Kenali Lebih Dekat Dengan Mobil Esemka

Umum

Mobil merupakan jenis kendaraan yang saat ini semakin banyak dimiliki oleh masyarakat Indonesia. Berbagai merk dan tipe mobil selalu bermunculan untuk memanjakan para pencinta otomotif. Ternyata kondisi tersebut juga digunakan oleh Indonesia untuk belajar memproduksi mobil yang diberi nama mobil esemka. Beberapa waktu lalu, nama esemka sempat booming karena mobil ini tidak hanya ditawarkan dengan harga murah melainkan juga kualitasnya yang tak kalah dengan para pesaingnya di pasaran. Bila anda penasaran dengan mobil merk esemka buatan anak negeri, maka berikut akan diberikan informasinya dalam artikel ini.

Fakta Menarik Mobil Merk Esemka

Sebelum anda mengetahui fakta seputar mobil merk esemka, sebakiknya ketahui bahwa sebelum era reformasi ternyata Indonesia sudah memiliki merk mobil nasional yang diberi nama Timor. Namun mobil Timor tersebut seolah hilang dan tak terdengar kabarnya lagi. Kini munculah mobil nasional yang juga tak kalah keren dan modern dari Timor. Merk mobil yang dinamai esemka tersebut memang digadang bisa menjadi mobil kebanggaan masyarakat Indonesia di tengah maraknya mobil asing di pasaran.

Bagi anda yang ingin tahu seputar mobil nasional esemka maka berikut ini akan dijelaskan fakta menarik mobil tersebut yang perlu anda ketahui.

pxhere.com
  1. Pernah Dianggap Mirip Mobil Tiongkok
    Munculnya mobil nasional ini memunculnya berbagai reaksi masyarakat. Bahkan hal tersebut bermula ketika mobil nasional ini dibawa oleh sebuah truk . Banyak anggapan yang bermunculan bahwa mobil tersebut mirip dengan mobil SUV buatan Tiongkok yang bernama Foday Landfort. Bahkan mobil tersebut sekilas nyaris sangat mirip dari desain pintu belakang, wiper, stop lamp sampai bumpernya. Keduanya hanya dibedakan oleh penempatan logo di body mobil.
  2. Bisa Menjadi Mobil Nasional Sesudah Timor
    Meskipun pada mulanya menuai banyak cibiran dari masyarakat, namun mobil merk Esemka ini seolah menjadi angin segar bagi dunia otomotif di Indonesia. Bahkan merk mobil ini diperkirakan akan mengangkat kembali citra mobil nasional Timor yang sempat menjadi kebanggan masyarakat Indonesia. Pastinya berbagai keunggulan ditawarkan oleh mobil ini pasti tidak kalah dari mobil merk luar negeri.
  3. Melibatkan Siswa SMK dalam Pengerjaannya
    Sesuai dengan merknya, mobil nasional ini ternyata menggandeng sisa SMK dalam proses produksinya. Dimana proses produksi mobil ini akan melibatkan siswa SMK terbaik baik itu yang masih aktif bersekolah maupun yang sudah menjadi alumni.
  4. Menggunakan Banyak Kandungan Lokal
    Produksi mobil ini tidak hanya melibatkan siswa SMK saja tetapi juga menggunakan bahan baku lokal dibandingkan impor. Hal tersebut sesuai himbauan pemerintah yang mensyaratkan bagi pelaku industri otomotif supaya menggunakan kandungan lokal sebesar 90 persen.
pxhere.com

Keunggulan Mobil Esemka

Di tengah maraknya mobil-mobil buatan luar negeri yang bermunculan dan mendominasi di tanah air, ternyata Indonesia juga tak kalah maju dalam memproduksi mobil yang nyaman dan kekinian. Seperti yang diketahui bahwa harga mobil buatan luar negeri memang tergolong sangat tinggi di pasaran. Hal tersebut membuat masyarakat kelas menengah ke atas yang bisa menjangkaunya. Melihat kondisi tersebut, Indonesia berupaya menghadirkan mobil nasional yang nyaman dengan harga terjangkau sehingga bisa dinikmati oleh berbagai kalangan. Untuk itulah mobil Esemka hadir dengan menawarkan solusi tersebut.

Sebagai merk mobil terbaru dan buatan dalam negeri, tentu pasti akan ada pihak yang meragukan kualitas mobil nasional ini. Terlebih penggunanya di tanah air yang belum banyak tentu akan semakin membuat ragu. Namun tak perlu khawatir, dibalik harganya yang murah ternyata mobil merk Esemka ini menawarkan banyak keunggulan. Berikut akan dijelaskan beberapa keunggulan tersebut yang bisa menjadi bahan pertimbangan anda.

  1. Kapasitas yang Lebih Banyak

Mobil merk Esemka ternyata merupakan mobil berkonsep SUV yang bisa menampung sekitar 7 orang penumpang. Tentu saja kapasitas tersebut lebih banyak dibandingkan mobil SUV yang ada di pasaran. Hal ini tak bisa terlepas dari ukuran dimensi mobil yang lebih jumbo dengan interior yang lega sehingga lebih banyak penumpang dan barang yang bisa diangkut.

pxhere.com
  1. Mesin yang Tangguh
    Esemka dibekali dengan mesin 1.500 cc tipe SOHC multi point injection 4 silinder mesin. Spesifikasi mesin tersebut menjadikan mobil nasional ini bisa menghasilkan tenaga 105HP dengan 5.500 RPM.
  2. Dirakit oleh Pelajar SMK
    Dengan kualitas dan performa yang cukup gahar ternyata perakitan mobil nasional ini dilakukan oleh pelajar SMK dan bukan teknisi profesional. Meskipun begitu pada pelajar SMK tersebut sudah dibekali dengan pengetahuan dan keterampilan yang mumpuni sehingga kemampuan mereka tak kalah dalam bidang otomotif.
  3. Harga yang Terjangkau
    Esemka ditawarkan dengan harga yang sangat terjangkau dibandingkan mobil buatan luar negeri. Cukup dengan mengeluarkan dana sekitar 90 juta rupiah saja, anda bisa membawa pulang mobil merk Esemka tersebut. Bagi anda yang memiliki budget terbatas, tentumobil merk SMK ini bisa menjadi pilihan terbaik untuk mewujudkan mobil keluarga anda.

Demikianlah penjelasan seputar mobil merk Esemka yang bisa menjadi wawasan baru untuk anda. Bila nanti mobil nasional yang tersebut mengalami masalah di bagian AC maka percayakan pada bengkel AC mobil. Sebab bengkel tersebut siap melayani service AC dari berbagai merk mobil.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *