Apa Tahapan dalam Membangun Rumah Tingkat dan Desain yang Cocok untuk Rumah?

Umum

Kamu baru-baru ini tengah membangun yang namanya mahligai rumah tangga. Pada hal seperti ini, kamu kebingungan untuk membangun rumah dengan lahan kota yang semakin mengecil. Jadi, ada satu alternatif yang bisa ditempuh dengan mendirikan sebuah rumah tingkat. Walaupun begitu, kamu perlu mendesain bangunan untuk rumah tingkat sebaik mungkin. Setelah mendesain bangunan perlu masuk ke tahap pembuatan sketsa ruangan agar enak pada saat melakukan pendirian bangunan rumah. Hal seperti itu, jika semua sudah siap tinggal kamu memikirkan bagaimana dengan home decor yang akan menghiasi setiap ruangan dalam rumah. Mengapa perlu dekorasi rumah? Karena, dengan adanya hal tersebut bisa meningkatkan yang namanya kesan estetika dan membuat keluarga kamu nyaman untuk tinggal di dalam rumah.

Tahapan-tahapan dalam Pembangunan Rumah Tingkat

Siapa sih yang tidak penasaran dengan tahapan pembangunan rumah dua lantai? Mungkin, sebagian orang akan penasaran bagaimana tahapan-tahapan dari pembangunan rumah tersebut. Jika, kamu penasaran tahapan apa saja yang dilewati dalam membangun rumah tingkat maka akan dijelaskan sebagai bertikut:

pxhere.com
  1. Tahapan Mendasar

Tahapan yang paling awal dilakukan merupakan tahapan mendasar. Apa saja yang dilakukan ada tahapan mendasar ini? Hal yang dilakukan adalah mengukur tata letak bangunan dan batasan dari setiap ruangan yang akan didirikan. Selain itu, ada juga kegiatan untuk mengukuri hal seperti panjang, lebar, dan dalam tanah yang akan digali. Mengapa tanah perlu digali? Karena, tanah tersebut akan dijadikan sebagai pondasi berdirinya rumah tingkat jadi harus diperhitungkan dengan matang agar rumah tidak akan roboh. Setelah melakukan penggalian tanah, pekerjaan yang dilakukan adalah memondasi rumah. Rumah ini dipondasi dengan batu kali, karena yang dibangun adalah rumah dua lantai maka perlu yang namanya urugan pasir dengan ketebalan yang pas agar rumah dua lantai ini bisa berdiri kokoh di atas tanah.

  1. Tahapan struktural

Tahapan yang dilanjutkan setelah tahapan mendasar yaitu tahapan struktural. Pada tahapan strukturan ini mengatur yang namanya ring balk dan sloof. Pada tahapan ini memang hanya terfokus pada kedua hal tersebut, tahapan ini memang hanya dipusatkan pada pemasangan beton balok dan ring balk yang hampir serupa dengan sloof. Pemasangan ini perlu diperhatikan dan harus diteliti agar tidak terjadi kesalahan yang fatal.

  1. Tahapan Pemasangan

Hal yang dilakukan setelah tahapan struktural yaitu tahapan pemasangan. Tahapan pemasangan ini dilakukan untuk memasang batu bata dengan ukuran yang tepat. Untuk menghitung kebutuhan akan batu bata ini bisa mengalikan tinggi pondasi dan juga keliling bangunan. Sebelumnya jangan lupakan untuk menyisakan ruangan untuk kusen, jendela, dan pintu. Pemasangan selanjutnya yaitu untuk kusen, jendela, serta pintu. Perlu kamu ketahui benda yang terbuat dari kayu ini bisa bertahan lama dari yang namanya rayap kamu bisa membeli bahan kayu yang kuat seperti jati dan melakukan pernis pada benda yang memang bahannya dari kayu. Setelah itu, ada juga pemasangan sebuah rangka untuk memasang atap rumah.

pxhere.com
  1. Tahapan mekanikal dan eletrikal

Tahapan yang tidak bisa untuk dilewatkan selanjutnya adalah tahapan mekanikal dan elektrikal. Hal ini termasuk pada tahapan untuk pemasangan listrik, air, dan sebagainya. Dan, untuk pekerjaan seperti ini haruslah dilakukan oleh orang-orang yang telah memiliki pengalaman terhadap mekanikal dan eletrikal agar mencegah yang namanya kesalahan fatal.

  1. Tahapan Penyelesaian

Tahapan yang memang ditunggu-tunggu adalah tahapan penyelesaian. Di siniĀ  yang dilakukan bisa dengan memplitur dinding rumah dan mengecat dinding dengan warna yang pas agar penghuni bisa tinggal dengan nyaman. Selain itu, ada juga tambahan untuk pemasangan pagar dan pembuatan taman untuk diletakkan di depan teras atau sebagainya. Pada tahapan penyelesaian ini, juga ada yang namanya kegiatan pembersihan. Sebelum ditinggali oleh penghuni asli, para pekerja harus untuk membersihkan kotoran-kotoran pada saat pembangunan dan tidak boleh tertinggal sekalipun agar penghuni bisa menempati rumah mereka langsung dengan nyaman tanpa perlu repot membersihkannya lagi.

pxhere.com

Desain-desain Menarik untuk Rumah Tingkat

Setelah membahas mengenai tahapan-tahapan dalam membangun rumah dua lantai, pada kesempatan kali ini akan membahas mengenai beberapa desain yang cocok untuk rumah tingkat diantaranya sebagai berikut:

  • Rumah dua lantai yang fungsional

Desain ini bisa kamu pilih untuk mendirikan rumah dua lantai. Bagaimana konsep dari rumah dua lantai yang fungsional? Konsep yang bisa diambil dari desain seperti ini bisa memanfaatkan tangga menjadi rak buku dan beberapa hiasan estetik seperti beberapa dekorasi rumah misalnya guci atau pigura. Selain itu, bisa menjadikan tembok sebagai tempat untuk menaruk rak dinding.

  • Rumah dua lantai gaya etnik

Desain yang bisa kamu terapkan adalah gaya etnik. Bagaimana konsep dari gaya etnik ini? Kamu bisa menerapkan pembangunan rumah dua lantai dengan bahan dasar dari kayu dan gaya etnik ini memberikan kebebasan beberapa ruangan tanpa ada sekat.

  • Rumah dua lantai gaya industrial

Salah satu desain yang bisa kamu terapkan ke dalam rumah dua lantai kamu adalah gaya industrial. Gaya industrial ini menerapkan konsep bahan dasar dari kayu dan juga metal.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *