga bisa digunakan untuk mengurangi produksi minyak berlebih serta mampu meminimalisasi peradangan di kulit wajah. Cara menggunakan cuka apel untuk perawatan wajah ini sangatlah mudah, yaitu dengan mencampurkan segelas air dengan 1 sdm cuka apel. Kemudian celupkanlah kapas pada campuran cairan tersebut, lalu oleskan pada wajah secara merata. Tunggu sekitar 15 menit, kemudian bisa dibilas menggunakan air bersih.

  1. Madu

Madu memiliki banyak sekali khasiat, baik untuk kesehatan, pengobatan, maupun kecantikan. Perlu diketahui bahwa madu ini merupakan pelembab alami bagi wajah, sekaligus bisa sebagai bahan alami untuk mencerahkan kulit wajah sehingga tampak lebih putih dan halus. Madu memiliki kandungan anti-oksidan yang tinggi sehingga berfungsi untuk mengangkat sel-sel kulit mati. Cara menggunakannya sangatlah mudah, yaitu dengan mengambil 1 sdm madu dan mengoleskannnya pada wajah. Setelah itu bisa dibiarkan selama 30 menit dan bilas menggunakan air bersih.

Itulah bahan-bahan alami yang bisa digunakan untuk mencerahkan wajah. Perlu diketahui bahwa bahan-bahan tersebut mudah untuk dijumpai di sekitar dan tentunya tidak akan menyebabkan risiko yang buruk bagi kecantikan. Jika ingin mencobanya, maka bisa memilih satu bahan alami dan lakukanlah perawatan wajah secara rutin. Dengan demikian maka akan bisa mendapatkan hasil yang optimal. Anda bisa menggunakan cream penghilang bopeng untuk hasil lebih baiknya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *