Jalur Pendakian Gunung Panderman

Gunung Panderman adalah sebuah gunung yang terletak di Kota Batu, Jawa Timur. Ini adalah sebuah gugusan pegunungan Putri Tidur yang mana terdiri dari gunung Kawi, Butak serta Panderman.

Gunung Panderman ini berada pada ketinggian 2000 mdpl. Saat pendakian, para pendaki memulainya dari ketinggian 1200 mdpl, Untuk pendakiannya, ada dua jalur yang bisa dilewati yaitu melalui dukuh Toyomerto Pasanggrahan, dan Curah Banteng. Dari ketiga jalur tersebut, jalur yang sering dilewati adalah Toyomerto meskipun jalur ini dikenal dengan medannya yang cukup suliy.

Untuk menuju bagian basecamp di desa Toyomerto, akses jalannya cukup mudah. Perjalanan di mulai dari alun-alun kota Batu kearah Barat sampai menemukan perempatan kedua kemudian belok kiri.  Ikutilah jakan sampai menemukan perempatan besar dan belik kanan hingga menemukan tulisan Wisata Gunung Panderman.

Setelah mencapai basecamp, perjalanan dilanjutkan ke arah Latar Ombo. Trek sepanjang area ini sangat menanjak. Namum pemandangannya cukup indah dan Anda bisa melihat latar ombo dari sini. Di sinilah Anda bisa mendirikan tenda.

Setelah dari Latar Ombo, maka Anda bisa melanjutkan ke Watu Gedhe. Ini juga di dominasi dengan trek tanjakan. Dari sini Anda dapat melihat pemandangan batu besar. Dari sini juga, Anda bisa melanjutkan perjalanan menuju ke puncak. Trek untuk menuju ke puncak, Anda akan melewati vegetasi terbuka dan bisa merasakan hembusan angin yang cukup besar.