Jangan Lagi Terlambat Bangun untuk Melaksanakan Sholat shubuh

Islam

Sebagian dari anda pasti adalah orang yang susah untuk bangun ketika shubuh. Padahal anda harus melaksanakan kewajiban anda untuk sholat shubuh. Hal inilah yang banyak dialami oleh beberapa orang Islam. Anda sudah memasang alarm agar bisa bangun tepat waktu. Tetapi terkadang itu tidak ada dampaknya karena hanya anda diamkan atau bahkan dimatikan dan kembali tidur. Sudah menjadi masalah yang sangat umum memang. Apalagi suasana pagi seperti shubuh yang begitu dingin dan sepi. Seperti memanggilmu untuk kembali menarik selimut dan tidur.

Kemudian dengan sadar anda sholat ketika matahari sudah terlihat. Itu sama halnya tidak ada bedanya dengan anda sholat dhuha bukan? Kalau anda ingin bangun pagi dan melakukan sholat bukanlah perkara yang sulit. Hanya masalah pembiasaan yang terkadang orang tidak mau melakukannya. Banyak cara yang bisa dilakukan agar anda bisa bangun shubuh dan sholat tepat pada waktunya.

Coba di kesempatan ini akan dibagikan tips kepada anda. Siapa tahu bisa membantu anda dan membuat anda sholat tepat waktu. Di bandingkan dengan sholat lainnya, shubuh adalah ibadah yang sulit lantaran waktunya yang masih begitu pagi. Waktu yang mungkin untuk anda sangat cocok untuk melakukan istirahat. Nah, tips yang bisa anda lakukan ialah pertama dengan memperbaiki niat.

Apapun yang anda lakukan harus bedasarkan niat yang baik. Makanya sebaiknya anda ubah terlebih dahulu niat anda. Biasanya anda bangun karena ingin tidak terlambat bekerja atau sekolah. Sekarang, niatnya karena tidak ingin terlambat sholat. Rasanya kalau anda bangun karena niat yang lain itu sangat mudah berubah. Kerja atau sekolah waktunya jelas pagi bukan shubuh. Alhasil sholat anda akan telat. Kalau niat karena sholat maka anda tidak akan terlambat ibadah shubuh. Sekolah atau kerja juga tidak akan mengalami keterlambatan. Itu merupakan hal yang sangat baik bukan. Jadi ubahlah buat terlebih dahulu.

Selain itu yang kedua, agar anda bisa bangun lebih pagi. Jangan tidur terlalu malam. Tidur lebih awal, ketika ada tugas anda bisa lakukan sebelum sholat shubuh jadi anda tidak akan terlambat bukan. Tidur awal akan memberikan anda banyak sekali manfaat khususnya bagi kesehatan. Anda nantinya juga akan terbiasa dan semua urusan pekerjaan akan menjadi lebih produktif. Udara pagi yang begitu segar akan membuat daya pikir menjadi fresh. Kualitas anda dalam bekerja akan semakin meningkat. Paling baik, anda tidur jam 21.00 itu sangat bagus. Kemudian anda bangun ketika jam 02.00 sholat tahajud dan dilanjutkan belajar atau bekerja sambil menunggu shubuh datang. Bila anda lakukan dengan teratur akan menjadi kebiasaan yang baik bagi Anda.

Ketiga, anda tidak diperbolehkan untuk makan yang berlebihan ketika malam hari. Banyak yang membuktikan bahwa makan dengan kenyang akan membuat tidur menjadi nyenyak. Tetapi, ketika bangun anda akan merasakan badan capek. Ini sudah didasarkan pada penelitian yang begitu jelas. Rasa capek dikarenakan kenyang akan membuat oksigen menjadi berkurang asupan tubuh. Rasulullah sendiri tidak pernah tidur ketika selesai makanan. Tetapi biarkan makanan dicerna kemudian tidur. Itu akan membuat mudah bangun ketika shubuh. Keempat, perkembangan teknologi ternyata juga memberikan dampak buruk. Orang banyak yang terlambat bangun hanya karena bermalas-malasan dengan hp. Padahal waktu bangun sudah tepat ketika shubuh. Tetapi tidak langsung bangun malah bermain hp terlebih dahulu. Sebaiknya anda hindari, kalau sudah bangun lebih baik segeralah wudhu. Di pagi hari yang tidak boleh ditinggal ialah memasukkan air ke dalam hidung atau disebut dengan istinsyaq. Itu yang akan membantu anda dalam menghilangkan rasa kantuk.

Kelima, lakukan tidur dengan cara yang dilakukan Rasulullah. Bagaimanakah itu? Ketika tidur Rasulullah selalu dalam posisi miring kanan badannya. Ternyata bedasarkan beberapa penelitian itu bisa membantu anda untuk lebih mudah bangun. Manfaat lain juga bisa anda rasakan, seperti menjaga kesehatan jantung, lambung, pernapasan dan masih banyak lainnya. Tidur anda akan sangat nyenyak dengan posisi itu karena bisa membuat jantung terletak di posisi atas. Terakhir lakukan pula olahraga. Itu bisa anda lakukan dengan ringan. Semisal anda sholat shubuh ke masjid kemudian pulang dengan jalan kaki. Itu saja sudah cukup asalkan dilakukan dengan kontinyu. Udara pagi hari juga sangat bagi kesehatan tubuh anda. Jadi lakukan semuanya tadi agar anda bisa sehat jasmani dan rohani.

Dengan mengikuti hal tadi, dijamin anda tidak akan kesulitan dalam menjalankan ibadah sholat shubuh. Tidak ada lagi istilah kesiangan. Tetapi, cara yang diberikan bukan cara yang sedehana. Anda perlu untuk melakukan secara konsisten, itu menjadi kunci utama karena dampaknya akan jadi kebiasaan. Membuat anda akan selalu sholat tepat pada waktunya. Ini aman sangat baik menjaga hubungan anda dengan pencipta. Jangan lupa pula untuk berdoa. Sholat wajib shubuh ini punya banyak keutamaan. Berbeda dengan sholat wajib lainnya. Semisal dalam doa yang diikuti dengan doa qunut dengan keistimewaan tersendiri di dalamnya. Semoga selalu mendapat pertolongan dan dimudahkan dalam ibadah oleh Allah Swt.

pexels.com

Keutamaan yang Didapatkan dari Sholat shubuh Berjamaah

Sholat adalah ibadah yang diwajibkan bagi setiap muslim. Tanpa kecuali seorang muslim harus taat menjalankan seluruh perintah Allah dengan melalui sholat 5 waktu. Khususnya orang dewasa tidak pantas apabila meninggalkan sholat, bahkan kalau bisa menunaikan dengan cara beribadah. shubuh menjadi salah satu sholat yang ketika dilakukan berjamaah sangatlah sulit. Bukan karena apa-apa, alasan utama ialah urusan waktu. Bahkan melakukan dengan tepat waktu saja butuh perjuangan. Sering kali beberapa orang lalai dan melaksanakan ketika matahari sudah terbit. Itu malah masuk dalam sholat dhuha bukan? Terlepas dari semua kesulitan yang dihadapi, sholat ini tidak lepas dari yang namanya keutamaan. Banyak sekali keutamaan yang bisa anda peroleh dengan menjalankan sholat shubuh tepat waktu.

Berbicara mengenai keutamaan, berikut ini adalah berupa keutamaan yang bisa anda dapatkan dari melaksanakan sholat shubuh. Apa yang akan dijelaskan hanyalah sebagian kecil yang pokok saja. Bila yang dibicarakan tentang keutamaan maka ada banyak sekali. Apalagi kalau anda bisa menjalankannya tepat waktu dan berjamaah. Berikut adalah ulasannya secara singkat untuk anda

  • Berkah yang melimpah dari Allah.

Ketika anda pulang dari berjamaah shubuh maka berkah Allah akan anda dapat. Kegiatan yang dilakukan di pagi hari yakni ibadah shubuh secara berjamaah itu akan diberkahi oleh Allah. Bahkan Rasulullah yang secara langsung berdoa kepada Allah untuk memberikan berkah kepada umatnya. Anda bisa melihat pada hadist riwayat dari Abu Dawud, Ibn Majah dan Tirmidzi. Itulah yang tidak banyak disadari orang. Padahal pagi Allah telah membuka pintu rezeki dan keberkahan untuk umatnya. Sayang kalau kemudian anda terlambat untuk menjemput dengan bangun kesiangan.

  • Cahaya sempurna di hari Kiamat

Untuk anda yang malas sholat shubuh jamaah, karena masih petang dan gelap. Kondisi yang akan membuat anda malas dan tidak mau untuk bangun dari tempat tidur. Akan tetapi, tahukah anda, justru itu yang akan membuat anda mendapatkan ganjaran besar. Kalau anda bisa menghilangkan rasa malas dan apapun itu hanya untuk datang ke masjid dan sholat. Maka kelak pada hari akhir akan diberikan cahaya sempurna oleh Allah Ta’ala. Rasulullah pernah bersabda bahwa orang yang sudah berjalan ketika gelap untuk sholat di masjid akan dapatkan cahaya penerang di surga kelak. (HR. Tirmidzi dan Abu Dawud).

  • Pahala sama dengan sholat malam

Anda pernah melakukan sholat tahajud, sholat sunnah yang sulit untuk dilakukan. Apalagi anda merupakan orang dengan banyak aktivitas yang harus dikerjakan. Kalau anda kesulitan dalam melakukan itu, tenang saja. Pahala dari jilat malam ternyata sebanding ketika anda melakukan sholat shubuh. Hal yang diriwayatkan oleh Muslim bahwa orang yang sholat isya secara berjamaah maka layaknya sholat setengah malam. Sedangkan untuk shubuh seperti melaksanakan sholat semalam penuh. Jelas sekali bahwa besar ganjaran terhadap orang yang dengan ikhlas selalu menjalankan shubuh secara berjamaah.

  • Mendapatkan jaminan dari Allah Ta’ala

Keutamaan tersebut bermaksud menjelaskan kepada anda. Bahwa ibadah shubuh yang anda lakukan dengan baik dan sempurna yakni dengan cara berjamaah. Maka anda bisa mendapatkan jaminan perlindungan dari Allah. Artinya anda akan dilindungi dari orang yang menyakiti anda. Jaminan perlindungan yang ketika ada orang yang berani menentang jaminan itu dengan menyakiti hambanya yang sholat shubuh berjamaah. Dalam sebuah hadits dijelaskan, orang tersebut akan mendapat balasan azab dengan ditelungkupkan wajahnya pada neraka. Nauzubillah.

pexels.com
  • Jauh dari sifat munafik

Munafik adalah sebuah penyakit yang sangat ditakuti oleh umat Islam. Tidak ada jaminan manusia bisa suci dan luput dari kemunafikan. Bahkan seorang salaf dengan keimanan yabg bagus. Selalu khawatir tehadap penyakit munafik yang bisa datang kapanpun. Apalagi kini, kita adalah orang yang hidup dengan bebagai hal yang bisa menjadi godaan. Semua yang ada di dunia ini bisa menjebak kita untuk terjerumus dalam kemunafikan. Sholat shubuh dengan berjamaah, upaya sebaiknya anda lakukan. Sholat ini bila dilakukan secara berjamaah bisa menghindarkan diri dari munafik. Sebab dalam Bukhari Muslim dijelaskan shubuh dan isya merupakan sholat yang paling berat untuk seorang munafik.

  • Disaksikan Malaikat-malaikat

Di dalam sebuah hadits secara langsung dijelaskan perihal keutamaan yang satu ini. Di mana malqikqn akan selalu mengawasi dan memperhatikan manusia. Mereka melakukan secara bergantian ketika shubuh dan asar. Kemudian mereka naik dan bertemu dengan Allah. Di tanya tentang keadaan hambanya yang ditinggalkan. Lalu malaikat akan menjawab, kami tinggalkan dalam kondisi sedang sholat dan datang ketika sholat. Jadi Allah selalu memantau hambanya, dan menyukai mereka yang selalu menjalankan sholat jamaah.

  • Pahala ibadah haji/ umroh ketika berdzikir sampai matahari terbit.

Beberapa orang tidak memanfaatkan kesempatan dan keutamaan ini. Banyak yang memilih melakukan aktivitas lainnya atau kembali tidur usai melakukan sholat shubuh. Padahal anda mungkin tidak bisa membayangkan besarnya ganjaran yang diperoleh ketika anda manfaatkan kesempatan yang ada. Rasulullah pernah mengatakan, siapapun yang shubuh jamaah lalu dilanjutkan dengan berdzikir sampai dengan terbitnya matahari, menjadikan sholat kembali 2 rakaat. Maka ia akan mendapatkan ganjaran sama halnya dengan haji/ umroh.

  • Dapat kesempatan melakukan sholat sunnah

Tidak  banyak orang yang memiliki kesempatan yang satu ini. Hanya mereka yang secara rutin melaksanakan shubuh secara berjamaah. Padahal sholat sunnah yang dilakukan sebelum shubuh sebanyak 2 rakaat memiliki kelebihan tersendiri. Sebuah hadits menyebutkan bahwa sholat ini kebaikannya melebihi dunia dan seisinya. Hal yang menunjukkan bahwa meski sholat sunnah tetapi kalau dilakukan bisa membuat anda mendapatkan balasan yang berlipat ganda dari Allah.

  • Selamat dari siksa api neraka

Bagi anda yang suka melakukan sholat shubuh secara berjamaah maka bisa terhindar dari api neraka. Sebuah kabar uang sangat gembira khusunya bagi anda yang menjalankan ibadah shubuh dengan sempurna atau berjamaah. Anda bisa melihat hadist yang menjelaskan bahwa orang yang sholat shubuh tepat waktu atau sebelum terbit matahari maka mereka tidak akan masuk ke dalam neraka. Tentu itu yang bisa menambah kegembiraan anda bukan?

  • Dapat melihat Allah di Hari Akhir

Ketika Rasulullah sedang duduk dengan Jarir bin Abdullah, ia kemudian berkata, sesungguhnya mereka yang akan bertemu dan melihat Rabb apahily tidak pernah tinggalkan sholat sebelum matahari terbit (shubuh) dan terbenam (asar). Kemudian Rasulullah menyeru agar umatnya selalu melakukan keduanya dengan tepat waktu dan berjamaah.

Itulah tadi beberapa keutamaan yang bisa anda peroleh ketika menjalankan sholat shubuh secara berjamaah. Tidak ada yang memaksa memang menjalankan ibadah wajib dengan cara berjamaah. Akan tetapi, apa yang diberikan bermaksud membuat anda bisa menjalankan ibadah sholat apapun dengan cara berjamaah. Sebab kalau anda bisa melihat, banyak keutamaan yang bisa anda dapatkan. Beberapa keutamaan yang diberikan tadi bisa memberikan anda motivasi dan semangat. Agar anda yang belum melakukan shubuh berjamaah, bisa lebih giat dan mencoba untuk berjamaah. Kemudian untuk yang sudah bisa memberikan dorongan agar selalu menjaga sholatnya khususnya shubuh dan asar. Bahkan bisa mengajak, teman sahabat, keluarga dan saudara untuk bersama membiasakan sholat berjamaah.

pexels.com

Ibadah yang Baik Dilakukan Sebelum shubuh

Benar memang ketika menganggap bahwa shubuh menjadi ibadah sholat yang paling sulit untuk dilakukan tepat pada waktunya. Hampir sebagian orang tidak bisa bangun pagi yang membuatnya tidak bisa laksanakan sholat shubuh tepat pada waktunya. Padahal ketika anda tahu ternyata sebelum sholat shubuh ada ibadah yang lebih besar keutamaan yang bisa diperoleh. Ini adalah waktu untuk sholat sunnah yang terbaik. Bayangan anda mungkin sholat tahajud bukan? Akan tetapi ini sholat yang dilakukan antara shubuh dan tahajud. Anda bisa dapatkan banyak sekali kebaikan ketika melakukannya. Beberapa hadist menyebutkan bahwa Rasulullah menganjurkan untuk menjalankan sholat sebelum shubuh. Ketika anda bisa melaksanakan dengan baik dan disiplin maka ada banyak keutamaan yang bisa didapatkan.

Banyak kemudian orang yang bertanya mengenai sholat apa yang dimaksud?  Sholat tersebut ialah sholat Fajar. Dalam istilah lain disebut pula dengan istilah sholat rawatib qabliyah shubuh. Anda tidak usah bingung, keduanya merupakan sesuatu yang sama. Hanya penyebutan istilah saja yang berbeda. Beberapa ulama menggunakan istilah yakni qabliyah shubuh. Kemudian banyak yang menyebutnya sholat fajar, karena biasa dilaksanakan ketika waktu fajar, usai azan dan sebelum dilakukan iqamah. Hal itulah yang kemudian sholat qabliyah disebut dengan sholat fajar. Agar anda paham dengan baik, mengenai hal ini, rasanya anda perlu mengetahui keutamaan yang bisa didapatkan dengan menjalankan sholat ini.

Banyak sebenarnya ibadah yang bisa dilakukan sebelum sholat shubuh. Selain sholat fajar tadi, ada pula sholat tahajud pada sepertiga malam. Gimana dengan keutamaannya? Jelas juga sangat banyak dan berbeda. Pada akhir artikel ini lebih akan dibahas mengenai sholat fajar. Ibadah yang sangat dekat dengan shubuh. Bahkan tidak banyak orang yang menyadari kalau memang keutamaan dari solat fajar sangat banyak. Ingin tahu apa saja yang bisa diperoleh. Silahkan simak ulasan lengkapnya di kesempatan kali ini. Bila kemudian anda bisa Istiqomah dam melakukan pasti akan bisa dapatkan keutamaannya. Apalagi sholat ini tidaklah begitu berat, karena anda hanya cukup melakukan 2 rakaat saja cukup.

  • Ibadah sunnah yang terbaik

Ternyata sholat yang ringan ini merupakan ibadah yang terbaik, bahkan lebih baik kalau dibandingkan dunia serta isinya. Dalam sebuah hadis disebutkan bahwa sholat sunah yang satu ini. Sebenarnya kalau dipahami sangat masuk akal. Melihat shubuh sholat yang sulit dilakukan. Makanya bila bisa melaksanakan dengan tertipu tentu saja akan mendapatkan sesuatu yang terbaik.ja

  • Ringan pahalanya besar

Bila anda lihat sholat fajar menjadi sholat yang paling ringan. Bahkan hanya 2 rakaat seperti sholat shubuh. Ringan karena siapa saja bisa majikan dengan sangat mudah. Apalagi anda yang suka sholat shubuh tepat waktu. Kebiasaan sholat tepat waktu itu akan membuat anda dengan mudahnya sholat fajar ini. Dengan ganjaran yang besar habib bisa diperoleh. Rasulullah pernah mengajarkan sholat sunnah ini. Teladan yang seharunya kita mengikutinya. Karena menambah amal baik serta menjauhkan diri dari penyakit yang merusak hati dan jiwa.

pexels.com
  • Mendapatkan perlindungan di akhirat dan ketika hari kiamat.

Sholat qabliyah shubuh ternyata memiliki keutamaan yang bisa menjaga amalan anda untuk mendapatkan kebaikan di akhirat kelak. Anda akan mendapat bekal agar bisa mendapatkan kehidupan indah ketika di akhirat dan terhindar dari api neraka. Bila kemudian bisa menjalankan sholat qabliyah dengan sholat shubuh istiqomah dan sesuai dengan waktunya. Allah akan memberikan jaminan perlindungan nantinya pada waktu kiamat tiba. Syafaat Rasulullah akan diperoleh dan terhindari dari bahaya ketika kiamat datang.

Ada banyak kebaikan yang bisa anda dapatkan dari sholat fajar. Yang pasti ketika sholat shubuh berjamaah akan mendatangkan banyak manfaat. Anda bisa sepekan kebaikan sholat fajar, kalau bisa menjalankan shubuh tepat waktu. Tidak hanya itu saja, bahkan ada amalan lainnya shubuh yang itu bisa menambah keimanan dan ketaqwaan anda. Semisal dengan berdzikir sampai matahari pagi datang. Itu juga bisa memberikan anda banyak kebaikan. Belum lagi anda bisa laksanakan sholat duha. Selalu ada kebaikan yang dihasilkan dari sesuatu yang baik. Jadi tidak perlu anda khawatir akan hal itu.

Ini adalah kebiasaan yang baiknya anda lakukan. Amalan yang memang terkesan sederhana akan tetapi bisa membantu anda membuat sholat wajib menjadi disiplin. Itu kunci utamanya dengan sholat fajar, ibadah wajib shubuh menjadi terjaga. Hal yang terkadang sering membuat orang kesulitan dalam melakukannya. Kalau bisa melakukannya itu artinya amalan rasul anda lakukan dengan baik. Pasti anda akan jadi orang yang beruntung dan dalam perlindungan Allah. Ulasan yang sudah dijelaskan tadi, diharapkan mampu memberikan anda semangat serta motivasi. Sehingga lebih disiplin dalam melakukan ibadah sholat wajib tepat waktu dan berjamaah. Mudah-mudahan kita termasuk orang yang diridhoi oleh Allah Ta’ala.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *