Pasar Terapung Lok Baintan

travel

Menyusuri Pasar Terapung Lok Baintan

Kota Seribu Sungai, itulah julukan dari kota Banjarmasin yang terletak di Provinsi Kalimantan Selantan. Banyaknya sungai yang berada di kota ini, menjadikan sungai sebagai salah satu roda kehidupan masyarakatnya. Dalam setiap aktivitas sehari-hari pun, masyarakat tak bisa lepas dari sungai yang menjadi peran penting dalam kehidupan.

Jika kita mengunjungi Banjarmasin sendiri, tak lengkap rasanya bila tak menyempatkan waktu untuk berwisata. Salah satu travel blog yang wajib kita kunjungi adalah Pasar Terapung Lok Baintan. Pasar Terapung Lok Baintan ini terletak di Desa Sungai Pinang, Kecamatan Sungai Tabuk, Banjar atau lebih tepatnya di Sungai Martapura. Pasar Terapung Lok Baintan ini sudah cukup terkenal di Banjarmasin bahkan sampai diluar Banjarmasin sendiri karena keunikannya. Mengapa unik? Hal ini karena biasanya kita melakukan transaksi jual beli dipasar yang ada didaratan, tapi disini kita akan merasakan sensasi lain daripada yang lain yaitu berbelanja di sungai.

Yap, semua aktivitas transaksi di Pasar Terapung Lok Baintan ini dilakukan diatas sungai. Semua pedagang menjajakan barang dagangannya dengan menaiki sebuah perahu panjang dan hal ini lah yang menjadi ciri khas di Pasar Terapung Lok Baintan ini. Selain menjadi pasar untuk masyarakat sekitar, Pasar Terampung Lok Baintan juga menjadi salah satu destinasi wisata yang wajib dikunjungi jika Anda singgah di Banjarmasin.

Bagi Anda yang ingin datang kesini, juga diwajibkan nih untuk menaiki perahu panjang supaya mudah dalam melakukan transaksi di Pasar Terapung Lok Baintan.Tak hanya bisa berbelanja, kita juga bisa melepas penat sambil menyusuri aliran Sungai Martapura. Aktivitas Pasar Terapung Lok Baintan sendiri sudah dimulai sejak subuh. Dengan barang dagangan yang sudah siap diatas perahu, mereka pun mulai melakukan aktivitas berdagang.

Biasanya Pasar Terapung Lok Baintan ini akan mencapai titik keramaian pada pukul 6-7 pagi, jadi bagi Anda yang ingin leluasa berbelanja disini bisa untuk datang lebih pagi atau diatas jam 7 tersebut, tapi jangan sampai Anda datang lebih dari jam 8 karena biasanya diatas jam 8 pagi aktivitas di pasar ini sudah sepi dan banyak pedagang yang tutup.

pxhere.com

Ragam Pasar Terapung Lok Baintan

Beraneka barang ada dalam pasar ini. Mulai dari sayur mayur, buah-buahan, bumbu dapur semua lengkap disini. Kita bisa memilih semua yang kita butuhkan tanpa takut kehabisan karena tak hanya ada satu pedagang saja yang menjual satu barang, melainkan juga ada banyak.

Bagi para wisatawan pun juga tak perlu khawatir kehabisan uang, tentunya saat belanja disini kita bisa menawar harganya. Barang dagangan yang dijual disini biasanya merupakan hasil tanam dari para pedagang itu sendiri. Para pedagang di Pasar Terapung Lok Baintan jumlahnya akan membludak atau akan sangat banyak biasanya saat musim panen tiba. Jadi jika Anda ingin belanja barang secara lebih lengkap, bisa datang saat masa panen.

 

Tak hanya ada barang kebutuhan pokok ya, kita juga bisa berbelanja aneka suvenir serta pernik-pernik khas buatan para warga sekitar Sungai Martapura yang juga dijajakan di Pasar Terapung Lok Baintan ini. Jadi kita tak perlu bingung ya untuk mencari oleh-oleh untuk keluarga dirumah, cukup beli di pasar ini semuanya lengkap. Anda juga sangat direkomendasikan untuk membeli topi khas Banjar untuk dijadikan oleh-oleh untuk keluarga atau teman.

Kita juga tak perlu takut ketika rasa lapar atau haus tiba-tiba datang, karena di pasar ini juga tersedia beraneka macam makanan seperti kue khas tradisional Banjar, nasi, hingga yang wajib Anda coba yaitu Soto Banjar karena tak lengkap rasanya jika mampir ke Banjarmasin tapi tak mencicipi Soto Banjarnya yang sangat legit dan legendaris. Tentunya aneka makanan yang dijajakan di Pasar Terapung Lok Baintan ini harganya murah dan dijamin tak bikin kantong bolong. Jadi sangat pas banget ya buat kita karena bisa berbelanja sambil berwisata kuliner disalah satu ikon Kota Banjarmasin ini.

Keramahan para pedagang dan warga sekitar pun juga mejadi salah satu daya tarik bagi para pengunjung atau wisatan yang mampir kesini. Bagi Anda yang ingin belanja disini pun juga diperbolehkan untuk menyewa perahu yang disewakan oleh warga setempat, jadi kita bisa merasakan sensasinya mendayung sendiri diatas Sungai Martapura agar lebih leluasa sembari menikmati alamnya yang masih asri. Tak hanya menarik wisatawan lokal saja, tapi kita juga bisa berjumpa dengan para wisatawan mancanegara yang ikut merasakan atmosfir berbeda belanja di pasar apung. Salah satu yang biasanya membuat para wisatawan mancanegara tertarik adalah untuk mencicipi Soto Banjar yang terkenal sampai ikut mendayung perahu sendiri sambil menyusuri Sungai Martapura.

Tentunya kita juga bisa bercengkrama dengan orang-orang yang kita temui ketika berada disini, entah bersama pedagang, warga setempat atau pada sesama wisatawan yang kita jumpai. Para pedangang pun tak hanya berasal dari Desa Sungai Pinang saja, tapi tak jarang pedagang dari desa lain seperti dari daerah Sungai Paku Alam, Sungai Lenge dan Sungai Madang pun tak jarang juga hadir di Pasar Terapung Lok Baintan ini. Untuk berbelanja disini pun, kita juga bisa melakukan barter atau tukar menukar barang sesuai dengan nilai barang yang kita inginkan dan kita beli. Metode barter inilah yang biasanya sering dilakukan oleh warga setempat dalam melakukan transaksi jual beli untuk mendapatkan barang yang mereka butuhkan.

pxhere.com

Rute Menuju Pasar Terapung Lok Baintan

Untuk sampai ke lokasi pasar ini pun, kita bisa memilih dua jalur yang berbeda, yaitu bisa lewat jalur darat maupun jalur sungai. Bagi Anda yang ingin melewati jalur darat, ini merupakan akses yang paling mudah karena bisa ditempuh dengan menggunakan kendaraan pribadi maupun kendaraan umum. Jika kita menggunakan kendaraan pribadi, kita bisa langsung menuju ke lokasi pasar ini yang letaknya memakan waktu perjalanan kurang lebih selama satu jam dari pusat Kota Banjarmasin. Tapi bagi Anda yang ingin naik kendaraan umum, bisa mampir ke terminal kota Banjarmasin dan langsung naik angkutan yang menuju ke lokasi pasar dengan waktu tempuh sama-sama satu jam perjalanan saja.

Namun bagi Anda yang ingin menempuhnya dengan melewati jalur sungai, kita cukup pergi ke darmaga Kota Banjarmasin untuk naik kapal klotok yang merupakan kapal khas dari Banjar. Dari darmaga kita akan langsung diajak menyusuri Sungai Martapura sampai ke lokasi tujuan. Menggunakan jalur sungai pun memakan waktu yang lebih cepat daripada menggunakan jalur darat, yaitu hanya membutuhkan waktu sekitar 30 menit perjalanan saja. Biasanya jalur sungai ini sering dipilih oleh wisatawan karena waktu tempuhnya yang cepat dan tentunya bisa menikmati keindahan alam yang berada disekitar Sungai Martapura.

Nah itu sahabat sedikit ulasan mengenai salah satu tempat ikonik di Banjarmasin, yaitu Pasar Terapung Lok Baintan. Tentunya pasar unik ini bisa menjadi salah satu destinasi tempat yang sangat wajib Anda kunjungi di Banjarmasin. Semoga ulasan ini bermanfaat dan bisa Anda jadikan sebagai refrensi untuk berlibur. Terima kasih dan sampai jumpa diulasan berikutnya.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *