Rumah Idaman

Umum

Rumah merupakan jenis hunian yang banyak diidamkan oleh orang-orang terutama bagi mereka yang sudah menikah. Namun untuk mewujudkan hunian yang diidamkan dibutuhkan perjuangan yang tidak mudah mulai dari mempersiapkan dana, lokasi, desain rumah hingga desain interior maupun eksterior rumah tersebut. Dari waktu ke waktu desain rumah memang semakin beragam dan bisa dipilih sesuai keinginan. Hal tersebut tentu memudahkan anda dalam memilih rumah idaman yang sesuai keinginan dan selera anda maupun keluarga. Agar hunian idaman anda tersebut nyaman untuk seluruh anggota keluarga maka pastikan anda memilih desain rumah yang tak hanya indah namun juga fungsional. Bagi anda yang ingin mewujudkan rumah impian maka perlu menyimak beberapa penjelasan dalam artikel ini.

Inspirasi Desain Rumah Impian

Ketika anda memutuskan untuk membangun sebuah rumah, maka salah satu hal penting yang perlu anda persiapkan adalah desain rumah tersebut. Dimana desain rumah yang anda pilih nantinya akan sangat berpengaruh pada biaya, tenaga kerja hingga lama pembuatan rumah tersebut. Untuk itulah pastikan anda memilih desain rumah secara cermat agar rumah yang anda idamkan dapat terwujud menjadi hunian impian bagi seluruh anggota keluarga. Jika anda masih belum memiliki inspirasi gambaran desain rumah yang anda idamkan maka berikut ini beberapa referensi inspirasi desain yang perlu anda ketahui.

  1. Rumah Minimalis Satu Lantai
    Bagi anda yang memiliki budget terbatas untuk membangun rumah dua lantai maka masih bisa memilih rumah minimalis satu lantai. Biasanya rumah berlantai satu sangat cocok untuk pasangan pengantin baru, lansia serta orang-orang yang belum berkeluarga. Rumah satu lantai memang desainnya lebih mudah dirancang dan sangat cocok untuk anda yang memiliki lahan cukup luas.Dengan memilih rumah minimalis satu lantai maka anda bisa memaksimalkan sebanyak mungkin area lalu tambahkan taman agar terkesan lebih asri.

    pexels.com
  2. Rumah Minimalis Dua Lantai
    Saat ini kondisi lahan pembangunan terutama di kawasan kota besar memang semakin terbatas. Bahkan untuk mensiasati pembangunan rumah biasanya dipilihlah rumah dua lantai untuk menghemat lahan tanpa mengurangi ruangan pada rumah tersebut.Biasanya desain rumah dua lantai ini banyak ditemukan di kawasan perumahan kluster. Ciri khas rumah minimalis dua lantai yaitu adanya dak beton, polos tanpa adanya ornamen, rumah berbentuk kotak serta memakai maksimal dua kombinasi material. Bagi anda yang memiliki budget terbatas maka silakan konsultasikan dengan arsitek untuk menghadirkan rumah dua lantai yang tetap nyaman.
  3. Rumah Modern
    Sering kali desain rumah modern disamakan dengan rumah minimalis. Sebetulnya kedua desain rumah tersebut memang hampir sama namun keduanya memiliki perbedaan. Dimana perbedaan tersebut terletak pada bagian atap rumah modern yang bentuknya segitiga. Sedangkan pada rumah minimalis bentuk atapna berupa dak beton atau model atap rata. Untuk rumah modern biasanya mempunyai sumber cahaya yang baik karena penggunaan jendela besar pada rumah tersebut.
  4. Rumah dengan Fasad Unik
    Tak bisa dipungkiri bahwa fasad mempunyai peran yang penting untuk memberikan kesan image pada sebuah rumah. Selain itu fasad tersebut juga mewakili karakter bagian dalam rumah yang disesuaikan dengan selera pemiliknya. Untuk rumah modern biasanya menggunakan fasad yang memperlihatkan sebagian dari bagian dalam rumah. Untuk itulah material pada fasad berperan penting untuk menciptakan fasad rumah yang anda inginkan. Bagi anda yang ingin rumah dengan profil maka silakan pilih desain rumah klasik. Sedangkan bila mendambahkan nuansa yang simpel maka silakan pilih desain rumah minimalis atau tropis modern.
  5. Rumah Tropis Modern Dua Lantai
    Bila membicarakan rumah tropis maka pasti akan lekat dengan rumah dengan ruang terbuka. Rumah tropis modern memang mempunyai ciri khas berupa bagian atapnya yang ceiling tinggi, tanggap dengan iklim serta mempunyai banyak bukaan. Rumah tropis juga sangat mudah untuk didekorasi sesuai dengan kepribadian anda. Desai rumah tropis memang tanggap iklim sehingga biasanya desain rumah ini lebih tahan terhadap cuaca panas maupun hujan sesuai iklim di Indonesia. Bagi anda pecinta material kayu maka silakan aplikasikan material kayu tersebut untuk fasad rumah tropis tersebut agar semakin terkesan natural.
  6. Rumah dengan Taman
    Apapun desain rumah anda dan berarapun luasnya pastikan untuk menyediakan ruang untuk taman. Sebab adanya taman pada sebuah hunian dapat memberikan kesan yang segar dan sejuk di mata. Anda bisa membuat taman sederhana yang dihiasi rumput dan tanaman hijau sehingga dapat mengistirahatkan mata anda yang lelah. Tak perlu khawatir jika anda tidak memiliki lahan yang cukup untuk membuat taman. Sebab anda bisa menerapkan taman vertikal di depan rumah yang sekaligus melindungi rumah dari terpaan sinar matahari secara langsung.
  7. Rumah dengan Teras
    Teras merupakan salah satu bagian penting dari sebuah rumah karena menjadi ruang peralihan dari luar menuju ke bagian dalam rumah. Biasanya teras dijadikan sebagai ruang tamu atau tempat bersantai. Untuk menghadirkan rumah dengan teras sebaiknya rumah tersebut menghadap ke timur supaya cahaya matahari di pagi hari bisa menyinari bagian depan rumah. Namun teras tersebut tidak hanya bisa diletakkan di bagian depan rumah saja tetapi bisa juga di bagian belakang atau samping rumah.
  8. Rumah Berukuran Kecil
    Dengan semakin terbatasnya lahan di kawasan kota besar maka membuat banyak oorang memilih membangun rumah berukuran kecil. Meskipun ukurannya kecil namun rumah tersebut masih nyaman dan terlihat gaya dari eksteriornya. Agar rumah berukuran kecil tersebut terlihat modern maka silakan tambahkan fasad dengan cat berwarna terang lalu perbanyak bukaan dari bahan kaca. Tetapi hindari menggunakan beberapa macam material karena akan memberikan kesan yang semakin kecil pada rumah anda.
  9. Rumah di Tengah Kota
    Mempunyai rumah di tengah kota merupakan sebuah keberuntungan tersendiri karena dapat memudahkan anda untuk menuju ke tempat-tempat penting. Namun rumah di tengah kota biasanya cenderung bising dan panas. Untuk mengatasi hal tersebut sebaiknya tempatkan bangunan rumah ke datah dalam sehingga lokasinya tidak terlalu dekat dengan jalan sekitar. Selain itu upayakan membangun rumah dengan orientsi ke arah selatan dan utara agar terjaga kelembapannya serta menjadi latar belakang biasana matahari. Agar privasi anda tetap terjaga maka silakan buat fasad tertutup di bagian depan rumah. Pada rumah di tengah kota ini anda bisa mengalishkan orientasi pandangan ke bagian dalam melalui ruang terbuka. Tambahkan pula kolam renang dan inner courtyard untuk menambah nuansa tenang saat berada di dalam rumah.
pexels.com

Kiat-Kiat Memilih Rumah yang Anda Idamkan

Setelah anda mengetahui inspirasi desain rumah yang banyak diidamkan oleh masyarakat tentu anda semakin tak sabar memilih desain rumah yang anda idamkan. Namun perlu anda ketahui bahwa dalam memilih desain rumah ada banyak hal yang harus anda pertimbangkan. Terlebih nantinya rumah tersebut akan digunakan untuk jangka panjang bagi seluruh anggota keluarga. Untuk itulah agar pemilihan desain rumah tersebut bisa dilakukan secara tepat maka berikut ini beberapa kiat yang bisa anda terapkan agar memperoleh desain rumah secara tepat.

  1. Budget
    Dalam memilih desain rumah yang diidamkan maka anda perlu menyerasikan dengan jumlah dana yang anda miliki. Tentu saja pembangunan rumah selama ini memang membutuhkan dana yang tidak sedikit. Agar pembangunan rumah tersebut tidak overbudget maka anda harus bersikap realistis antara budget dan kebutuhan. Bila perlu silakan cari tahu harga lahan, material bangunan seperti harga batu bata merah, hingga upah tenaga kerja jika anda ingin membangun sendiri rumah tersebut. Namun jika anda ingin membeli rumah yang sudah jadi maka silakan mencari informasi harga rumah sehingga bisa disesuaikan dengan budget anda.
  2. Mencari Informasi
    Untuk mewujudkan keinginan anda mempunyai rumah yang anda idamkan maka anda harus rela mencari informasi hunian melalui kegiatan pameran. Dari pameran tersebut silakan mencari brosur sebanyak mungkin atau bisa juga dengan mencari iklan perumahan melalui situs properti maupun media cetak. Melalui informasi yang anda peroleh tersebut nantinya anda bisa memiliki gambaran rumah yang anda idamkan baik dari segi harga, desain, lngkungan dan lain sebagainya.
  3. Lakukan Survey
    Sebelum anda memutuskan untuk membeli sebuah rumah yang anda idamkan maka silakan lakukan survey terlebih dahulu. Dimana survey tersebut bertujuan agar anda tidak kecewa dikemudian hari. Dalam melakukan survey tersebut anda bisa mengamati beberapa hal mulai dari lingkungan rumah, bebas banjir, aman dan terjaga kebersihannya. Selain itu mintalah saran dari orang-orang terdekat anda yang pernah tinggal di lingkungan tersebut.
  4. Lingkungan dan Layanan Publik
    Ketika akan memilih rumah yang anda idamkan maka pertimbangkan pula lingkungan serta layanan publik di sekitarnya. Upayakan memilih rumah yang lokasinya dekat dengan layanan publik yang bersifat rutin setiap hari seperti sekolah, pasar, hingga pusat perbelanjaan.
  5. Legalitas
    Bagi anda yang ingin membeli rumah, maka pastikan rumah tersebut sudah memiliki Sertifikat Hak Milik (SHM) dan Sertifikat Hak Guna Bangunan (SHGB). Selain itu, bagi anda yang ingin mengajukan KPR maka rumah tersebut juga harus memiliki SHM dan SGB agar diterima oleh pihak bank. Selain itu bukti kepemilikan tersebut juga melindungi rumah tersebut dari adanya sengketa atau masalah lain dikemudian hari.
pexels.com

Trik Hemat Mendekorasi Rumah Agar Indah dan Nyaman

Jika rumah yang anda impikan akhirnya bisa anda miliki maka akan menjadi sebuah kebanggaan tersendiri. Namun tak berhenti sampai disitu saja, pasti anda juga mendambakan memiliki rumah yang indah dan nyaman. Untuk itulah anda perlu mendekorasi hunian anda menggunakan properti atau furniture yang tepat. Untuk mendekorasi rumah memang dibutuhka biaya yang tidak sedikit baik untuk rumah yang luas maupun yang tidak begitu luas. Tak perlu khawatir untuk membantu anda agar lebih hemat dalam mendekorasi rumah maka berikut beberapa triknya.

  1. Memanfaatkan Sudut Ruangan
    Bagi anda yang memiliki sudut ruangan di dalam rumah anda maka manfaatkan sudut ruangan tersebut sebagai bagian dari dekorasi rumah. Dimana sudut rumah tersebut bisa anda gunakan sebagai corner untuk reading area. Cukup degan menambahka meja dan kursi sederhana lalu hias dengan rak kecil sebagai tempat buku. Selain itu, sudut ruangan tersebut juga bisa menjadi tempat meletakkan furniture sederhana seperti rak yang bisa digunakan untuk meletakkan hiasan.
  2. Tidak Megubah Isi Rumah Secara Total
    Ketika anda mendekorasi rumah, bukan berarti anda mengubah secara keseluruhan interior rumah tersebut. Biasanya dekorasi bisa anda lakukan saat mood di dalam rumah berantakan. Sebab saat mood anda berantakan maka anda membutuhkan beberapa akses tambahan agar ruangan di dalam rumah menjadi segar tanpa harus mengeluarkan budget yang besar. Misalnya saja dengan menambahkan tanaman atau pot decoratif yang akan memberikan nuansa yang berbeda di dalam rumah.
  3. Menggunakan Rak Kecil
    Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa untuk menghias bagian sudut rumah maka anda bisa menggunakan rak kecil. Untuk itulah rak kecil memang sangat perlu untuk mendekorasi ruangan agar semakin indah. Peletakkan rak kecil tersebut tidak hanya terbatas pada bagian sudut rumah saja namun bisa pada spot lain yang anda inginkan.
  4. Memasang Gorden
    Untuk mendekorasi ruangan rumah supaya terlihat menarik dan indah secara visual maka silakan pasang gorden pada jendela rumah. Sebab gorden tersebut tidak hanya berperan untuk melindungi ruangan dari paparan sinar matahari dan menjaga privasi penghuni rumah. Tetapi gorden juga memberikan nilai estetika yang tinggi sehingga sebuah interior rumah akan terkesan lebih elegan.
  5. Menambahkan Karpet
    Untuk menciptakan dekorasi yang semakin memukau di rumah impian maka anda dapat memberikan karpet. Dimana pemasangan karpet dapat memberikan elemen yang kuat pada interior sebuah rumah jika diaplikasi secara tepat. Ketika memasang karpet pastikan ukuran karpet tersebut tidak terlalu kecil agar bisa memberikan kesan yang luas pada hunian anda.
  6. Menyisipkan Cermin
    Bagi anda pemilik rumah minimalis pasti ingin menampilkan kesan yang luas pada rumah anda tersebut. Untuk itulah anda bisa menyisipkan cermin pada ruangan anda. Caranya letakkan cermin berukuran besar dengan posisi diagonal pada ruangan serta brseberangan dengan jendela. Dengan begitu maka cahaya yang masuk akan dipantulkan dari kaca sehingga dapat menghasilkan ilusi ruangan yang luas.
  7. Tanaman
    Untuk menciptakan dekorasi rumah yang indah dan nyaman maka anda bisa memilih tanaman hias. Dimana tanaman tersebut bisa anda letakkan di sudut ruangan agar terkesan lebih sejuk dan segar.
  8. Mengatur Letak Perabotan
    Dekorasi rumah memang tak bisa terlepas dari peletakkan perabotan di dalam rumah. Dalam hal ini anda harus mampu meletakkan perabotan pada posisi yang tepat. Sebab bila anda salah memilih tata letak perabotan tersebut maka justru akan memberikan kesan yang sempit dan tidak nyaman pada rumah anda. Untuk rumah minimalis sebaiknya pilih perabotan multi fungsi dengan ukuran yang tidak terlalu besar supaya tetap terkesan luas pada ruangan.
pexels.com

Cara Merawat Rumah Agar Bersih dan Nyaman

Ketika rumah yang anda idamkan berhasil dimiliki maka anda jangan sampai lupa untuk merawat dan menjaga kebersihan rumah tersebut. Rumah yang terawat dan terjaga kebersihannya akan lebih tahan lama serta tidak mudah mengalami kerusakan. Selain itu seluruh anggota keluarga bisa merasakan hunian yang nyaman serta bebas dari berbagai jenis penyakit. Untuk itulah bagi anda yang sudah mempunyai rumah impian maka sebaiknya perlu merawat rumah tersebut dengan sebaik mungkin. Berikut ini ada beberapa cara merawat rumah yang bisa anda terapkan pada hunian kesayangan anda.

  1. Gunakan Sedikit Plamur untuk Cat Dinding
    Tak bisa dipungkiri lama kelamaan cat dinding rumah anda pasti akan mengalami pengelupasan karena berbagai faktor. Supaya lapisan cat dinding tersebut tidak mudah mengelupas maka gunakan sedikit plamur. Biasanya plamur dipakai utuk menutup bagian dinding yang retak saja. Mungkin sebagian dari anda selama ini salah memakai plamur sebagai cat dasar. Perlu anda ketahui bahwa bahan plamur dibuat untuk tidak mengikat cat sehingga jika digunakan untuk pengecatan maka hasilnya mudah mengelupas. Selain itu perhatikan pula waktu pengecatan dinding tersebut. Agar cat tidak mudah mengelupas dan rusak maka silakan lakukan pengecatan saat matahari tidak bersinar terik dan bukan saat hujan. Pastikan kondisi dinding dalam keadaan kering agar cat dinding kering secara sempurna.
  2. Melindungi Kusen Pintu dan Jendela dari Rayap
    Agar kusen pintu dan jendela rumah anda tidak mudah dimakan rayap maka silakan gunakan campuran 3 oli dan 1 solar lalu diaduk dan dioleskan pada kusen pintu dan jendela rumah anda. Agar hasilnya lebih bagus dan aman dari jamur maka sebelum dioleskan campuran tersebut sebaiknya lapisi kayu dengan obat anti jamur. Bila anda tidak ingin repot merawat kusen dari kayu maka silakan memilih jendela dan pintu dari bahan uPVC saja.
  3. Membasmi Jamur Rumah
    Jamur rumah merupakan salah satu ancaman yang cukup serius dan mengganggu keindahan rumah anda. Biasanya jamur rumah tersebut menyerang bagian plavon, dinding hingga perabot rumah. Untuk mengatasi masalah jamur rumah tersebut anda bisa menggumakan cuka, cairan disinfektan atau fungsida. Cara cukup mudah, silakan tetesi lap dengan cuka lalu sapukan pada bagian rumah yang diterkena jamur rumah. Lakukan secara perlahan lalu ulangi lagi dengan kain baru dan cuka. Bila serangan jamur tersebut sudah tergolong berat misalnya menyerang plavon bekas bocor maka segera ganti bagian plavon tersebut atau dicat ulang. Hindari membersihkan jamur tersebut dengan menyikat karena dapat membuat spora jamur menyebar ke bagian lain rumah anda.
  4. Membersihkan Kerak Kamar Mandi
    Lantai kamar mandi merupakan salah satu bagian rumah yang memang cukup sulit untuk dibersihkan. Terlebih jika warna lantai tersebut sudah kekuningan atau kecoklatan maka diperlukan upaya pembersihan yang lebih ekstra. Namun tak perlu khawatir karena kini anda bisa membersihkan lantai tersebut dengan cara menggosok kerak beberapa kali menggunakan batu apung dan air sabun lalu bilas menggunakan air bersih. Untuk bagian dinding dan bak kamar mandi silakan basahi dan taburi dengan asam sitrat lalu diamkan selama satu jm. Sikat dan siram menggunakan air bersih hingga kamar mandi anda bebas dari kerak.
  5. Memperbaiki Keramik yang Retak atau Lepas
    Ketika keramik lantai rumah anda terlihat retak atau lepas maka segera ganti agar tidak mengenai keramik yang masih utuh. Korek nat lantai memakai benda tajam agar bisa mudah melepasnya. Pecahkan lantai yang retak tersebut sampai ke bagian dasar kemudian buatlah dasar lantai dan pasang keramik yang masih utuh sebagai pengganti bagian tersebut. Bila nat lantai tersebut rusak maka korek nat hingga bersih lalu siram air bersih lalu isi nat tersebut menggunakan bahan campuran yang agak cair lalu diamkan agar meresap ke dalam. Lalu isian yang agak cair tersebut sudah sedikit mengering silakan tambahkan campuran yang lebih kental kemudian tekan supaya padat dan mengering.

Itulah tadi beberapa informasi seputar rumah idaman yang bisa menjadi inspirasi dan referensi anda. Bagi anda yang selama ini mendambakan hunian yang nyaman dan indah maka pastikan merencanakan pembangunan rumah tersebut dengan sebaik mungkin. Lalu jangan sampai lupa untuk merawatnya dengan baik agar rumah tersebut tahan lama dan nyaman untuk seluruh anggota keluarga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *