Tips dan Trik Merawat Printer

teknologi

Printer canon merupakan salah satu merk printer terbaik di dunia yang telah dipercaya oleh banyak pengguna. Canon pertama kali merilis printernya pada tahun 2002 dan sampai saat ini konsisten mengeluarkan produk terbaik mereka. Saat ini hampir seluruh printer keluaran canon menggunakan mesin cetak pixma dengan jenis tinta baru seperti cli dan Bci.

Dewasa ini, sudah tidak asing lagi bahwa teknologi sudah menjadi bagian dari hidup manusia. Saat ini hampir semua bagian kehidupan dari manusia melibatkan teknologi dalam melakukan aktivitasnya sehari-hari. Keberadaan teknologi tentunya memberikan dampak positif dan juga negatif bagi manusia. Dampak positif yang dirasakan dari adanya teknologi adalah kemudahan yang ditawarkan oleh teknologi dalam membantu manusia.

Salah satu teknologi yang mempunyai pengaruh besar dalam hidup manusia adalah teknologi informasi dan komunikasi. Teknologi informasi sendiri berarti segala proses yang berkaitan dengan pengelolaan, penanganan, dan penyebaran informasi. Sedangkan teknologi komunikasi memiliki arti sebagai segala sesuatu yang membantu manusia memungkinan terjadinya interaksi, pertukaran dan persebaran informasi. Jadi jika teknologi informasi dan komunikasi diartikan adalah segala proses yang berhubungan dengan pengelolaan, penanganan, penyebaran dan pemindahan informasi atau data dari satu media ke media lainnya atau dari pengirim kepada penerima.

Printer Sebagai Teknologi Informasi dan Komunikasi

Printer saat ini telah menjadi salah satu teknologi yang kehadirannya sangat membantu manusia. Mesin cetak saat ini telah berperan sebagai kunci suatu aktivitas manusia yang kehadirannya sangat vital dan esensial. Hampir semua aspek kehidupan membutuhkan printer untuk menyelesaikan aktivitasnya. Sebagai contoh, para pelajar tidak akan mendapatkan buku yang merupakan sumber ilmu jika tidak ada printer, instansi pemerintahan membutuhkan printer untuk mencetak surat-surat dan dokumen-dokumen penting negara, dan baliho dan billboard tidak akan menjadi media iklan jika tidak ada printer yang dapat mencetak desain mereka.

Printer merupakan sebuah perangkat keras rancangan manusia yang memiliki fungsi sebagai alat pencetak gambar, tulisan, dan grafik. Ketika sebuah data atau informasi telah selesai diolah (input), maka tahapan selanjutnya dari proses ini adalah pencetakan (proses). Ketika proses selesai maka akan menghasilkan data digital yang sudah diproses menjadi sebuah dokumen fisik (output). Begitulah cara kerja printer dalam mencetak data digital. Beberapa merk printer terkenal sudah banyak dipercaya di seluruh dunia adalah canon, hp, dan epson.

 

www.pexels.com

Pemakaian dan Perawatan Printer

Frekuensi penggunaan printer semakin tahun memang semakin meningkat. Jika dahulu printer dipandang sebagai perangkat keras tambahan untuk komputer, namun sekarang ini rasanya komputer dan printer merupakan satu set kesatuan yang dibutuhkan manusia. Pembelian printer ketika membeli satu set komputer merupakan sebuah kebutuhan demi membantu menyelesaikan pekerjaan.

Pemakaian dan pemanfaatan printer tentunya harus berbanding lurus juga dengan perawatan. Printer merupakan sebuah mesin rancangan manusia yang juga memiliki kelemahan jika penggunaannya tidak sesuai dengan standard operasional prosedur. HP printer drivers, printer canon, atau Epson dengan spesifikasi tinggi sekalipun jika penggunaanya tidak sesuai ketentuan akan menimbulkan masalah pada printer.

Permasalahan pada printer merupakan sebuah hal yang tidak diharapkan terjadi oleh siapapun. Kerugian secara waktu dan materi dapat dirasakan apalagi jika printer memiliki peran yang sangat vital dalam aktivitas keseharian seseorang. Efek lain yang bisa terjadi dari printer yang bermasalah adalah rusaknya printer karena penggunanya tidak sadar akan kerusakannya atau tidak langsung diperbaiki. Oleh karena itu penting bagi pengguna untuk memperhatikan perawatan dan permasalahan-permasalahan umum yang terjadi pada sebuah printer agar dapat mencegah dari terjadinya kerusakan printer secara permanen. Kerusakan printer secara permanen dapat menyebabkan kerugian yang lebih besar.

www.pexels.com

Permasalahan Umum Pada Printer

Printer yang bermasalah bisa datang dari banyak faktor. Diantaranya adalah pemakaian yang tidak sesuai prosedur, kebiasaan yang ternyata menimbulkan masalah, atau kurangnya perawatan dan perhatian printer. Untuk dapat mengenali lebih dini permasalahan pada printer, berikut ini merupakan daftar permasalahan umum pada printer yang bisa digunakan sebagai alarm bagi penggunanya:

  1. Printer tidak terkoneksi ke PC atau laptop

Masalah pertama adalah printer yang tidak terkoneksi ke PC. Jika printer tiba-tiba bisa melakukan pencetakan, anda bisa memeriksa kabel USB yang menghubungkan PC dengan printer dan pastikan bahwa printer kabel USB terpasang dengan baik. Namun jika kabel usb mengalami kerusakan seperti terputus atau tidak dapat terhubung, anda dapat membeli kabel usb printer di toko aksesoris komputer.

  1. Printing berhenti karena tinta habis

Masalah ini merupakan yang paling sering terjadi pada saat anda ataupun pengguna lain sedang dalam proses printing. Biasanya akan muncul jendela kerja di samping kanan bawah desktop anda yang memberikan tanda bahwa tinta anda habis.

Sebenarnya tinta pada tangki printer anda belum sepenuhnya habis. Namun, printer sudah dirancang untuk memberikan tanda untuk memberi anda waktu mengisi ulang tintanya atau mengganti cartridge dengan yang baru. Dari tanda peringatan habis tersebut setidaknya masih ada isi tinta sekitar 50% tetapi ini tergantung spesifikasi dari printer sendiri. Namun jika printer tidak memberikan tanda peringatan lebih dulu maka akan menyebabkan kerusakan yang berakibat pada menjalarnya kerusakan. Jika sudah begitu memperbaikinya akan membutuhkan biaya yang banyak dan waktu yang lama.

Jika anda menemui masalah seperti ini, anda harus segera mengganti cartridge atau mengisi ulang tinta tangki printer anda. Namun semua itu tergantung seberapa sering pemakaian printer anda. Jika anda sedang sangat membutuhkannya maka lebih baik segera diganti atau diisi ulang.

  1. Kertas yang macet saat printing

Ketiga adalah kertas yang macet saat printing. Masalah ini sering ditemui saat sedang mencetak dokumen. Biasanya kertas sudah proses setengah jalan mencetak namun tiba-tiba kertas menyangkut di rol printer. Masalah ini bisa terjadi kepada printer inkjet maupun juga printer laser

Jika anda menemui masalah ini saat anda mencetak, maka cukup buka penutup printer anda dan ambil kertas yang menyangkut. Pastikan tidak ada kertas menyangkut yang tersisa pada rol printer. Anda bisa menggunakan gunting jika kesulitan untuk mengambil kertas yang menyangkut. Ada beberapa tipe printer yang penyeselesaiannya dengan mematikan printer seperti yang terjadi pada printer laser. Namun lebih baik anda juga membaca petunjuk penggunaan printer untuk mendapatkan bantuan yang lebih jelas.

Untuk mencegah masalah ini agar tidak terjadi lagi, perlu dipastika kertas yang akan digunakan untuk mencetak merupakan kertas yang berkualitas dan masih baru. Salah satu penyebab menyangkutnya kertas adalah kondisi kertas yang sudah tidak baru dan tertekuk sana sini. Selain itu saat hendak meletakkan kertas, pastikan posisi kertas simetris dan sesuai ukuran. Jika anda akan mencetak dengan jumlah banyak, pastikan kertasnya tidak menempel satu sama lain.

  1. Printer yang bergerak lambat

Anda mungkin pernah merasakan bagaimana lamanya menunggu pencetakan dokumen yang tidak selesai-selesai. Masalah ini juga termasuk salah satu yang paling umum ditemui. Tidak perlu buru-buru untuk dibawa ketempat servis karena ini bisa jadi merupakan masalah pengaturan.

Solusi untuk masalah ini ialah dengan mencoba menurunkan kualitas cetak. Jika pengaturan pencetakan mengarahkan pada hasil kualitas tinggi, ganti dengan kualitas cetak rendah. Kualitas cetak tinggi memang membutuhkan waktu yang lebih lama karena membutuhkan hasil yang lebih jelas dan juga membutuhkan tinta yang cukup banyak. Maka dari itu mengganti hasil cetak menjadi kualitas rendah dapat membantu menghemat tinta.

  1. Printer wifi yang memakan waktu lama

Masalah ini mungkin sering ditemui bagi anda pengguna printer wifi. Printer wifi sebenarnya memberikan kemudahan bagi anda para penggunanya karena anda dapat mencetak tanpa kabel atau menggunakan smartphone. Namun, penggunaan printer ini memang sedikit memakan waktu lama pada awalnya karena harus bertemu dengan konektivitas yang sama.

Jika anda menemui masalah ini, hal yang pertama anda lakukan adalah memastikan berapa jumlah pengguna printer yang terhubung. Printer wifi ini biasanya memiliki batasan jumlah user yang bisa terhubung, maka pastikan untuk mengatur jumlah user yang terhubung. Selain itu jarak juga bisa jadi menjadi lamanya pencetakan. Semakin jauh jarak printer dengan pc atau user maka semakin lama waktu transfer data dan proses pencetakannya. Tipe printer wifi memang lebih baik jika digunakan di rumah atau di kantor yang memiliki pengguna sedikit.

  1. Tidak dapat mencetak memakai smartphone

Masalah ini bisa terjadi di printer wifi ataupun non wifi. Hampir semua brand printer keluaran terbaru juga merilis aplikasi untuk mempermudah pencetakan melalui smartphone. Anda dapat mencetak ke printer yang non wifi, selama jaringan anda memiliki titik akses nirkabel, dengan menggunakan salah satu program yang mengharuskan anda untuk menginstal sebuah utilitas pada komputer jaringan anda.

Jika anda menggunakan iPad atau iPhone, printer anda harus memiliki wifi dan AirPrint. Untuk printer keluaran saat ini banyak sudah memiliki fitur ini, tetapi ada juga yang tidak didukung oleh AirPrint. Sedangkan untuk segala produk samsung seperti handphone, tablets, dan printer, mereka didesain untuk bekerja bersama dan memiliki aplikasi sendiri untuk mencetak ke printer samsung. Untuk tipe handphone lain, anda bisa mengunduh cloud print agar dapat mencetak dari hp anda.

  1. Masalah pada printer drivers

Masalah ini sering ditemui di beberapa printer yang tidak disertakan driver pendukung. Driver ini biasanya disesuaikan dengan merk printer yang anda miliki. Seperti contoh jika printer anda bermerk HP, maka anda membutuhkan HP printer drivers agar printer anda bisa diinstal dan dapat digunakan.

Printer driver adalah sebuah software aplikasi pada komputer yang bertugas untuk berkomunikasi dengan printer. Bisa dikatakan bahwa printer driver merupakan perantara bagi komputer dan printer untuk mengubah informasi menjadi format bahasa yang dimengerti oleh printer. Printer driver juga memiliki fungsi untuk mengatur halaman mulai dari margin, kualitas cetak halaman, dan memastikan bahwa pencetakan berjalan sesuai dengan yang diinginkan.

www.pexels.com

Jika saat anda akan mencetak dan terdapat peringatan bahwa driver error, anda bisa mengunduh di internet sesuai dengan seri printer yang anda miliki. Biasanya tiap brand menyediakan software yang dapat diunduh di website resmi mereka sesuai dengan tipe printer yang dimiliki.

  1. Tinta yang membeku

Jika anda mengalami masalah ini, maka dapat dikatakan bahwa anda jarang menggunakan printer anda. Salah satu akibat dari jarangnya printer digunakan adalah membekunya tinta yang dapat menyebabkan cartridge rusak jika keringnya sudah berlangsung lama.

Solusi untuk masalah ini adalah dengan membeli cartridge yang baru. Cartridge merupakan salahsatu komponen paling penting pada printer karena jika cartridger rusak, printer tidak bisa mencetak dan harga barunya bisa mahal tergantung dari tipe dan merk printernya. Maka jangan biarkan cartridge anda rusak. Jika tinta sudah akan habis, segera isi ulang.

Salah satu untuk mencegah tinta beku adalah dengan sering menggunakan printer. Tinta beku juga disebabkan tidak pernahnya printer bekerja. Jika memang anda sedang tidak membutuhkan printer, pastikan setiap harinya printer tetap bekerja walaupun hanya mencetak satu lembar kertas. Hal tersebut untuk menghindari tinta yang membeku jika dibiarkan terlalu lama tidak digunakan.

  1. Hasil pencetakan putus putus

Masalah yang satu ini biasanya terjadi pada printer inkjet. Hasil cetakan yang seharusnya utuh tetapi terdapat putus-putus yang menyebabkan hasil cetakan tidak terlihat jelas. Hal ini bisa disebabkan oleh tinta cartridge yang sudah mulai habis atau lubang pada cartridge membeku yang menyebabkan tinta tidak keluar dengan sempurna. Selain itu, jika menggunakan printer jenis selang infus, bisa jadi terdapat penyumbatan pada selang yang menyebabkan tinta tidak mengalir secara maksimal. Dalam beberapa kasus, terdapat juga cartridge yang sampai tidak mengeluarkan tinta.

Jika anda menghadapi situasi tersebut, maka yang dapat anda lakukan adalah melakukan pembersihan dengan menggunakan dumper pada selang tinta untuk memperlancar alirannya. Bisa juga dengan cartridge yang direndam dalam alcohol agar gumpalannya mencair lalu tintanya dapat disedot. Jika cartridge sudah sampai rusak, maka lebih baik untuk menggantinya agar mendapatkan hasil cetakan yang maksimal kembali.

  1. Tinta yang mahal

Terdapat beberapa jenis printer yang memang boros penggunaan tinta meskipun sudah diubah hasil cetakannya menjadi kualitas rendah. Hal ini juga menyebabkan pengeluaran untuk membeli tinta yang semakin besar. Maka dari itu anda bisa coba mengganti cartridge anda dengan volume yang lebih besar.

www.pexels.com

Cara Perawatan Printer Agar Awet

Setelah mengetahui masalah-masalah umum pada printer, anda pasti berharap bahwa printer milik anda terbebas dari masalah-masalah tadi. Jika diteliti lagi, sebenarnya beberapa masalah muncul disebabkan oleh kurangnya perawatan terhadap printer yang menyebabkan proses kerjanya menjadi terhambat. Maka dari itu, perawatan harus selalu dilakukan agar printer tetap awet dan bertahan lama. Berikut ini merupakan cara merawat printer yang baik:

  1. Selalu menjaga kebersihan printer

Hal pertama yang dilakukan saat merawat printer adalah memastikan kebersihannya. Anda bisa memberikan kain penutup diatas printer untuk menutup bagian meletakkan kertas. Bukan tidak mungkin akan terdapat debu yang masuk dan menghambat proses pencetakan. Debu yang masuk bisa jadi menempel pada print head yang dapat membuat bagian tersebut cepat rusak. Maka kebersihan printer harus dijaga dengan cara rutin dibersihkan walaupun tidak dipakai

  1. Head Cleaning

Yang kedua adalah melakukan head cleaning. Head cleaning adalah proses pembersihan head yang terletak dibawah cartridge dari gumpalan tinta yang dapat menghambat jarum head printer. Perlu diketahui, terdapat dua proses cleaning yaitu cleaning dan deepn cleaning. Perbedaannya adalah proses cleaning lebih ringan jika dibandingkan dengan deep cleaning. Cara ini bisa dilakukan ketika cartridge kering atau hasil cetakan dirasa tidak maksimal. Sebelum melakukan head cleaning, disarankan untuk melakukan cleaning terlebih dahulu.

Sebenarnya proses head cleaning ini akan banyak menghabiskan tinta. Oleh karena itu, dianjurkan agar proses ini dilakukan jika memang dirasa perlu. Pembersihan bisa dilakukan secara bertahap seperti melakukan cleaning terlebih dahulu. Jika sudah melakukan cleaning namun hasilnya tetap sama anda bisa melakukan deep cleaning. Seperti hasil cetak yang sudah semakin parah bisa dilakukan proses head cleaning.

Cara melakukan head cleaning berbeda untuk setiap printernya. Oleh karena itu sangat disarankan untuk membaca buku panduan sebelum melakukan proses cleaning.

  1. Penggunaan yang wajar

Penggunaan yang wajar dimaksudkan agar printer tetap awet dan tidak rusak karena penggunaannya yang tidak sesuai dengan kemampuan printer. Setiap printer sudah memiliki spesifikasi, standard penggunaan, dan batas maksimal pemakaian masing-masing, maka gunakan printer sesuai dengan ketentuan. Tips untuk menghindari pemakaian yang tidak sesuai kemampuan adalah ketika akan membeli printer pastikan bahwa anda sudah menentukan printer jenis apa yang bisa memenuhi kebutuhan anda sehingga nantinya anda akan menggunakan printer sesuai standard penggunaan printer tersebut.

  1. Menggunakan printer secara teratur

Selanjutnya adalah penggunaan printer secara rutin. Penggunaan printer secara rutin dapat membuat printer awet dan tahan lama karena  mesin printernya yang digunakan dapat membuat performa printer tetap optimal. Namun, jika intensitas anda menggunakan printer tidak terlalu sering dan malah dibiarkan, akan mengakibatkan tinta cartridge mengering yang akan menambah masalah baru lagi. Tinta yang mengering akan menyebabkan head print dapat mengalami kerusakan karena tidak ada cairan tinta yang mengalir.

Salah satu hal lain yang dikhawatirkan jika printer tidak sering digunakan adalah akan timbul karat pada mesin printer yang dapat membuat masalah semakin rumit. Maka dari itu, usahakan sebisa mungkin untuk selalu menngoperasikan printer untuk menghindari kerusakan dan membuat printer dapat bertahan lebih lama. Jika anda sedang tidak memiliki banyak dokumen untuk dicetak, anda bisa cetak satu halaman per hari atau per tiga hari sekali untuk menjaga printer tetap bekerja.

www.pexels.com
  1. Matikan printer jika sudah tidak digunakan

Jika semua dokumen sudah tercetak dan printer sudah tidak digunakan lagi, pastikan untuk mematikan printer dengan baik dan benar. Meskipun ini merupakan hal yang sederhana namun jika tidak diperhatikan dengan baik dapat menyebabkan kerusakan pada printer.

Cara mematikan printer yang benar adalah dengan menekan tombol on/off selama kurang lebih 2 sampai 3 detik sampai lampu indikatornya mati. Saat proses mematikan printer ini, cartridge akan kembali ke tempatnya semula. Sangat tidak dianjurkan untuk mematikan printer dengan cara mencabut kabel listrik tanpa mematikan printer terlebih dahulu. Hal tersebut dapat menyebabkan kerusakan pada head print.

  1. Hindari mencetak terlalu banyak

Seperti halnya manusia, mesin juga memiliki batasan maksimal dimana ia butuh istirahat setelah bekerja terlalu lelah. Jika memang anda sedang membutuhkan mencetak banyak dokumen, anda bisa membuat pencetakan dalam beberapa kloter dan tidak sekaligus semua file dicetak dalam satu waktu. Memberikan printer waktu beristirahat disaat proses pencetakan banyak dokumen juga sangat dianjurkan agar performa printer juga tetap optimal.

  1. Tidak lupa mengecek kondisi tinta

Jika intensitas pemakaian printer sedang tinggi, anda perlu memastikan bahwa tinta dalam keadaan penuh dan tidak kosong. Hal ini sering terjadi ketika printer sedang mencetak dokumen banyak, namun penggunanya lupa memeriksa kondisi tinta yang ternyata sudah habis. Dianjurkan untuk memeriksa dan mengisi tinta printer jika kondisinya memang sudah sedikit. Keterlambatan dalam pengisian tinta apalagi sampai kosong dapat menyebabkan tersumbatnya head cartridge.

Saat ini printer telah menjadi kebutuhan wajib bagi sebagian orang karena pekerjaan atau aktivitas yang mengharuskan mereka. Penggunaan printer dengan intensitas yang tinggi juga harus sejalan dengan cara merawat. Agar printer tetap awet dan tidak terkena masalah yang dapat menyebabkan kerusakan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *